Berapa Tarif Biaya Forwarder Door to Door dari China
in Forwarder

Berapa Tarif Biaya Forwarder Door to Door dari China

 

Berbicara tentang cara impor barang murah dari China, maka kita akan “berhubungan” dengan jasa forwarder door to door. Nah pertanyaannya adalah, berapa sih tarif pengiriman barang menggunakan skema forwarder door to door dari China ke Indonesia ?

Apa itu forwarder door to door ?

Forwarder door to door adalah perusahaan atau jasa pengiriman barang yang akan membantu kita mengirimkan barang dari suatu negara ke negara lain. Dalam hal ini jasa forwarder akan membantu mengurus pengiriman barang dari China ke Indonesia. Selain membantu mengurus dan mengirim barang, forwarder juga akan membantu kita dalam hal pengurusan izin impor, pengurusan di bea cukai, pembayaran pajak serta pengiriman barang sampai alamat kita. Itulah kenapa disebut door to door.

Apa beda forwarder dengan Perusahaan jasa titipan umum ?

Jika kita membeli barang dari web online internasional seperti ebay, amazon, dhgate, dll maka kita akan memilih pengiriman menggunakan Pos, DHL, UPS, Fedex, TNT dan sejenisnya. Nah perusahaan itulah yang disebut dengan Perusahaan jasa titipan (PJT). Lalu bedanya dengan forwarder itu apa ?. Secara umum, perbedaan itu terletak pada bebera hal berikut ini :

  1. Forwarder mengurs pengiriman barang berikut izin impor, pabean sekaligus mengurus pajaknya, sehingga semua biaya yang dikeluarkan sudah bersifat all in, tidak ada tambahan biaya lagi. Sedangkan jika menggunakan PJT, maka selain biaya kirim yang kita bayarkan saat pembelian barang, maka kita juga harus membayar pajak sesuai peraturan yang berlaku, ketika barang sampai di Indonesia
  2. Forwarder menggunakan “cargo khusus” sehingga tidak menyediakan tracking number. Sedangkan PJT umumnya menyediakan tracking number untuk melacak perjalanan paket
  3. Secara umum, biaya pengiriman menggunakan forwarder akan lebih ekonomis dibanding menggunakan PJT, terutama untuk jumlah barang yang besar dan banyak

Apa keuntungan menggunakan jasa forwarder door to door ?

Ada banyak keuntungan bagi kita menggunakan jasa forwarder DTD, yaitu :

  1. Praktis, karena semua hal sudah diurus oleh forwardernya, jadi kita tinggal menunggu barang sampai ke alamat kita, tidak pelu repot mengurus bea cukai, pajak, dll
  2. Kita bisa impor barang, meskipun kita tidak memiliki perusahaan atau izin impor tertentu
  3. Biaya kirim lebih ekonomis dibanding menggunakan PJT biasa
  4. Bisa mengimpor barang berukuran besat dan berat yang tidak bisa dikirim menggunakan PJT biasa
  5. Bisa mengimpor barang dari penjual atau seller yang tidak mau mengirim barang secara internasional

Berapa tarif biaya kirim menggunakan forwarder door to door

Pertanyaan yang sering muncul oleh orang yang ingin belajar impor produk murah dari China adalah berapa sih tariff atau biaya pengiriman barang menggunakan skema forwarder door to door dari China ke Indonesia ?

Tarif ini sebenarnya bervariasi, tergantung metode pengiriman yang digunakan, jenis atau kategori barang, berat dan volume. Tarif juga bervariasi tergantung dari masing masing perusahaan jasa forwarder. Sebagai contoh, tarif untuk barang dengan kategori barang umum, jika dikirim menggunakan skema forwarder udara saat ini berkisar Rp. 170.000 – 190.000 / Kg. Biaya dihitung berdasarkan kg berat atau volume paketnya. Tetapi saya melihat di beberapa forwarder yang berkategori sebagai forwarder besar, tarif mereka banyak yang sudah menyentuh angka Rp. 245.000  – 255.000 / Kg.

Sedangkan untuk forwarder laut dengan kategori barang umum, saat ini rata rata berkisar di angka Rp. 6 – 7 juta / Meter kubik. Semua tarif diatas bersifat all in, alias borongan termasuk pengurusan bea cukai dan pajak. Dengan pemberangkatan dari mainport China ( Guangzhou, Yiwu ) ke Jakarta.

Minimum kuota pengiriman barang melalui skema forwarder

Untuk menggunakan jasa forwarder door to door dari China, kita akan diwajibkan untuk memenuhi kuota minimum pengiriman barang. Besarnya minimum kuota ini juga bervariasi tergantung aturan yang ditetapkan oleh masing masing perusahaan forwarder.

Untuk forwarder udara, umumnya setiap perusahaan forwarder menetapkan minimum kuota pengiriman 5 kg. Artinya jika paket memiliki berat atau volume dibawah 5 Kg, maka akan tetap dikenakan charge sebanyak 5 kg. Tetapi ada juga beberapa perusahaan forwarder yang menetapkan batas kuota minimal lebih rendah, misalnya 3 kg saja.

Untuk forwarder laut, umumnya ditetapkan minimum kuota pengiriman 0.5 M3 per sekali pengiriman. Tetapi saat ini ada juga jasa forwarder yang menetapkan kuota minimum 0.3 M3, bahkan ada juga yang hanya 0.2 M3.

Jika anda masih bingung mengenai apa dan bagaimana jasa forwarder door to door bekerja, atau anda memerlukan jasa forwarder dari China ke Indonesia yang terpercaya, silahkan menghubungi kami melalui KONTAK. Kami akan membantu anda mengirimkan barang dari Gudang kami di Guangzhou ke Jakarta dengan praktis, aman dan mudah. Kami juga akan membantu meneruskan pengiriman barang dari Jakarta sampai ke alamat anda menggunakan jasa ekspedisi lokal terpercaya atau jasa ekspedisi lokal langganan anda. Salam sukses.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment