Cara Belanja di Blibli.com Lengkap

 

Mencari e-commerce di Indonesia tidak lah sulit. Akan tetapi, bagaimana jika online shop terpercaya? Konsumen dapat melihatnnya dari desain situs, konten, katalog produk yang lengkap, sampai rating dari para pembeli. Termasuk pilihan situs belanja bagi masyarakat Indonesia yang layak diperhitungkan yaitu Blibli.com. Online shop yang satu ini tak hanya memajang ribuan produk dengan banyak kategori, namun juga menjaga merchant yang berjualan di platform mereka sesuai standar yang ditetapkan. Belum tahu cara belanja di blibli.com?

 

Cara belanja di blibli.com 1

 

Simak langkah-langkah dan cara belanja di blibli.com baik dari situs resmi maupun aplikasi di bawah ini :

  1. Siapkan laptop atau komputer atau smartphone yang terkoneksi ke internet. Bila melalui situs resminya, buka browser di laptop dan ketikkan blibli.com di kolom alamat. Sementara jika melalui aplikasi, unduh aplikasi Blibli di ponsel kemudian jalankan dan login ke akun Blibli. Namun bila belum memiliki akun, lakukan registrasi dengan memilih tombol “Akun” di sebelah kanan bawah layar. Bila melalui situs blibli.com untuk melakukan pendaftaran, klik tombol Daftar di pojok kanan atas halaman beranda. Proses membuat akun di blibli.com sangat mudah sebab pengguna diberikan tiga pilihan yaitu menggunakan akun Facebook, akun Google atau alamat email aktif. Selesaikan proses pendaftaran yang hanya sebentar itu sampai akun dimiliki. Pendaftar pun bisa langsung melakukan verifikasi nomor ponsel sebagai salah satu langkah memudahkan belanja dan juga keamanan bertransaksi.
  1. Sesudah berhasil mengakses situs atau masuk ke aplikasi, pengguna bisa mulai mencari barang yang hendak dibeli. Langkah paling mudah dalam menemukan produk yang dicari adalah mengetikkan nama produk tersebut atau kata yang relevan ke dalam kolom pencarian di sebelah atas, lalu tekan tombol Cari. Berbagai produk akan ditampilkan dari berbagai penjual lengkap dengan spek singkat, harga, diskon jika ada dan juga kota domisili penjual. Klik pada foto produk tersebut untuk menampilkan halaman baru yang berisi detil lengkap produk tersebut. Di halaman ini akan ditampilkan deskripsi produk, spesifikasi lengkap, diskusi dari para pengunjung, dan ulasan dari konsumen yang pernah membeli produk ini dari penjual tersebut.
  1. Tekan tombol “Beli Sekarang” bila konsumen ingin terus melanjutkan ke tahap checkout atau klik tombol “Tambah ke Bag” bila pembeli masih akan mencari produk lain. Bila menekan tombol “Beli Sekarang” maka konsumen akan dibawa ke halaman Bag yang menampilkan detil pembelian termasuk total belanja. Klik tombol “Checkout” untuk melanjutkan ke tahap pembayaran.
  1. Cek kembali barang yang akan dibeli, lalu tekan tombol “Lanjutkan Pembayaran“.
  1. Lengkapi alamat pengiriman kemudian tentukan jasa pengiriman yang dikehendaki. Selanjutnya tekan tombol “Lanjutkan ke Pembayaran“
  1. Klik pada metode pembayaran yang dipilih lalu tekan tombol “Bayar Sekarang“
  1. Pada tahap ini konsumen harus melakukan pembayaran sesuai pilihannya. Untuk diketahui blibli.com telah menyediakan banyak saluran pembayaran yaitu : BCA OneKlik, kartu kredit dengan cicilan 0%, Cicilan Tanpa Kartu Kredit, COD (Bayar di tempat), Indomaret, Internet banking, Pos Indonesia, Transfer melalui Virtual Account, dan uang elektronik. Untuk uang elektronik, blibli.com telah mengadopsi pembayaran menggunakan QRIS yaitu standar QR yang dikeluarkan Bank Indonesia. Dengan begitu pembeli bisa melakukan pembayaran menggunakan berbagai aplikasi e-money seperti DANA, Sakuku, OVO, Go Pay, Go Mobile, LinkAja dan sebagainya. Tak hanya itu, blibli pun terus melakukan pembaharuan sistem keamanan secara rutin untuk menjamin pengalaman belanja yang nyaman dan aman. Salah stu buktinya adalah aplikasi teknologi payment gateway bersertifikat PCI DDS dan sertifikat keamanan lain sesuai standar internasional.

Ketika barang pesanan mulai diproses dan dikirimkan oleh penjual, konsumen bisa mulai melakukan pelacakan pesanan mereka. Guna mencari tahu pesanan sesudah produk dikirim oleh layanan logistik yang dipilih, konsumen memerlukan nomor resi yang tertera dalam menu Pesanan (nomor resi otomatis ditampilkan begitu status “Pesanan Dalam Pengiriman”). Lakukan beberapa langkah di bawah ini bila konsumen ingin mencari nomor resi dari pesanan yang dilakukan :

  1. Login ke akun blibli.com lalu buka menu Pesanan.
  1. Dari halaman yang ditampilkan, tekan tombol “Detail Pesanan” di nomor pesanan yang hendak dilacak.
  1. Konsumen bisa mengetahui status pengiriman maupun jasa pengiriman sekaligus nomor resi yang bisa difungsikan dalam melacak posisi terbaru barang yang dipesan. Tekan tombol “Lacak Posisi Pengiriman” untuk mengecek posisi barang paling akhir. Konsumen pun bisa mengecek rincian status pengiriman dari jasa pengiriman cukup klik nomor resi.

Ternyata, blibli.com pun tak hanya melayani pembelian produk namun juga pemesanan tiket pesawat. Berikut langkah-langkah booking tiket pesawat dari situs Blibli.com :

  1. Buka situs blibli.com dari browser dengan mengetikkan https://www.blibli.com/travel/tiket-pesawat. Bisa juga dengan klik tab “Pesawat” di halaman beranda situs Blibli. Konsumen akan dibawa menuju situs Blibli Travel.
  1. Log in dengan akun Blibli yang dimiliki atau mendaftar akun baru bagi yang belum memiliki.
  1. Lengkapi tanggal dan tujuan perjalanan lalu cari tiket pesawat yang bisa dilakukan dengan klik tombol “Cari Tiket“.
  1. Cari tiket pesawat dengan klik tombol “Pilih Pergi“.
  1. Lengkapi informasi pemesan dan juga informasi penumpang. Tekan tombol “Lanjutkan Pesanan” sebagai langkah konfirmasi pilihan tersebut. Gunakan tombol back atau kembali di browser bila konsumen hendak mencari tiket pesawat lain.
  1. Tentukan metode pembayaran yang akan digunakan lalu tekan tombol “Bayar Sekarang“. Segera lakukan pembayaran sesuai saluran yang dipilih. Konsumen akan dialihkan ke laman Proses yang menampilkan penjelasan instruksi pembayaran yang dipilih. Di laman ini konsumen pun boleh mengganti metode pembayaran cukup hanya klik “Pilih Metode Pembayaran Lain”
  1. Pada tahap ini e-tiket pesawat yang dipesan langsung diproses begitu pembayaran terkonfirmasi. Tiket bentuk elektronik itu lalu akan dikirimkan otomatis ke alamat email yang diinput sebelumnya.

Sementara bila konsumen ingin memesan kamar hotel dalam merencanakan liburan ke suatu kota atau daerah, langkah-langkah berikut dapat dilakukan :

 

Cara belanja di blibli.com 2

 

  1. Buka situs blibli di https://www.blibli.com/travel/hotel atau tekan menu “Hotel” di halaman utama. Konsumen akan dialihkan menuju situs Blibli Travel.
  1. Log in menggunakan akun Blibli yang dimiliki.
  1. Lengkapi beberapa informasi yang diminta seperti Destinasi, Tanggal Check In, Tanggal Check Out, jumlah tamu, lalu tekan tombol “Cari Hotel“.
  1. Konsumen akan dibawa menuju laman daftar hotel. Cari hotel yang pas dengan keinginan. Cari tipe kamar, selanjutnya tekan “Pesan Kamar“.
  1. Lengkapi data Tamu sesuai identitas tamu kamar hotel, lantas tekan “Lanjut“
  1. Tentukan cara pembayaran yang hendak digunakan, selanjutnya tekan “Bayar Sekarang“.
  1. Konsumen kemudian dibawa ke laman instruksi pembayaran. Konsumen bisa menyelesaikan pembayaran sesuai metode pembayaran yang diingini. Kode booking akan dikirimkan ke alamat email yang dimasukkan.

Demikian lah pembahasan kita mengenai cara lengkap belanja di blibli.com, semoga bermanfaat. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *