Cara Daftar Shopee Food Untuk Penjual dan Driver
in Shopee

Cara Daftar Shopee Food Untuk Penjual dan Driver

Bertambah satu lagi pilihan layanan pesan antar makanan selain Go Food dan Grab Food, ialah Shopee Food. Shopee sebagai rajanya situs belanja online di Indonesia kini merambah bisnis pesan antar makanan yang sangat tinggi permintaannya seiring dengan masih mengganasnya pandemi virus Corona di tanah air. Lalu bagaimana cara daftar Shopee Food sebagai merchant atau driver?

Vendor situs belanja Shopee ditengarai hendak mengembangkan layanannya yang kali ini adalah layanan pesan-antar makanan yang dinamakan Shopee Food. Fitur ini tentu saja langsung berhadapan dengan kompetitior yang sudah lebih dulu eksis yaitu GoFood dan GrabFood. Fitur Shopee Food sendiri telah diluncurkan di Indonesia dari April 2020. Bahkan Shopee Food pun telah beroperasi di negara Vietnam. Itu sesudah pihak Group Shopee yang dipegang Sea Group di bulan Agustus 2020 lalu melakukan akuisisi delivery service makanan di kota Hanoi yang nama perusahaannya adalah Foody Corporation.

Tengarai lainnya yaitu diluncurkannya iklan Shopee Food yang dikirimkan ke channel YouTube resmi Shopee Indonesia belum lama ini. Nah di tayangan tersebut, Shopee Food sepertinya bukan dimasukkan dalam aplikasi Shopee namun dibuatkan aplikasi tersendiri yang dapat didownload dari Play Store atau Apps Store. Itu berarti tidak lama lagi Shopee Food akan resmi diluncurkan di Indonesia.

Cara Daftar Shopee Food Sebagai Penjual

Dengan jutaan kunjungan ke aplikasi Shopee per bulannya, berjualan makanan di sana tentu berpeluang di serbu konsumen. Berjualan makanan atau minuman secara online kini terbuka lebar peluangnya berkat Shopee Food. Sudah ada ribuan merchant baik itu restoran, rumah makan, hingga usaha kuliner siap saji skala rumahan yang bergabung. Beberapa diantaranya yang sudah bergabung seperti : Kopi Kenangan, Shabu Jin, Health &Co, Hokkaido Baby, Bakso Warisan Ibu, Glatuk, Uninam, Sarirasa, Mama Roz dan masih banyak lagi.

Menariknya lagi, prosedur dan cara daftar Shopee Food pun ternyata tidak ribet. Langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Melengkapi Form pendaftaran secara online dengan mengakses link berikut ini http://bit.ly/37XmziU. Isi setiap kolom dengan data-data yang valid, misalnya alamat email, nama lengkap, nomor ponsel, dan beberapa data penting lainnya. Totalnya ada 9 lembar form yang harus dilengkapi. Setelah semua terisi, segara kirimkan untuk diproses lebih lanjut oleh pihak Shopee. Pihak Shopee akan melakukan validasi dari data-data yang dikirimkan.
  • Proses berikutnya adalah melengkapi beberapa berkas yang diminta yang dibedakan antara perorangan dan badan hukum. Untuk perorangan yang disiapkan adalah : KTP/KITAS, SPPKP, NPWPD, dan foto buku tabungan. Sementara untuk yang badan usaha yang diperlukan adalah : KTP/KITAS, SIUP/TDUP, NPWP, TDP/NIB, Surat Keterangan Domisili (apabila tempat bukan di Jakarta), Akta Pendirian, dan NPWPD.
  • Pemohon pun harus melengkapi Surat Perjanjian Kerja Sama. Sesudah validasi dilakukan, biasanya Shopee langsung memberikan Surat Perjanjian Kerja Sama yang dikirim via email yang terdaftar saat melengkapi formulir pendaftaran di atas.
  • Sesudah itu, berkas -berkas yang diminta di atas difoto untuk dikirimkan berbentuk file. Pihak Shopee pun meminta fotokopi dari berkas-berkas tersebut yang harus dikirimkan ke kantor pusat Shopee.
  • Bilamana seluruh langkah di atas diselesaikan, otomatis pemohon sudah dapat ikut serta berjualan dalam Shopee Food di aplikasi Shopee.

Cara Daftar Shopee Food Sebagai Driver

Karena Shopee belum memiliki layanan ojek online sendiri untuk mengantarkan pesanan makanan dari pelanggan maka mereka pun membuka peluang menjadi driver. Untuk mendaftar menjadi mitra driver untuk Shopee Food, pelamar mesti paham syarat dan ketentuan yang diberlakukan. Hal-hal yang harus dipenuhi seperti: WNI, kesehatan bagus, bisa membaca dan menulis, dan memiliki ponsel dengan spek RAM setidaknya 2 GB.

Bukan cuma itu saja, pelamar pengojek Shopee Food pun wajib memberikan beberapa berkas yang diperlukan. Beberapa data yang mesti disediakan adalah : KTP, SIM C, STNK dan Pajak Kendaraan, SKCK (boleh kemudian), buku rekening tabungan BNI atau BRI, atau BCA atau Mandiri atas nama sendiri (ini juga boleh nanti. Dan yang juga penting adalah melengkapi form registrasi yang telah disediakan.

Bilamana semua syarat dan berkas siap, melamar menjadi mitra untuk Shopee Food dapat ditempuh dengan datang sendiri ke kantornya di Field Station Shopee di alamat di Jl Cilandak KKO No. 101 Ragunan Pasar Minggu Jakarta. Hanya saja di masa pandemi Corona yang belum juga mereda, pelamar sebaiknya memilih pendaftaran via online saja.

Untuk proses via online dengan melengkapi form dalam bentuk tautan Google Form yang alamatnya adalah http://bit.ly/3o0SGUO. Pelamar harus melengkapi form tersebut menggunakan data-data yang valid dan lengkap. Bilamana telah melengkapinya secara betul, pelamar tinggal menunggu pemberitahuan dari pihak Shopee. Mungkin akan ada  undangan selanjutnya untuk proses seleksi mitra driver Shopee Food.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment