Cara belanja di Alibaba Susah nggak sih ? (Rangkuman Artikel)
in Alibaba

Cara belanja di Alibaba Susah nggak sih ? (Rangkuman Artikel)

Banyak orang ingin membeli barang di Alibaba, tetapi kebanyakan dari mereka bingung dengan caranya. Dalam posting kali ini saya ingin merangkum dan membuat indeks atas beberapa posting tentang cara belanja di Alibaba yang sudah ada di blog saya ini.

Cara yang harus dilakukan, secara garis besar adalah sebagai berikut :

  1. Cari barang yang ingin kita beli. Caranya kita masuk ke web atau applikasi Alibaba, lalu tuliskan nama barang yang mau dibeli, dikolom search yang ada di sana. Lalu klik search. Nama barang yang kita tuliskan harus dalam Bahasa inggris, karena logika mesin pencari Alibaba menggunakan Bahasa inggris. Jika barang yang di cari tidak ketemu, kita bisa menggunakan kata kunci lain, yang lebih spesifik.
  2. Setelah menemukan barang yang ingin kita beli, maka Langkah selanjutnya adalah melakukan komunikasi dengan sellernya. Dalam komunikasi ini kita bisa menanyakan mengenai harga, ongkos kirim, berat dan volume paket, serta tentu ketersediaan barangnya. Dalam komunikasi, kita juga melakukan negosiasi dengan seller, hingga dicapai kesepakatan.
  3. Setelah membuat kesepakatan, Langkah selanjutnya adalah Membuat Order. Pada Langkah ini dimulai dengan kita meminta Proforma Invoice kepada seller. Lalu meminta seller membuat tagihan ( Trade Assurance ) ke akun Alibaba kita, sehingga kita bisa membuat pembayaran.
  4. Setelah seller membuat tagihan atau trade assurance, kita melakukan pembayaran. Bisa melalui Kartu kredit / debit ataupun melalui Transfer bank
  5. Setelah kita melakukan Pembayaran, maka Langkah selanjutnya adalah pengiriman paket oleh seller. Setelah seller mengirimkan paket, maka kita minta informasi pengiriman berupa tracking number kepada seller. Dengan tracking number, kita bia melacak perjalanan paket yang dikirim oleh seller.
  6. Jika kita melakukan pengiriman paket secara langsung ke Indonesia, maka nanti setelah paket masuk Indonesia, kita harus membayar pajak sesuai peraturan yang berlaku.
  7. Jika kita melakukan pengiriman paket menggunakan skema forwarder, maka setelah barang dikirim oleh seller, kita minta invoice dan packing list kepada seller. Selanjutnya memberikan informasi Tracking number, Invoice dan packing list kepada pihak Forwarder yang kita pakai. Selanjutnya forwarder akan mengirim barang ke Indonesia, mengurus hal hal yang terkait dengan kepabeanan, serta selanjutnya akan mengirim paket ke alamat kita.

Untuk mempermudah teman teman belajar cara belanja di Alibaba, berikut saya buatkan Index artikel mengenai belanja di Alibaba yang sudah saya posting di blogg ini.

  1. Cara memilih Seller
  2. Cara mengetahui harga di Alibaba
  3. Apa Itu MOQ di Alibaba
  4. Apa Itu Skema Forwarder
  5. Cara Belanja di Alibaba dengan Trade Assurance (Bagian 1)
  6. Cara Belanja di Alibaba dengan Trade Asuurance ( bagian 2 dengan Skema Forwarder)
  7. Cara Belanja di Alibaba dengan Paypal (Bagian 1)
  8. Cara Belanja di Alibaba dengan Paypal (Bagian 2 dengan Skema Forwarder)
  9. Tanya Jawab Belanja di Alibaba
  10. Cara Menghitung Pajak Impor 2020

Silahkan menyimak beberapa artikel tersebut diatas. Jika memerlukan Jasa Forwarder untuk pengiriman barang dari Alibaba atau dari web luar negeri lainnya, silahkan menghubungi saya, nanti saya bantu dari awal hingga barang diterima dialamat. Jika ada pertanyaan tentang cara belanja di alibaba, silahkan tulis dikolom komentar, atau menghubungi saya via HP / WA / Telegram / Email, dengan klik Tautan KONTAK. Terima kasih sudah berkunjung, dan semoga kita selalu diberikan Kesehatan dan kesuksesan, aamiin.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment