Cara Impor Banyak dari China Melalui Alibaba
in Alibaba

Cara Impor Banyak dari China Melalui Alibaba

 

Berbisnis memang penuh seni dan butuh segudang ilmu. Anda yang saat ini sudah mendapat keuntungan untuk bermain di bisnis grosiran atau ritel, mungkin Anda mengenal apa itu Alibaba. Platfrom ecommerce yang sering menjadi rujukan para pedagang mendapat barang dagangan impor ini memang laris manis digunakan. Nah, bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara belanja banyak dari China lewat Alibaba, yuk kita simak ulasannya.

Cara Impor Banyak dari China Melalui Alibaba

Sebelum membahas tentang bagaimana cara Anda mampu mengimpor banyak barang dari China melalui Alibaba, Anda harus memahami dulu apa itu Alibaba. Boleh dibilang, Alibaba merupakan pasar daring yang bermanfaat menjadi tempat menjual dan membeli produk-produk lokal maupun internasional, terutama dari China.

Bagi Anda yang penasaran dengan transaksinya, dibawah ini ada sedikit ulasan mengenai bagaimana Anda bisa mengimpor produk berjumlah banyak dari Cina melalui Alibaba, yakni dengan mencari produk terlebih dahulu, mencari penjual yang sudah terverifikasi, dan kemudian melakukan transaksi. Ketika pesanan sudah dibuat, maka nota yang masuk adalah Request for Quotation (RFQ).

Selanjutnya, Anda harus menentukan dulu logistik apa yang akan digunakan. Kemudian, akan ada biaya pengiriman yang mana akan diberikan setelah RFQ. Selepas membayar semua biaya transaksi, maka Anda bisa menunggu barang datang ke dalam negeri. Umumnya, pengiriman dari luar negeri seperti China untuk masuk ke Indonesia akan memakan waktu sekitar 30 – 45 hari.

Setelah membahas tips impornya, Anda juga harus memahami tentang bagaimana izin impor dan sebagainya ketika membeli dari Alibaba. Harap diingat, Anda nanti akan mendapat kewajiban dan pajak cukai yang bervariasi ketika barang masuk ke Indonesia. Pasalnya sebelum sampai di rumah Anda, barang akan dibongkar dulu dan dipindahkan ke gudang. Disana, barang-barang pesanan Anda akan diperiksa oleh bea cukai (custom).

Jika Anda ingin tahu berapa biaya cukainya, maka Anda bisa menggunakan website www.dutycalculator.com agar nanti ketika barang masuk Indonesia, Anda tidak kaget dengan biayanya. Tapi pada umumnya, biaya cukai di Indonesia adalah 0 rupiah untuk nilai barang di bawah 3 dollar dan akan dikenakan biaya tambahan jika nilainya di atas 3 dollar.

Adapun besaran biayanya nanti akan termasuk biaya tarif pajak barang / barang mewah, tarif PPN, dan tarif PPh yang mana akan dibagi lagi menjadi tarif PPh impor ber-NPWP dan non NPWP. Pajak barang mewah akan dikenakan sekitar 0% – 75% sesuai nilai pabean dari produk yang kita beli, tarif PPN akan dikenakan sekitar 10% dari nilai pabean, dan tarif PPh impor bervariasi sesuai dengan jenis barang yang di impor.

Namun tidak usah cemas dan takut dulu. Tarif-tarif pajak di atas hanya akan dikenakan jika jumlah nilai barang yang masuk adalah di atas 3 dollar dengan rincian sudah dibagi untuk harga produk, biaya kirim, dan juga asuransi. Sedangkan jika pembeliannya ada di bawah 3 dollar, maka produk Anda bisa bebas melenggang masuk ke dalam negeri tanpa harus bayar bea masuk, PPN, dan juga PPh.

Demikian ulasan mengenai cara mudah melakukan order impor banyak dari Cina melalui Alibaba. Selain Anda harus memastikan memenuhi ketentuan minimal order, Anda juga harus sudah mendapat izin cukai dan membayar tarif beberapa pajak agar proses masuknya barang lancar. Semoga ulasannya bermanfaat untuk Anda yang baru pertama kali belajar impor barang dari Cina.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment