Cara Cek Resi Fedex
in Umum

Cara Cek Resi Fedex

Ketika kita belanja atau membeli barang dari situs ecommerce internasional seperti ebay, amazon, aliexpress, alibaba dan lain lain. Atau kita menerima kiriman paket / dokumen apapaun dari luar negeri yang dikirim menggunakan Fedex, maka kita perlu tau bagaimana cara cek resi fedex untuk melacak keberadaan paket tersebut.

Apa itu Fedex ?

Fedex atau Federal express, adalah sebuah perusahaan jasa titipan atau kurir pengiriman barang internasional yang berasal dan berpusat di Amerika Serikat. Fedex fokus pada jasa pengiriman paket secara express dan melayani hampir ke seluruh negara di dunia ini. Setidak nya ada dua layanan fedex yang umum kita kenal yaitu Fedex internasional ekonomi dan Fedex internasional Express. Perbedaan diantara keduanya adalah waktu pengiriman yang berbeda. Namun walaupun berlabel Fedex ekonomi, tetap saja service yang ditawarkan masuk dalam kategori cepat.

Berapa lama waktu pengiriman dengan Fedex ?

Sesuai pengalaman saya selama ini mengirimkan paket menggunakan layanan Fedex, dari Amerika makan waktu sekitar 4-7 Harian. Sedangkan kalua dari Eropa rata rata 3-5 harian. Dan jika dari Kawasan Asia timur makan waktu sekitar 4-7 hari. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa pengiriman paket dengan menggunakan Fedex rata rata makan waktu dibawah satu mingguan sudah sampai Jakarta dan keluar pemeriksaan Bea cukai, jika kondisi oabean sedang lancar dan tidak ditemukan masalah pada paket yang dikirim.

Tracking number atau resi Fedex

Dalam setiap pengiriman barang yang dikirim lelaui jasa Fedex, maka kita akan menerima sebuah tracking number atau bias akita sebut sebagai resi. Dengan resi ini kita bisa melakukan pelacakan atau tracing keberadaan paket tersebut melalui website Fedex, yaitu di www.fedex.com. Resi Fedex sendiri terdiri dari kombinasi 12 angka. Misalnya :  772935609090

Cara Cek Resi Fedex

Untuk melakukan pelacakan paket nya kita bisa melakukan cara cek resi fedex dengan Langkah Langkah sebagai berikut :

  1. Masuk ke halaman ini : https://www.fedex.com/id-id/home.html
  2. Masukkan resi fedex nya ke kolom pelacakan yang tersedia, lalu klik “Lacak”
  3. Maka kita akan melihat hasil pelacakan seperti dalam gambar dibawah ini. Tampak dalam gambar, bahwa paket telah berhasil terkirim ke tujuan dan diterima oleh penerimanya. Jika kita scroll halaman dibawahnya, maka kita bisa melihat perjalanan paket secara lebih lengkap lagi.

Pembayaran Pajak dan Bea Masuk

Satu hal harus kita ketahui jika kita membeli barang dari luar negeri, adalah bahwa ada aturan pemerintah dimana jika suatu barang atau paket memiliki harga diatas $3, maka akan dikenakan pajak impor dan bea masuk. Besaran pajak ini tergantung pada jenis barangnya. Secara garis besar, adalah sebegai berikut :

  • Kategori Barang umum akan dikenakan pajak sekitar 17.5 %
  • Kategori Sepatu akan dikenakan pajak sekitar 42.5 –  50 %
  • Kategori Tas akan dikenakan pajak sekitar 32.5 – 40 %
  • Kategori Pakaian atau Textile dikenakan pajak sekitar 32.5 – 45 %

Adapun cara pembayaran pajak barang kiriman melalui fedex, dilakukan sebagai berikut :

  1. Setelah paket masuk ke Indonesia, maka akan melalui pemeriksaan oleh bea cukai
  2. Bea cukai menerbitkan tagihan pajak, dan meneruskan ke Fedex
  3. Fedex memberitahu kita mengenai pajaknya yang harus dibayar, melalui email, WA atau SMS
  4. Kita membayar pajaknya melalui transfer ke rekening Fedex ( perusahaan agen nya di Indonesia )
  5. Kemudian Fedex akan mengirimkan paket ke alamat kita

Nah, demikianlah pembahasan kita mengenai ap aitu fedex, cara cek resi fedex, hingga cara singkat membayar pajak impor barang yang dikirim melalui fedex. Jika ada pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar atau menghubungi kami melalui KONTAK KAMI. Salam.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment