Cara Belanja di Alibaba dengan Paypal Terbaru 2021
in Alibaba

Cara Belanja di Alibaba dengan Paypal Terbaru 2021

Ini adalah cara belanja di Alibaba dan melakukan pembayaran menggunakan Paypal terbaru 2021. Berbeda dengan yang pernah saya jelaskan sebelumnya di blog ini, dimana cara pembayaran dengan paypal ini langsung dilakukan melalui system trade assurance Alibaba.

Apa itu Alibaba ?

Seperti kita ketahui, Alibaba merupakah salah satu platform ecommerce terbesar didunia saat ini. Alibaba merupakan “induk” dari Alibaba group yang dibesarkan oleh Jack Ma, Bersama dengan aliexpress, 1688, Taobao dan lain lain. Di Alibaba kita bisa mendapatkan ribuan item barang barang buatan China yang berharga relatif cukup murah, dan bisa kita jadikan lahan bisnis yang cukup menjanjikan.

Apa itu Paypal ?

Paypal adalah salah satu metode pembayaran atau transfer uang secara digital, yang menggantikan sistem pembayaran secara konvensional. Paypal dioperasikan oleh Paypal.Inc berkedudukan di Amerika.

Saat ini paypal telah diterima hampir di semua negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Paypal merupakan metode pembayaran online yang dipergunakan di situs situs internasional seperti ebay, etsy, dhgate, dan lain lain. Paypal juga sudah banyak digunakan untuk pembayaran barang / jasa di situs situs dalam negeri.

Paypal banyak digunakan karena menyediakan system perlindungan konsumen, dimana mereka menjadi pihak ketiga yang menjamin keamanan transaksi antara penjual dan pembeli.

Apa itu Trade Assurance ?

Trade assurance adalah fasilitas yang disediakan oleh Alibaba untuk menjamin keamanan transaksi anatara penjual dan pembeli. Di Trade assurance inilah kita sebagai pembeli, akan melakukan transaksi pembayaran order kita di Alibaba.

Trade assurance secara sederhana bisa kita gambarkan sebagai rekening Bersama, yang saat ini banyak digunakan oleh marketplace di Indonesia.

Cara belanja di Alibaba menggunakan Paypal Terbaru 2021

Cara belanja atau membeli barang di Alibaba sebenarnya mudah, hanya saja karena masih banyak orang tidak paham caranya, menjadikannya seolah olah sangat sulit. Rahasia cara membeli barang di Alibaba adalah pada komunikasi dengan seller. Karena semua hal dalam transaksi di Alibaba ini akan diselesaikan melalui komunikasi tersebut. Berbeda dengan marketplace lain, yang menyediakan system Klik buy dan membuat pembayaran, maka di Alibaba mengharuskan kita untuk lebih dahulu kontak dengan seller, bertanya tentang harga, ongkos kirim dan lain lain, baru setelah deal, kita membuat order melalui trade assurance dan melakukan pembayaran.

Berikut ini adalah Langkah Langkah yang harus kita lakukan :

  1. Buka situs alibaba.com. Bisa menggunakan laptop atau HP. Lalu login ke akun Alibaba anda. Jika belum punya akun, silahkan membuat akun terlebih dahulu. Atau jika anda sudah punya akun aliexpress, maka bisa menggunakan akun tersebut
  2. Tentukan mau beli barang apa dan berapa jumlahnya ?
  3. Cari barang yang akan dibeli. Caranya ketikkan nama barang (dalam Bahasa Inggris) di kolom search yang ada di halaman Alibaba, lalu klik search. Maka akan muncul hasil pencarian barangnya. Pilih salah satu barang yang muncul, dengan cara meng klik nya, sampai terbuka halaman “iklan” barang tersebut

cara_belanja_di_alibaba_dengan_paypal_2021_terbaru_1

5. Kontak sellernya dengan melakukan klik pada icon “Contact Suplier” atau “Chat”, mana yang menurut anda paling mudah. Silahkan sampaikan ke seller berapa banyak yang mau anda beli, lalu minta penawaran harga dan ongkos kirim. Komunikasi ini menggunakan Bahasa Inggris. Jika anda memilik kendala dalam Bahasa, bisa menggunakan bantuan Google translate. Silahkan melakukan negosiasi dengan seller sampai deal

6. Jika sudah deal, maka Langkah selanjutnya adalah kita minta INVOICE dari seller. Invoice ini nanti digunakan untuk keperluan di bea cukai Ketika barang dikirim. Berikan Nama, alamat dan nomor telepon kepada seller untuk dilampirkan ke Invoice tersebut, dan untuk keperluan penerbitan trade assurance nantinya.

7. Setelah mendapatkan invoice, maka selanjutnya adalah melakukan order. Dalam Langkah ini kita minta seller menerbitkan Trade assurance. Caranya ?. Sama dengan langkah no 4 diatas, kita bilang ke seller bahwa kita sudah deal dan akan membuat order. Bilang ke seller untuk menerbitkan trade assurance. Maka seller akan menerbitkan trade assurance

8. Setelah seller menerbitkan trade assurance, maka kita akan menerima email pemberitahuan bahwa trade assurance menunggu pembayaran. Kita juga bisa masuk ke akun alibaba kita, lalu buka halaman “Order”, maka kita akan melihat sebuat tagihan disana. Contoh dalam foto dibawah ini

cara_belanja_di_alibaba_dengan_paypal_2021_terbaru_3

9. Klik “View More”, untuk melihat Halaman Trade assurance. Maka akan muncul halaman trade assurance

cara_belanja_di_alibaba_dengan_paypal_2021_terbaru_4

10. Di dalaman trade assurance ini, kita bisa melihat nama barang yang mau dibeli, jumlahnya, harganya, ongkos kirim, alamat tujuan pengiriman dan lain lain. SIlahkan review halaman tersebut. Jika sudah benar, bisa melanjutkan untuk melakukan pembayaran. Jika masih ada yang kurang benar, silahkan minta seller untuk melakukan revisi

11. Setelah Trade assurance dirasa cukup, maka silahkan klik “Make Payment, maka akan muncul halaman pembayaran, dimana kita akan menemukan 3 pilihan pembayaran di Alibaba yang tersedia, yaitu melalui Kartu kredit / kartu debit, Paypal dan Wire Transfer (Transfer Bank)

12. Klik pada pilihan “Paypal”.

13. Selanjutnya akan diminta masuk ke akun paypal kita. Masukan username dan password untuk login ke akun paypal, sampai kita menemukan gambar seperti dibawah ini

cara_belanja_di_alibaba_dengan_paypal_2021_terbaru_5

14. Sebelum melakukan pembayaran, saya sarankan untuk mereview ulang order anda. Jumlah barang, harga barang, ongkos kirim dan lain lain. Setelah semua benar, silahkan konfirmasi pembayaran dengan melakukan klik pada “Pay Now”

cara_belanja_di_alibaba_dengan_paypal_2021_terbaru_6

15. Maka Alibaba akan memproses pembayaran. Dan setelah berhasil, maka kita akan menemukan halaman konfirmasi seperti dibawah ini. Selain itu, kita juga akan menerima email baik dari Alibaba ataupun dari payal mengenai transaksi tersebut.

cara_belanja_di_alibaba_dengan_paypal_2021_terbaru_7

16. Untuk pembayaran menggunaan paypal ini, kita akan dikenakan payment fee sebesar 2.99 % dari total nilai yang harus dibayar melalui Alibaba. Sama dengan jika kita menggunakan kartu kredit atau kartu debit

17. Setelah seller mengirimkan barang, maka kita bisa minta info tracking number atau resi pengirimannya. Kita juga bisa melihatnya di Halaman orderan barang kita tadi.

Macam macam metode pengiriman barang dari Alibaba

Sebagaimana kita ketahui, di Alibaba kita bisa membeli barang secara partai besar. Nah untuk itu perlu kita ketahui macam macam metode pengiriman yang bisa kita gunakan Ketika kita membeli barang di Alibaba. Yaitu :

Metode pengiriman langsung ke Indonesia

Yaitu metode atau cara pengiriman barang, dimana penjual langsung mengirimkan barang ke alamat kita di Indonesia. Beberapa metode pengiriman yang diguanakan seperti melalui DHL/Fedex/kantor pos dan lain lain. Jika kita mengirimkan barang langsung ke Indonesia, maka kita memberikan nama, alamat dan nomor telepon kita ke seller.

Metode pengiriman langsung ini digunakan untuk mengirimkan barang dalam jumlah yang relative kecil, sehingga ongkos kirimnya “murah”.

Metode pengiriman menggunakan skema forwarder

Jika kita ingin membeli barang secara besar, maka kita akan memerlukan bantuan jasa forwarder untuk pengiriman barangnya. Jika kita ingin mengirimkan menggunakan skema forwarder, maka kita membelikan alamat Gudang kita di China kepada seller serta kode marking dari jasa forwardernya.

Adapun skema pengiriman menggunakan forwarder adalah sebagai berikut :

  • Barang dibeli dan dikirim ke Gudang forwarder di China ( Guangzhou, Yiwu, Shenzhen )
  • Pihak forwarder akan mengirimkan barang ke Indonesia, mengurus urusan bea cukai, pajak, izin impor dan lailain
  • Lalu barang dikirimkan ke alamat pembeli

Nah demikiankan uraian mengenai cara belanja barang di Alibaba dengan paypal terbaru 2021. Jika anda ingin membeli barang di Alibaba, tetapi belum tahu bagaimana caranya ? atau masih bingung, bisa coba menghubungi kami. Akan kami pandu dan bantu Langkah demi Langkah dari awal sampai barang diterima. Kami juga mengadakan workshop atau pelatihan impor barang dari Alibaba secara online, GRATIS. Salam sukses.

whatsapp_rajabeli.com

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment