Cara Belanja di Shopee Bayar di Tempat
in Shopee

Cara Belanja di Shopee Bayar di Tempat

 

Berbagai kebutuhan konsumen saat ini dapat dibeli via online dengan mudah lewat situs-situs belanja online yang banyak bermunculan. Salah satu fitur menarik ketika berbelanja online yaitu pembayaran di tempat alias COD (cash on delivery). Fitur tersebut pun ditawarkan Shopee, salah satu situs belanja favorit masyarakat Indonesia saat ini. Lalu bagaimana cara belanja di Shopee bayar di tempat itu?

Shopee memiliki layanan terbaik kepada para pelanggannya dari fasilitas gratis ongkir, banyak pilihan perusahaan pengiriman, sampai fitur COD tadi. Belum banyak situs belanja yang menawarkan sistem transaksi bayar di tempat. Apalagi sistem pembayaran yang ditawarkan Shopee tersebut tak cuma ada untuk kota tertentu saja, akan tetapi seluruh pelosok tanah air. Kelebihan tersebut dikarenakan Shopee telah bermitra dengan perusahaan logistik tertentu sehingga pelanggan dapat membayar ketika pesanan datang.

Ketentuan bayar di tempat Shopee

  1. Seller memfasilitasi fitur bayar di tempat

Ketentuan bayar di tempat Shopee pertama yaitu seller mesti sudah mengaktifkan sistem ini untuk lapak mereka. Jika pedagang tak memfasilitasi cara ini, untuk itu transaksi cuma dapat diselesaikan dengan ShopeePay, ShopeePayLater, Transfer Bank atau bayar di Minimarket.

  1. Minimal Belanja

Ada ketentuan minimal agar dapat menikmati fasilitas COD Shopee ini yaitu dari Rp. 50 ribu hingga Rp.3 juta. Dalam prosesnya uang pembayaran diberikan kepada kurir yang mengirimkan pesanan.

  1. Area COD

Kemudian untuk area yang dilayani sistem pembayaran COD ini adalah seluruh kota di Indonesia. Pihak Shopee telah menjalin kerja sama dengan perusahaan ekspedisi JNE, J&T Express, dan Shopee Express.

  1. Tarif layanan bayar di tempat

Mulai 20 Maret 2020, pihak e-commerce memberlakukan tarif penanganan senilai 2% bagi konsumen biasa dan 8% bagi dropshipper. Biaya tadi otomatis ditampilkan ketika tahap checkout.

Memilih seller dengan layanan COD

Untuk menemukan penjual dengan layanan COD, konsumen dapat mengetahuinya dengan membuka detail produk. Biasanya akan ada keterangan “COD Bayar di Tempat“. Konsumen pun bisa mencarinya dengan mengetikkan kata kunci “COD” di kotak pencarian. Otomatis akan ditampilkan aneka macam produk dengan fitur pengiriman COD. Atau konsumen bisa mengetikkan nama produk di kotak pencarian. Sesudah itu akan ditampilkan tombol “COD”. Coba tekan tombol itu sehingga dimunculkan berbagai produk dengan fitur COD.

Cara belanja di Shopee bayar di tempat

Seperti biasa, login ke aplikasi Shopee di ponsel. Mulai mencari produk yang dibutuhkan. Anda bisa menemukan produk yang dikehendaki dari kotak pencarian. Saat sudah menemukan item yang dibutuhkan, tempatkan ke keranjang atau ketuk “Beli Sekarang“. Akan tetapi sebelum itu cek bahwa lapak yang menjual barang itu memang memiliki sistem pembayaran COD. Lanjut dengan mengetuk tombol “Checkout” yang ada di bagian bawah. Selanjutnya tinggal mengisi alamat pengiriman di kolom yang disediakan.

Apabila punya kode voucher gratis ongkir, coba ketikkan di kolomnya. Hanya saja lazimnya promo gratis ongkir itu bisa digunakan khusus untuk transaksi via ShopeePay. Selanjutnya, tentukan opsi pengiriman. Untuk pilihan bayar di tempat, coba gunakan layanan pengiriman J&T Express, lalu ketuk “Konfirmasi“. Proses selanjutnya, gunakan metode pembayaran COD (bayar di tempat) kemudian ketuk tombol “Konfirmasi“. Paling akhir, ketuk tombol “Buat Pesanan” lalu tunggu sampai seller merespon pesanan tersebut. Konsumen harus menunggu paket diantarkan ke alamat tujuan. Begitu pesanan tiba di tujuan, selanjutnya konsumen mesti menyerahkan uang pembayaran ke kurir sebelum menerimanya. Jika konsumen tak mau melunasi produk yang dibeli atau tak sedang berada di rumah ketika kurir menghantarkan pesanan hingga 3 kali selama 30 hari, otomatis konsumen tersebut diblokir dari menggunakan fitur COD.

Cara belanja di Shopee bayar di tempat ternyata cukup simpel. Konsumen cukup menjalankan tiap tahap di atas tanpa terlewat. Begitu memesan produk yang dikehendaki, pastikan membayar ke pengirim. Jika tak mau membayarnya, pastinya akun Shopee akan terblokir. Cara belanja di Shopee bayar di tempat cukup berguna bagi konsumen yang masih ragu dengan keamanan pembayaran secara online.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment