Cara Belanja di Tokopedia Melalui Applikasi HP

Berbelanja di Tokopedia sangat menyenangkan dan juga aman. Bahkan aktifitas tersebut pun tak hanya dapat dilakukan dari laptop namun juga melalui aplikasi Hp.  Tokopedia menjadi salah satu pilihan marketplace layaknya mal di internet bagi masyarakat. Selain kemudahan dan keamanan, konsumen yang berbelanja di Tokopedia pun sering mendapatkan potongan harga termasuk adanya program gratis ongkir. Bagaimana sih cara belanja di Tokopedia melalui aplikasi Hp?

 

cara belanja di tokopedia melalui aplikasi hp 1

 

Prosedur membeli barang di tokopedia apakah itu dari komputer / laptop atau Hp sebetulnya tak beda. Hanya saja antarmuka etalase-nya saja yang agak berbeda. Cara belanja di Tokopedia melalui aplikasi Hp bagi kebanyakan orang dianggap lebih mudah dan fleksibel. Di samping itu konsumen pun bisa melacak posisi terkini barang yang dipesan kapan saja dengan gampang, hanya dari Hp di tangan. Antarmuka aplikasi Tokopedia simpel dengan navigasi menu yang tak membingungkan meski konsumen baru pertama kali menggunakan. Instal aplikasi Tokopedia di Hp dari Play Store kemudian simak langkah-langkahnya berikut  ini:

 

cara belanja di tokopedia melalui aplikasi hp 2

 

  1. Jalankan aplikasi Tokopedia di Hp dan lanjutkan dengan membuat akun terlebih dulu dengan ketuk tombol Daftar. Prosedur pendaftaran tak berbelit, bahkan pengguna pun bisa menggunakan akun Facebook.
  2. Akun sudah dimiliki, kini login di aplikasi Tokopedia tersebut. Pilih produk yang hendak dibeli dengan mengetikkan namanya di kotak pencarian. Aplikasi akan menampilkan list barang yang terkait yang diketikkan tadi. Konsumen dapat memmandingkan tiap-tiap barang yang dipajang dari sisi harga ataupun ulasan yang diberikan konsumen lain yang sudah membeli barang tersebut. Konsumen pun dapat memanfaatkan fitur Sort dan Filter guna mencari produk yang pas dengan kebutuhan. Bilamana sudah mendapatkan, ketuk gambar produk itu.
  3. Konsumen segera diarahkan ke halaman detil produk. Pastikan membaca lebih dulu ulasan, obrolan dan juga spesifikasi barang itu. Jangan lupa menanyakan stok produk, warna yang tersedia, ukuran, dan spesifikasi lain yang dibutuhkan. Ketuk tombol Beli bila sudah yakin.
  4. Di halaman Beli Produk, tentukan jumlah yang akan dibeli. Khusus produk elektronik atau berharga mahal, sebaiknya ketuk Ya untuk kolom Asuransi. Kemudian untuk Catatan untuk Penjual, lengkapi dengan spesifikasi tambahan yang diinginkan misalnya  ukuran celana atau warna ponsel. Selanjutnya di kolom Tujuan Pengiriman otomatis terisi  alamat rumah sesuai dengan detil yang diberikan saat membuat akun. Tetapi bila kolom alamat tujuan belum terisi, konsumen harus memilih kolom Tambah Alamat Baru.
  5. Tentukan perusahaan pengiriman dan jenis paket yang dikehendaki di opsi Kurir Pengiriman dan Paket Pengiriman. Bilamana telah dilengkapi seluruhnya, ketuk Beli.
  6. Pesanan sudah dimasukkan dalam keranjang belanja. Kalau konsumen hendak mencari item lain, ketuk Lanjutkan Belanja. Tetapi bila hanya satu yang hendak dipesan,  ketuk tombol Bayar.
  7. Berikutnya ketuk ikon Pilih Metode Pembayaran. Konsumen boleh memilih : saldo tokopedia, transfer bank, indomaret, alfamart, pos indonesia dan lainnya. Pilih indomaret atau alfaamart untuk konsumen yang tak memiliki rekening bank. Ketuk pilihan Indomaret atau Alfamart. Selanjutnya ketuk Bayar.
  8. Konsumen diberikan kesempatan 2×24 jam untuk melakukan pembayaran. Untuk pilihan pembayaran di minimarket, konsumen yang mendapatkan Kode Pembayaran setelah klik tombol Bayar. Berikan Kode Pembayaran saat di depan kasir Indomaret atau Alfamart agar diproses.
  9. Sesudah konsumen menyelesaikan pembayaran di minimarket maka tak berapa lama status pembayaran berubah menjadi “sudah dibayar”. Konsumen dapat melihatnya dengan cara ketuk ikon tiga garis di kanan atas layar aplikasi.
  10. Sampai langkah ini, sebetulnya konsumen tinggal menanti barang yang dibeli dikirimkan ke rumah. Ketuk pada pesanan tersebut untuk melihat lebih lengkap apakah pesanan telah dikirim, detil nomer resi, posisi terakhir paket, dan juga fitur untuk melakukan chat dengan seller.
  11. Seller diberikan waktu 2×24 jam untuk memproses dan mengirim pesanan yang dibeli konsumen. Pada halaman tersebut anda bisa melacak paket konsumen pun bisa menanyakan ke seller.

Sebetulnya di aplikasi Tokopedia telah disediakan menu untuk tracking posisi terkini paket yang dipesan konsumen. Hanya saja bila konsumen hendak mengeceknya dengan lebih lengkap, mereka dapat melakukannya dari situs resmi dari perusahaan ekspedisi yang dipilih misalnya JNE, Wahana, J&T dan lainnya. Butuh beberapa hari sampai paket tiba dan diterima konsumen.

Saat pesanan diterima, buka paketnya dan  pastikan dalam kondisi baik, periksa kelengkapan telah sesuai dengan detail yang dijelaskan di aplikasi. Teliti pula, bila ditemukan lecet. Bilamana paket yang diterima dalam kondisi baik maka segera lakukan konfirmasi jika barang telah diterima. Bila pembeli menanti barang yang dibeli  segera sampai di rumah, maka penjual pun menunggu konsumen segera memberikan konfirmasi jika paket yang dikirim penjual telah diterima.

Bilamana barang yang dipesan telah diterima, pastikan agar secepatnya memberikan konfirmasi jika barang telah diterima. Konsumen pun dapat menuliskan review atau testimoni untuk produk itu. Review dan testimoni sangat penting untuk seller. Tambahkan review dan rating (bintang) berdasarkan pengalaman konsumen membeli di lapak penjual itu. Umumnya konsumen setelah pesanan diterima, lantas memberikan verifikasi jika paket telah diterima, maka telah selesai. Konsumen malas menambahkan testimoni kepada seller, padahal ulasan / testimoni tersebut sangat berguna untuk mereka. Di bawah ini adalah prosedur memberikan konfirmasi jika barang telah diterima sekaligus menambahkan ulasan / review:

  1. Login ke aplikasi Tokopedia di Hp, lalu akses Menu berupa ikon garis tiga, di sudut kiri atas. Berikutnya ketuk Konfirmasi Penerimaan.

 

  1. Ketuk pada barang yang hendak diberikan ulasan.

 

  1. Gulir layar ke bawah lalu ketuk tombol Selesai.

 

  1. Bila pengguna menerima pemberitahuan berupa jendela pop up “Selesaikan Pesanan Pilih Selesai Apabila Barang sudah diterima dan tidak bermasalah” cukup ketuk tombol Ya.

 

  1. Selanjutnya akan muncul pesan yang meminta konsumen menambahkan ulasan atau review. Lakukan saja langkah-langkah yang diberikan dan jangan menekan tombol skip. Sediakan waktu sebentar untuk menuliskan ulasan ke seller. Bentuk ulasan itu misalnya “paket sudah saya terima dengan kondisi sesuai pesanan tak kurang suatu apapun. Harga cukup murah dan paket pun sampai sesuai dengan estimasi yang diberikan. Overall untuk layanan yang diberikan saya memberikan nilai 9/10”. Jangan lupa juga untuk memberikan bintang lima kepada penjual jika puas dengan layanan yang diberikan.

 

Itu tadi panduan cara belanja di Tokopedia melalui Hp khusus bagi pemula. Pastikan konsumen membaca detail produk lebih dulu, tanyakan stok dan detil penting lain. Jangan sampai menyesal saat paket telah tiba di rumah ternyata spesifikasi tak seperti yang diharapkan. Umpamanya saja warna yang tak sesuai atau ukuran yang terlalu kecil. Oleh karena itu, pastikan bertindak sebagai pembeli yang cerdas. Besar harapan panduan cara belanja di Tokopedia melalui aplikasi Hp di atas berguna, happy shopping!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *