Cara Belanja di Jd.id Bayar Ditempat

Bukan yang paling populer namun JD.id adalah situs belanja yang sangat menyenangkan bagi masyarakat Indonesia. JD.id mengusung tagline ‘make the joy happen’ yang akan memberikan kebahagiaan untuk semua pembeli dalam bentuk layanan andal, cepat, dan aman ketika membeli berbagai barang dan jasa yang dibutuhkan. Pilihan menarik tempat berbelanja online ini pun memberikan jaminan kualitas ori namun berbanderol kompetitif, metode pembayaran lengkap, pengiriman tepat waktu, dan bahkan menyediakan layanan bayar di tempat (COD).

cara belanja di jd.id bayar di tempat 1

Cara belanja di JD.id bayar di tempat mungkin belum banyak diketahui para konsumen. Ini adalah fasilitas di mana konsumen yang memesan barang di JD.id baru membayar pesanannya saat barang diterima. Membayarnya kepada kurir yang mengantarkan barang tersebut. Dengan mengandalkan armada logistik yang dimiliki ditambah dukungan jaringan mitra yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia membuat situs belanja ini bisa menyediakan layanan pengiriman yang cepat dan bisa diandalkan ke berbagai daerah di tanah air.

JD.id kali pertama hadir di tanah air akhir 2015 silam dimana kini situs belanja ini sudah menyediakan 12 kategori produk dan akan terus bertambah sejalan dengan peningkatan skala bisnis di Indonesia. JD.id berambisi bisa menjadi perusahaan e-commerce terpopuler dan terpercaya dengan selalu berusaha memberikan berbagai inovasi dalam hal layanan dan bermacam produk terbaru yang dibutuhkan konsumen. JD.id saat ini mengalami perkembangan yang begitu laju. Kuantitas produk yang dijual yang semula di bawah 10.000 SKU di awal beroperasi, kini sudah meningkat 100.000 SKU dan terus akan ditambah. JD.id pun menawarkan layanan pengiriman barang dengan jangkauan hingga 365 kota yang didukung ribuan armada.

Cara Belanja di JD.id

Bagi konsumen yang baru pertama kali, prosedur dan cara belanja di JD.id berikut ini akan membuat kegiatan shopping menjadi sangat menyenangkan. Konsumen bisa menggunakan laptop atau aplikasi di smartphone untuk mengakses dan membuat akun. Untuk pengguna gawai, aplikasi JD.id tersedia gratis untuk diunduh dari Play Store maupun App Store. Proses registrasi hanya membutuhkan nomor ponsel dan email aktif. Setelah akun JD.id dimiliki, ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

 

cara belanja di jd.id bayar di tempat 2

 

  1. Memilih item yang hendak dibeli

Konsumen dapat memilih bermacam macam produk original di JD.id dengan memilih kategori yang sesuai. Pencarian produk pun bisa dilakukan sesuai nama produk, kategori, maupun merek dengan mengetikkannya di kolom “Search”. Ribuan produk yang berhubungan dengan kata yang diketikkan akan tersaji, lengkap dengan harga dan nama tokonya.

  1. Beli Sekarang

Begitu pembeli sudah menentukan produk yang hendak dibeli, tekan tombol “Beli Sekarang”. Namun bila hendak meneruskan berbelanja, tekan tombol “Tambahkan ke troli”. Pembeli bisa membeli berbagai macam item untuk ditambahkan ke troli belanja sebelum meneruskan ke tahap selanjutnya.

  1. Detil Pesanan

Saat pembeli telah memilih sejumlah item yang hendak dipesan, langkah selanjutnya adalah klik simbol troli untuk mengecek detiil pesanan yang dilakukan. Di halaman tersebut akan ditunjukkan macam produk yang dipesan, harga, sekaligus juga jumlah yang harus dibayar . Jika pembeli merasa sudah betul, tekan ikon “Lanjutkan”.

  1. Alamat Pengiriman dan Metode Pembayaran

Pembeli bisa menambahkan hingga 20 alamat berbeda. Sistem JD.id akan menentukan alamat utama menjadi tujuan pengiriman. Pembeli bisa memilih alamat yang tercantum jika ingin mengubah alamat pengiriman yang berbeda dari default. Selanjutnya pada halaman itu juga ditampilkan metode pembayaran yang akan digunakan untuk membayar pesanan. Selanjutnya tekan tombol “Bayar Sekarang”.

  1. Nomor Pesanan

Begitu pembeli mengklik ikon “Bayar Sekarang” maka akan ditampilkan nomor pesanan serta metode pembayaran yang bisa dipilih. Apabila pembeli memilih COD atau bayar di tempat, mereka bisa langsung mengecek status pesanan di menu “Pesanan Saya”. Bilamana pembeli menggunakan online payment, maka mereka harus memilih lebih dulu metode pembayaran yang akan dipakai. Begitu proses itu dilakukan maka pembeli pun akan mendapatkan pesan via SMS ke nomor ponsel atau email terdaftar.

  1. Tracking Order

Sampai tahap ini pesanan sudah selesai dibuat. Pembeli tinggal melakukan pembayaran sesuai metode yang dipilih. Setelah itu pesanan siap diproses oleh penjual untuk dikirimkan ke alamat tujuan. Pembeli tinggal menunggu kurir menyampaikan pesanan. Pembeli sudah bisa melacak pesanan yang dibuat dengan klik tombol “Lihat Detil Pesanan” dalam menu  “Pesanan Saya”.

Cara Belanja di JD.id Bayar di Tempat

Demi menawarkan kenyamanan sekaligus menyempurnakan kepuasan dalam proses pembelian produk kepada para konsumen, JD.id pun menghadirkan cara belanja dengan pembayaran di tempat yang sering disebut dengan COD (Cash On Delivery). Untuk para pengguna yang masih sangsi dalam hal transaksi pembayaran secara online maka mereka dapat memilih opsi yang satu ini. Ada beberapa Syarat & Ketentuan Umum cara belanja di JD.id bayar di tempat yaitu :

 

cara belanja di jd.id bayar di tempat 3

 

  • Titik pertemuan COD bisa berubah setiap saat tanpa konfirmasi terlebih dulu. Pembeli bisa mengecek wilayah mana saja yang termasuk dalam pembayaran COD di menu Area Jangkauan COD.
  • Sejumlah item tertentu karena sedang promo, terbatasnya jangkauan pengiriman, maupun sebab lain terkait kebijakan yang dikeluarkan JD.id maka tak berlaku transaksi secara COD.
  • Konsumen dapat mengecek bisa tidaknya cara pembayaran COD dengan mengakses halaman pembayaran di item yang hendak dibeli kemudian memilih metode pembayaran di tempat.
  • Pembeli bisa memilih salah satu dari beberapa cara pembayaran COD yaitu menggunakan uang cash, kartu debit, atau kartu kredit. Pembayaran COD menggunakan uang cash cuma bisa digunakan pada transaksi kurang dari Rp 100 juta. Sementara limit transaksi pembayaran menggunakan Kartu Debit atau Kredit sebesar Rp 200 juta dimana pihak kurir akan membawa mesin EDC untuk memproses transaksi. Limit pembayaran paling banyak untuk dua cara pembayaran tadi berlaku akumulatif terhadap transaksi dari satu akun, dalam sehari, untuk pesanan berbeda.

Berikut Area Jangkauan Pembayaran Di Tempat (COD) yang diberlakukan JD.id untuk wilayah DKI Jakarta, Banten, DI Yogyakarta dan Jawa Barat : DKI Jakarta (Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan), Jawa Barat (Bandung, Bandung Barat, Banjar, Bekasi, Bogor, Ciamis, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Depok, Garut, Indramayu, Karawang, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Cirebon, Kota Sukabumi, Kuningan, Majalengka, Pangandaran, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Sumedang, Tasikmalaya), Banten (Cilegon, Kota Serang, Lebak, Pandeglang, Serang, Tangerang, Tangerang Selatan), DIY (Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo, Sleman, Wonosari, Yogyakarta).

Selengkapnya untuk kota-kota lain dapat dicek di laman resmi JD,id di https://m.jd.id/help/content?id=105. Perlu dimengerti bahwa area-area tersebut bisa saja berubah sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan JD.id. Sangat disarankan untuk para pembeli yang ingin bertransaksi via COD untuk mengecek terlebih dulu tersedia tidaknya fasilitas COD untuk kota domisili konsumen. Selamat berbelanja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *