Cara Belanja di Shopee via Aplikasi Hp
in Shopee

Cara Belanja di Shopee via Aplikasi Hp

 

Selain menggunakan aplikasi Tokopedia atau BukaLapak, shoping online mudah pun tersedia di aplikasi Shopee. Shopee terhitung situs jual beli baru yang mengusung konsep sosial. Shopee datang di tanah air tahun 2015 silam dimana situs belanja ini lebih mengutamakan aspek sosial yang kuat, menghubungkan pembeli dengan penjual tanpa repot melibatkan pihak-pihak lain.

Untuk itu, bila Anda termasuk salah satu konsumen baru di Shopee, pastinya masih belum familiar dengan prosedur pembelian barang di sana. Petunjuk cara belanja di shopee via aplikasi hp bagi pemula berikut ini akan membimbing Anda menggunakan aplikasi Shopee dari ponsel.

Cara belanja di shopee via aplikasi hp 1

Registrasi

Download dulu aplikasi Shopee yang tersedia di Play Store apabila memang belum terpasang di ponsel. Sesudah terinstal, buka aplikasinya untuk melakukan registrasi. Tahap pertama yaitu membuat pendaftaran akun lebih dulu dengan mengetuk ikon Register. Disediakan beberapa pilihan ketika hendak membuat akun di Shopee, boleh menggunakan nomor Hape, e-mail atau akun Facebook. Anda bebas memilih mana yang termudah. Sebagian orang registrasi dengan memberikan nomor Hape. Sesudah itu ketuk tombol Lanjut, sistem otomatis mengirimkan kode verifikasi yang terketik otomatis dalam kolom pendaftaran bila nomor Hp yang diketikkan ada di ponsel tersebut. Data lain yang juga harus dilengkapi adalah nama pengguna dan kata sandi.

Mulai Berbelanja

Begitu tahap registrasi selesai, kini Anda dapat mulai shoping. Ditemukan berbagai kategori di aplikasi Shopee diantaranya : Makanan & Minuman, Kesehatan, Perawatan & Kecantikan, Ibu & Bayi, Fashion Muslim, Perlengkapan Rumah, Pakaian Pria, Pakaian Wanita, Handphone & Aksesoris, Komputer & Aksesoris, Fashion Bayi & Anak, Sepatu Pria, Sepatu Wanita, Tas Pria, Tas Wanita, Jam Tangan, Elektronik, Aksesoris Fashion, Hobi & Koleksi, Fotografi, Olahraga & Outdoor, Otomotif, Buku & Alat Tulis, dan Voucher. Contohnya bila Anda hendak mencari smartphone, cukup ketuk kategori Handphone & Aksesoris dan dari halaman yang ditampilkan, pilih produk yang diinginkan. Kemudian ketuk Beli Sekarang. Pilih warna sekaligus banyaknya unit yang hendak dipesan. Di halaman detil produk biasanya ditampilkan juga spesifikasi lengkap produk tersebut sekaligus ulasan atau penilaian produk dari konsumen. Tersedia juga informasi gratis ongkir dengan pembelian tertentu.

Bayar Pesanan

Hingga tahap ini, Anda akan dibawa ke halaman Keranjang belanjaan yang berisi produk-produk yang baru saja dipilih. Di halaman ini Anda pun dapat menginput kupon diskon apabila memang mempunyai. Bila ingin memproses ke tahap pembayaran, ketuk saja tombol Checkout. Ketika checkout, Anda akan diminta memasukkan alamat baru. Karena itu Anda bisa mengetikkan alamat lengkap sebagai tujuan pengiriman barang nantinya. Bila sudah, ketuk Kirim. Begitu alamat telah ditambahkan, kini Anda harus menentukan metode pembayaran.

Cara belanja di shopee via aplikasi hp 2

Tersedia tiga cara pembayaran yang dapat dipilih salah satunya yaitu menggunakan credit card, cicilan kartu kredit ataupun transfer bank. Pada cara pembayaran dengan kartu kredit, lengkapi dahulu nama yang tercetak di kartu, nomor kartu, tipe, tanggal masa berlaku serta kode CVV yang tercetak di bagian belakang kartu. Bila sudah betul, ketuk tombol Kirim maka pembayaran akan ditindaklanjuti oleh sistem. Bila memilih cara pembayaran dengan angsuran, Anda pun wajib memiliki kartu kredit. Cukup tentukan paket cicilan yang ditawarkan kemudian input data kartu Anda sebagaimana prosedur tadi.

Sementara pada transaksi melalui transfer bank, Anda cukup memastikan hendak memilih bank yang mana dan otomatis dibawa lagi menuju halaman checkout. Berikutnya ketuk tombol Buat Pesanan yang akan menyelesaikan proses pemesanan produk. Berikutnya, sesudah pembayaran dibuat, Shopee otomatis memverifikasi dengan mengirimkan pesan ke nomor Hp ataupun alamat email Anda. Tak terkecuali juga tiap kali ada perkembangan terbaru misalnya nomor resi maupun update pengiriman pesanan. Shopee pun memfasilitasi pembayaran yang mudah bagi konsumen yaitu membayar di Indomaret atau Alfamart. Jadi saat berada di halaman checkout, Anda harus memilih cara pembayaran di Indomaret atau Alfamart. Nantinya Anda akan diberikan kode bayar berupa deretan angka unik. Catat kode bayar itu untuk dibawa ke Indomaret atau Alfamart. Tunjukkan kepada kasir dan berikan sejumlah uang sesuai total pembayaran ditambah Rp.2.500 sebagai biaya admin. Beres, tahap pembayaran pesanan di Shopee sudah diselesaikan dan Anda tak perlu mengkonfirmasi pembayaran tersebut karena sudah otomatis dilakukan oleh sistem.

Satu lagi cara pembayaran yang juga menarik adalah cod atau cash on delivery yaitu bayar di tempat saat pesanan diserahkan oleh kurir. Untuk cara pembayaran ini sayangnya hanya berlaku untuk wilayah-wilayah tertentu dan juga produk-produk tertentu.

Pilihan jasa pengiriman

Shopee telah bekerjasama dengan banyak perusahaan delivery untuk keperluan pengantaran paket pesanan ke konsumen. Pilihannya adalah : Go Send same day, Grab Express same day, J&T Express, Sicepat Reg, JNE Reg, Ninja Xpress, JNE YES (cashless), JNE reguler (cashless), Sicepat Cargo, dan JNE OKE. Bila Anda menginginkan cara pembayaran dengan COD, cek dulu apakah penjual memang sudah mengaktifkan fitur ini untuk perusahaan delivery yang digunakannya. Prosedur membeli memakai cara pembayaran COD mudah saja. Anda bisa memanfaatkan filter ketika memilih produk yang memfasilitasi cara pembayaran COD. Ketuk tombol Filter, kemudian ketuk Bayar di Tempat di opsi Pembayaran. Shopee pun menawarkan pembayaran tidak secara tunai alias dengan cicilan. Ada beberapa pilihan yang tersedia seperti : ShopeePayLater, Akulaku, Kredivo dan cicilan kartu kredit. Setiap pilihan itu memiliki ketentuannya sendiri-sendiri yang bisa berbeda satu sama lain. ShopeePayLater misalnya merupakan pilihan kredit instan sampai Rp.750 ribu yang akan menawarkan kepada konsumen fasilitas untuk melunasi hingga 1 bulan bebas bunga atau menggunakan layanan cicilan 2 dan 3 bulan tanpa membutuhkan kartu kredit. Konsumen pun boleh meminta kenaikan limit hingga 1x. Keterlambatan pelunasan dibebankan denda sebesar 5% dari jumlah tagihan. Kini Anda bisa melunasi tagihan ShopeePayLater sebelum tagihan keluar setiap tanggal 25 dimana status pesanan harus Selesai. Akulaku merupakan pilihan cicilan instan yang memfasilitasi pengguna mengangsur mulai 1, 2, 3, 6, 9 & 12 bulan bebas penggunaan kartu kredit. Bila memilih cara pembayaran Akulaku, Anda tak bisa mengganti tenor angsuran begitu cicilan diajukan. Bunga yang dikenakan pada tenor angsuran ditetapkan pihak Akulaku.

Tips yang Harus Diperhatikan

Cek bahwa persediaan barang yang Anda akan pesan memang masih ada. Untuk itu Anda bisa memanfaatkan fitur chat ke penjual dengan bertanya ketersediaan stok. Tips lain yang juga bermanfaat yaitu Pilih cara pembayaran ke antar bank yang sama dengan rekening yang dimiliki supaya tahap verifikasi tak butuh waktu lama. Yang juga sangat penting dari cara belanja di shopee via applikasi hp adalah konsumen harus selalu hati-hati dengan berbagai tindakan penipuan, terus pantau testimoni ataupun halaman diskusi penjual. Periksa lagi nama dan informasi produk supaya tak menyesal di kemudian hari. Bilamana Anda menemui kendala terkait pembayaran, Anda bisa menghubungi pihak Shopee dengan menghubungi Call Center 24 Jam di 1500702 dari hari Senin sampai Minggu, tak terkecuali hari libur nasional. Semoga bermanfaat.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment