Cara Importir Barang Dari China
in Blogg

Cara Importir Barang Dari China

Serbuan barang murah dari China saat ini sudah tidak bisa dielakkan lagi. Itulah kenapa banyak orang mencari informasi tentang cara importir barang dari China. Sulit kah impor barang barang murah dari China ? Silahkan simak penjelasan berikut ini.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, maka kita lihat dulu apa itu definisi dari impor. Impor adalah kegiatan memasukkan barang dari luar negeri ke dalam negeri. Artinya tidak ada batasan apakah kita membeli barang dalam jumlah besar atau kecil. Selama kita membeli barang dari luar negeri, maka kita sudah masuk sebagai kategori sebagai imoortir.

OK, lanjut. Ketika kita ingin belajar impor dari China, maka kita akan dihadapkan dengan begitu banyak pilihan. Mulai dari pilihan barangnya yang bisa mencapai jutaan macam. Pilihan website atau situs import barang China yang bisa kita gunakan untuk membeli barang. Pilihan metode pembayaran barangnya serta pilihan metode pengiriman barang china ke Indonesia.

Mari kita bahas satu per satu ya.

  1. Pilihan barang yang bisa di import dari China

Seperti saya sebutkan diawal, bahwa jika kita membahas cara import barang dari china bagi pemula, maka akan banyak orang bertanya, apa sih yang harus dibeli ?. Karena kita akan dihadapkan pada jutaan jenis barang yang sangat unik, inovatif dengan harga yang cukup ekonomis.

Nah, pertanyaan berikutnya yang muncul adalah, barang impor apa sih yang harus dibeli oleh pemula yang laris Indonesia ?. Pertanyaan yang tidak mudah dicari jawabannya. Tetapi mungkin teman teman bisa memperhatikan beberapa tips berikut ini :

  • Belilah barang apa yang anda kuasai dan pahami. Misalnya anda paham tentang accesori HP, maka belilah accessori HP
  • Jangan impor barang yang di Indonesia sudah banyak sekali penjualnya. Ini artinya sudah banyak importir besar yang main, sehingga sulit untuk bersaing nantinya
  • Belilah barang yang saat ini sudah biasa anda jual, dan anda bisa menjual barang itu dengan mudah

Beberapa tips terkait hal ini, bisa anda simak disini :

Nah, setelah ketemu jenis barang apa yang mau anda impor, kita lanjut ke pembahasan berikutnya.

  1. Pilihan Situs atau website nya

Berbicara tentang situs impor dari China, sebenarnya ada banyak sekali yang bisa kita temukan. Tetapi dalam posting ini kita bahas beberapa situs yang paling banyak digunakan orang untuk membeli barang dari China, yaitu :

  • Aliexpress.com

Adalah situs eccomerce milik Alibaba yang menawarkan jutaan produk buatan china ke pembeli di seluruh dunia. Kita bisa menemukan hampir semua produk China di web ini. Dan kita bisa membeli secara satuan, dengan cara pembelian langsung seperti e-comerce lainnya.

  • DHgate.com

DHGate merupakan sebuah situs e-commerce yang memilki jenis binsis B2B yang menghubungakan penjual di China dengan retailer diseluruh dunia. Walaupun memiliki sifat grosir pengguna dapat melakukan pembelian barang dengan jumlah kecil termasuk hanya memesan satu item saja.

  • Banggod.com

Banggood merupakan situs e-comerce dari China yang menawarkan produk produk gadget terbaru. Disana juga ditawarkan produk-produk fashion, keperluan rumah dan kosmetik. Tetapi produk unggulannya focus di gadget.

  • Alibaba.com

Merupakan situs marketplace terbesar dan terlengkap untuk produk dari China dan asia pada umumnya. Disini kita bisa membeli barang secara grosir dengan harga bersaing. Kita juga bisa membeli barang secara customs, sesuai desain bahkan merk kita sendiri. Alibaba telah menjadi situs terbesar dan menjadi rujukan importir dunia untuk membeli barang dari China

  • 1688.com

1688.com juga merupakan situs anak perusahaan dari Alibaba group. 1688 sebenarnya mengakomodir produsen dan penjual yang menjual produk untuk pasar dalam negeri China. Makanya platform ini menggunakan Bahasa mandarin serta system pembayaran menggunakan cara pembayaran lokal China, allipay dan transfer bank lokal China.

  • Taobao.com

Merupakan situs e-comerce berbahasa mandarin yang memiliki fungsi mirip ebay, dan menjual barang barang dari China

  • Dan beberapa situs lain, seperti Gearbest, Dealextreme, Fastech, dll. Yang mirip mirip dengan situs Aliexpress.com
  1. Pilihan cara pembayaran

Ada banyak cara pembayaran yang ditawarkan oleh marketplace atau eccomerce di China. Diantaranya adalah :

  1. Kartu Kredit. Kita bisa menggunakan kartu kredit untuk berbelanja di web Alibaba.com, Aliexpress.com, DHgate, dll
  2. Kartu Debit. Bisa kita gunakan untuk berbelanja di Aliexpress, Banggood, dll
  3. Bisa digunakan untuk pembayaran di Alibaba, Gearbest, dll
  4. Transfer Bank Internasional. Untuk pembayaran di Alibaba, aliexpress, dll
  5. Pembayaran melalui Minimarket di Indonesia, untuk Aliexpress, Gearbest, dll
  6. Allipay, untuk pembayaran melalui situs Alibaba, aliexpress, 1688, taobao, dll
  7. Transfer bank lokal China, untuk pembayaran di Alibaba, 1688, taobao, dll

 

  1. Pilihan cara pengirimannya

Membahas metode pilihan pengiriman yang bisa digunakan maka secara umum dibagi menjadi dua, yaitu :

  1. Metode pengiriman langsung. Artinya ketika membeli barang dari China, lalu penjual mengirimkan barang secara langsung ke alamat kita di Indonesia. Contoh pengiriman langsung ini adalah pengiriman melalui Kantor Pos, Fedex, UPS, Aramex, DHL dan lain lain.
  2. Metode pengiriman dengan skema forwarder. Artinya kita menggunakan bantuan pihak ketiga yaitu perusahaan forwarder untuk mengirimkan barang ke Indonesia. Skema pengiriman menggunakan forwarder dijelaskan sebagai berikut :
  • Barang kita beli dari penjual di China, lalu minta kepada penjual untuk mengirimkan barang ke gudang forwarder di China, umumnya di Guangzhou, Shanghai, Shenzhen, dll
  • Selanjutnya forwarder akan mengurus pengiriman paket ke Indonesia (umumnya ke Jakarta)
  • Setelah sampai Indonesia, forwarder akan mengurus urusan pabean, pajak, dll
  • Setelah selesai urusan pabean, selanjutnya paket akan dikirim ke alamat anda sebagi pembeli.

Jadi jika anda ingin berbelanja dalam jumlah relative banyak, maka sebaiknya memilih metode pengiriman menggunakan skema forwarder.

  1. Hal-hal lain yang perlu anda ketahui sebelum mempraktekkan cara import barang dari china bagi pemula ini, adalah sebagai berikut :
  • Dalam proses pembelian barang dari China, kita harus mau berkomunikasi dengan penjual di China. Secara umum, akan digunakan Bahasa inggris. Mayoritas penjual di China mahir berbahasa Inggris. Kecuali mungkin di beberapa seller 1688 dan taobao.
  • Jika kita memiliki kendala dalam berbahasa inggris, maka kita bisa menggunakan bantuan google translate
  • Jika anda memiliki kendala untuk melakukan transaksi pembayaran, anda bisa menggunakan jasa pembayaran barang, yang saat ini banyak beroperasi di Indonesia. Demikian juga jika ingin menggunakan jasa forwarder barang dari China, anda bisa menemukannya dengan mudah di Indonesia

Demikianlah pembahasan singkat tentang cara importir barang dari China. Kunci utama dari keberhasilan anda melakukan hal ini adalah langsung mempraktekkannya. Karena tanpa mencoba melakukan langsung, maka apa yang anda simak disini akan sia sia saja. Jika anda masih bingung dengan cara beli barang dari China, silahkan menghubungi kami, nanti kami pandu dan bantu step by step nya dengan konsultasi gratis. Tanpa biaya member, tanpa seminar dan tanpa workshop berbayar. Salam sukses.

cara-menjadi-importir-dari-china

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment