Cara Belanja di Tokopedia Gratis Ongkir

 

Tren belanja online di Indonesia terus meningkat dari beberapa tahun lalu. Salah satu pemain situs belanja favorit masyarakat adalah Tokopedia. Tokopedia sendiri sejatinya adalah marketplace yaitu tempat berkumpulnya banyak penjual dan juga pembeli. Tokopedia sering menghadirkan promo gratis ongkir atau ongkis kirim kepada para konsumen setia mereka. Untuk diketahui, cara belanja di Tokopedia itu mudah, dimana konsumen bisa menggunakan aplikasi atau langsung akses situs resmi.

 

Cara belanja di tokopedia gratis ongkir 1

 

Cara belanja di Tokopedia gratis ongkir tentu menarik untuk diketahui para konsumen. Dengan gratis ongkir maka berbelanja di Tokopedia pun makin asyik. Agar bisa menikmati belanja di Tokopedia gratis ongkir, konsumen harus memenuhi ketentuan yang ada. Syarat untuk memperoleh gratis ongkir di Tokopedia bisa berbeda antar pedagang satu dengan lainnya. Misalnya saja ada yang mensyaratkan belanja minimal sebesar Rp 200 ribu maka pembeli akan mendapatkan gratis ongkir sebesar Rp 20 ribu. Itu artinya bila ternyata barang yang dibeli membutuhkan biaya kirim yang melebihi Rp.20 ribu maka sisanya harus dibayarkan konsumen.

Berikut cara belanja di Tokopedia gratis ongkir yang bisa dipraktekkan. Di sini diasumsikan konsumen telah memiliki akun Tokopedia yang aktif dan telah memasang aplikasinya di ponsel :

 

cara-belanja-di-tokopedia-gratis-ongkir

 

  1. Temukan produk yang diinginkan

Di halaman depan aplikasi atau website, konsumen dapat mulai mencari item yang dibutuhkan. Sebelumnya lakukan login terlebih dulu menggunakan akun yang dimiliki. Setelah itu konsumen tinggal mengetikkan nama barang dalam kotak search. Namun dapat pula dengan klik pada kategori yang dikehendaki.

  1. Klik pada produk

Bilamana konsumen telah menemukan item yang dibutuhkan, cukup klik gambar produk tersebut yang akan menampilkan detail produk tersebut. Tercantum berbagai informasi yang dapat diketahui konsumen sehingga mereka dapat mengetahui kualitas barang tersebut. Beberapa informasi yang bisa didapatkan seperti : tipe produk, harga, nama penjual, warna produk, stok yang tersedia,  besar cicilan bila membayar dengan kredit, cashback bila ada, berat, kondisi, asuransi, ongkos kirim, deskripsi produk, ulasan, dan diskusi. Ulasan adalah komentar yang dikirimkan konsumen yang pernah membeli produk ini yang bisa puas atau tidak puas. Dari berbagai komentar tersebut Anda bisa mempertimbangkan akan membeli atau tidak barang dari penjual tersebut.

  1. Masukkan keranjang

Bilamana telah mantap dengan produk yang dipilih tersebut, Anda bisa langsung klik tombol ‘Beli’ di sudut kanan bila berbelanja di Tokopedia menggunakan komputer. Bila Anda menjalankan aplikasi, ketuk tombol ‘Beli’  di bawah foto produk.

  1. Membayar pembelian

Proses terakhir berbelanja di Tokopedia yaitu proses pembayaran. Tetapi saat akan membayar, Anda harus melengkapi data pembelian, alamat pengiriman barang, hingga menentukan perusahaan ekspedisi yang akan digunakan. Lengkapi pula formulir pembelian misalnya total yang harus dibayar atau asuransi bila menghendakinya. Tokopedia menawarkan banyak metode bayar dari Saldo Tokopedia, transfer bank, klik BCA, kartu kredit, sampai bayar melalui Indomaret. Cek lagi data pembelian kemudian tekan tombol ‘Checkout’. Selesai, setelah pembayaran lunas maka Anda tinggal menunggu barang diantar ke rumah. Jangan lupa untuk mengecek nomor resi di akun yang berguna untuk memantau perjalanan paket hingga sampai ke rumah.

Tokopedia telah menyediakan beragam opsi cara pembayaran yang bisa dipilih yaitu : Saldo Tokopedia, OVO, Transfer Bank, Virtual Account , Klik BCA, BCA KlikPay, Mandiri Clickpay, LinkAja, e-Pay BRI, Cicilan/Kartu Kredit, Gerai, JakOne Mobile, Cicilan tanpa kartu kredit, Kredivo, dan COD atau bayar di tempat. Untuk pilihan pembayaran di gerai, konsumen bisa melakukannya di : Alfamart, Alfamidi, Alfa Express, Lawson, Ceriamart, Dan+Dan, Indomaret, agen JNE, Kioson, Pos Indonesia, CircleK, dan FamilyMart. Bila memilih cara bayar di gerai maka pembeli akan mendapatkan kode bayar yang harus diserahkan ke kasir untuk diproses.

Ada beberapa syarat dan ketentuan cara belanja di Tokopedia gratis ongkir yang harus diperhatikan oleh konsumen yaitu :

  • Gratis Ongkir senilai maksimal Rp20.000 hanya berlaku jika konsumen membeli dari Toko yang mempunyai emblem Power Merchant dan juga di Official Store.
  • Paling sedikit total belanja sebesar Rp 50.000.
  • Fasilitas Bebas Ongkir tersebut cuma bisa digunakan untuk jasa pengiriman Anteraja Reguler dan SiCepat Reguler.
  • Cuma bisa digunakan bagi pelanggan Tokopedia terpilih.
  • Konsumen paling banyak bisa memanfaatkan satu kupon untuk satu hari.
  • Gratis ongkir Tokopedia tak berlaku jika konsumen membeli Logam Mulia, Emas Batangan, Voucher, maupun Paket Data.
  • Cuma bisa digunakan untuk aplikasi Tokopedia versi paling baru yang tersedia di Play Store atau App Store.
  • Penawaran Bebas Ongkir Tokopedia tersebut boleh disatukan bersama promo yang lain.
  • Fasilitas Bebas Ongkir tersebut tak bisa digunakan bagi konsumen yang membeli sebagai Dropshipper.
  • Gratis Ongkir yang ditawarkan tak termasuk beberapa biaya tambahan yang dikenakan perusahaan ekspedisi maupun seller misalnya packing kayu, jaminan asuransi, dsb.
  • Bilamana ongkos kirim melampaui jumlah yang diberikan Tokopedia, otomatis kelebihan biayanya akan dibayarkan pembeli.
  • Seller yang berkesempatan memperoleh subsidi ongkir yaitu yang pertama kali menginput nomor resi. Seller yang tak sebagai pengirim orderan maka tak berkesempatan memperoleh potongan biaya ongkir.
  • Apabila ada selisih dari berat barang dalam deskripsi produk dengan berat barang yang dikirim seller melalui perusahaan pengiriman maka biaya ongkos kirim yang diperoleh seller merujuk dari biaya yang dicatat perusahaan pengiriman.
  • Potongan ongkir tak bisa digunakan bilamana: seller memilih perusahaan pengiriman yang tak bekerjasama serta sudah diverifikasi Tokopedia, pembayaran masuk ke pusat resolusi dan ada pengembalian barang sebagian atau seluruhnya ke seller.
  • Besaran subsidi ongkir disesuaikan bilamana : seller mengirim paket menggunakan perusahaan pengiriman yang berlainan dengan pilihan pembeli yang menyebabkan adanya selisih ongkos kirim, transaksi cuma dikirim sebagian oleh seller (proses sebagian), konsumen bertransaksi di beberapa toko dengan sekali pembayaran, dan salah satu pembayaran dibatalkan seller untuk itu pengembalian dana ke pembeli akan dipotong subsidi ongkir tersebut.

Cara belanja di Tokopedia gratis ongkir untuk pengguna pemula paling mudah adalah dari aplikasi Tokopedia. Unduh aplikasinya dari Play Store untuk pengguna Android. Produk-produk dengan fitur Gratis Ongkir yang dipajang di etalases Bukalapak biasanya sudah ditandai dengan “Bebas Ongkir”. Dengan begitu pembeli tak akan kesulitan memilih mana produk yang gratis ongkir dan mana yang tidak. Selain Bebas Ongkir, pembeli pun bisa memanfaatkan kode promo bebas ongkir yang sering diluncurkan pada event-event tertentu

Belanja online kini makin menguntungkan berkat adanya promo belanja bebas ongkos kirim dari Tokopedia. Membeli bermacam kebutuhan menjadi makin simpel, hemat, dan menguntungkan di Tokopedia bersama promo bebas ongkir. Tidak usah lagi memikirkan biaya kirim di Tokopedia sebab kini Anda berkesempatan mendapatkan gratis ongkir.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *