Cara Belanja Di Alibaba Indonesia Dengan Rupiah

Saya menemukan query Cara belanja di Alibaba Indonesia dengan rupiah, ketika sedang mengecek Google Search console website saya ini. Benarkah kita bisa membeli barang di Alibaba khusus negara Indonesia dan membayar langsung menggunakan mata uang Rupiah ?. Simak penjelasan berikut ini.

OK kita bahas satu per satu ya. Yang pertama adalah pertanyaan tentang membeli barang di Alibaba Indonesia. Sekilas ini memberikan kesan bahwa ada beberapa situs Alibaba yang beroperasi, dan ada situs Alibaba yang khusus melayani negara Indonesia. Sehingga orang berpikir kalau membeli di situs tersebut akan lebih mudah. Faktanya adalah di seluruh dunia hanya ada satu situs Alibaba.com, tetapi Alibaba memberikan versi dalam Bahasa Indonesia, apabila kita melakukan browsing dengan IP address Indonesia. Jadi jika teman teman melakukan browsing ke Alibaba dari Indonesia, maka akan dialihkan ke web Alibaba versi Bahasa Indonesia. Hal ini juga berlaku untuk negara negara lain. Jika berada di perancis, maka akan dialihkan ke situs Alibaba versi perancis.

Kenapa dibuatkan versi Indonesia ?. Tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan bagi warga Indonesia untuk lebih mudah memahaminya, karena menggunakan Bahasa Indonesia. Walaupun disisi lain, justru banyak membuat orang merasa bingung, karena banyak istilah atau kalimat yang tidak bisa ditranslate dengan sempurna. Alias membingungkan.

Walaupun menggunakan Bahasa Indonesia, ketika kita ingin import barang dari Alibaba dan mencoba komunikasi dengan sellernya, maka tetap saja kita harus menggunakan Bahasa Inggris. Jadi tidak ada Bahasa Indonesia sama sekali sebenarnya. Jadi kesimpulannya adalah belanja di Alibaba versi Bahasa inggris maupun versi Bahasa Indonesia, prinsipnya sama saja.

Nah, sekarang yang kedua, yaitu mengenai penggunaan mata uang Rupiah di Alibaba. Memang ketika kita browsing di Alibaba versi Bahasa Indonesia, kita dihadapkan dengan harga dan ongkos kirim dalam mata uang Rupiah. Benarkah kita bisa membayar dengan mata uang Rupiah ?. Perlu diketahui beberapa hal untuk menjawab pertanyaan ini, yaitu :

  1. Harga dan ongkos kirim riil yang harus dibayar di Alibaba adalah yang diberikan oleh seller ketika kita berkomunikasi dengan mereka. Jadi teman teman jangan langsung melihat harga di iklan Alibaba, dan menganggap itu sebagai harga sebenarnya.
  2. Harga dalam Rupiah yang tertera di web alibaba, adalah hasil konversi mata uang US$ dengan kurs estimasi Alibaba. Ini bukan kurs riil. Karena kurs riil nanti akan tergantung dengan kurs bank yang digunakan. Jadi jangan pernah menggunakannya sebagai acuan. Karena bisa terjadi salah kalkulasi.

Ketika kita berbelanja dan bertransaksi di Alibaba versi Indonesia sekalipun, nanti kita akan dibuatkan tagihan oleh seller dengan mata uang asing, utamanya $ Amerika. Jika pembayaran Alibaba menggunakan paypal, maka kita nanti akan melakukan pembayaran dengan mata uang asing, karena paypal belum support mata uang Rupiah. Demikian pula ketika kita melakukan pembayaran melalui trade assurance Alibaba, maka kita akan dihadapkan pada trade assurance dalam mata uang asing. Hanya saja jika teman teman memilih pembayaran trade assurance melalui transfer bank, maka teman teman baru bisa melakukan pembayaran menggunakan Rupiah, ke teller. Tentunya setelah dilakukan konversi tagihan trade assurance dari mata uang $ amerika menjadi Rupiah.

Jadi kesimpulannya adalah jika teman teman ingin belanja dari web Alibaba versi Bahasa Indonesia, nanti caranyapun akan sama dengan jika berbelanja di Alibaba versi Bahasa Inggris. Dan jika ingin melakukan pembayaran dengan mata uang Rupiah, maka bisanya dilakukan dengan sistem transfer bank diĀ  trade assurance Alibaba. Jika teman teman ingin belajar bagaimana cara belanja di Alibaba Indonesia dengan rupiah, silahkan simak di halaman berikut ini : Cara membeli barang di Alibaba dengan trade assurance. Jika teman-teman masih bingung bagaimana caranya, bisa menghubungi saya, nanti saya pandu dan bantu step by step dari awal sampai barang diterima denganĀ  udah dan aman. Salam sukses !.

cara-menjadi-importir-dari-china

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *