Cara Belanja di eBay Tanpa Kena Pajak
in ebay, Pajak

Cara Belanja di eBay Tanpa Kena Pajak

Adakah cara belanja di ebay supaya tidak kena pajak ?. Kalau ada, caranya bagaimana ?. Pertanyaan seperti ini sering dilontarkan oleh orang yang mengobrol dengan saya terkait cara membeli barang di situs ecommerce eBay.

Kalau melihat Peraturan Menteri Keuangan No.199/PMK/2019 yang mulai berlaku sejak tanggal 30 januari 2020, disebutkan bahwa semua paket dengan harga diatas $3 akan dikenakan pungutan dalam rangka impor (PDRI) atau yang biasa kita kenal sebagai pajak dan bea masuk. Artinya jika kita mem beli barang dari luar negeri termasuk ebay dengan harga diatas $3, akan di kena kan pajak.

Pertanyaan ini signifikan, jika kita masih mengacu pada peraturan lama, yang menyatakan bahwa batas barang yang kena pajak bea cukai, sebesar $75. Artinya sebelum PMK yang terbaru ini, jika kita membeli barang di ebay dengan harga dibawah $75, maka akan dibebaskan dari pajak dan bea masuk.

Berbicara mengenai batas belanja barang yang kena pajak ini, sejujurnya saya punya banyak pengalaman yang unih unik. Dimana sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa orang pada berusaha menghindari pajak dan bea masuk. Dengan cara minta ke seller membuat invoice palsu, dengan membuat harga seolah olah dibawah $75. Misalnya barang harga $100, dirubah menjadi $65. Dan memang lumayan ampuh, karena banyak juga yang lolos tidak kena pajak. Tetapi ketika saat ini batas barang kena pajak berubah menjadi hanya $3, saya kira praktek seperti ini sulit dilakukan. Karena sangat jarang sebenarnya barang impor dari luar negeri yang harganya dibawah $3. Jadi kalaupun orang mau berbuat curang dengan menuliskan harga undervalue, maka akan dengan mudah ketahuan saat masuk pabean.

Lalu masihkah ada celah, sehingga ketika membeli barang tanpa dikenakan pajak ?. Kalau celah saya kira sulit sekali. Kecuali memang barang barang tersebut berukuran kecil dan memiliki harga riil tidak jauh dari $3. Misalnya kita beli koin kuno seharga $4-5, lalu minta seller declare undervalue menjadi hanya $2.9, masih masuk akal. Tetapi jika kita membeli barang berukuran besar, akan sulit sekali melakukan ini.

Atau mungkin ada skema lain ?. Hm… mungkin anda pernah dengar atau tahu istilah forwarder. Yaitu jasa pengiriman antar negara yang bersifat borongan doot to door. Artinya kita sebagai konsumen tinggal pasarah pada forwarder untuk mengurus dan mengirim paket ke alamat kita. Kalau dengan skema forwarder, memang kita tidak perlu membayar pajak, ketika menerima paket. Tetapi sebenarnya biaya kirim melalui skema jasa forwarder itu sendiri sudah termasuk dengan pajak yang harus dibayar. Jadi walaupun kita tidak melakukan pembayaran langsung, tetapi faktanya sudah kita bayar termasuk dalam biaya forwardernya.

Demikianlah pembahasan kita tentang apakah ada cara belanja di ebay tanpa kena pajak ?. Jika masih bingung atau ada pertanyaan silahkan menghubungi kami via KONTAK. Terima kasih dan salam sukses !.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment