Berapa Lama Pengiriman Barang dari China Menggunakan Jasa Forwarder?
in Forwarder

Berapa Lama Pengiriman Barang dari China Menggunakan Jasa Forwarder?

Salah satu cara terbaik untuk mengirimkan barang dari China ke Indonesia ialah melalui jasa forwarder. Selain harganya terjangkau, estimasi waktu pengirimannya pun lebih cepat. Sebenarnya berapa lama pengiriman barang dari China menggunakan jasa forwarder?

Nah, waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan barang dari China ke Indonesia ini sangatlah bervariasi tergantung sistem pengiriman yang digunakan. Jika ingin tahu selengkapnya, silakan simak rinciannya di bawah ini.

Berapa Lama Pengiriman Barang dari China Menggunakan Jasa Forwarder?

Saat kalian menggunakan jasa forwarder, maka pihak pengirim akan memberikan rincian informasi secara lengkap mulai dari catatan identitas barang, data pengirim dan penerima, HS Code hingga nomor resi yang nantinya bisa di lacak pengirimannya.

Selain itu, beberapa pihak forwarder sudah menerapkan sistem yang terintegrasi secara online sehingga pihak klien bisa dengan mudah mengetahui estimasi sampainya sesuai waktu yang telah ditentukan.

Berikut merupakan estimasi atau perkiraan terkait pengiriman dari China melalui beragam layanan pengiriman:

Jasa Pengiriman Estimasi Waktu Pengiriman
Jasa forwarder jalur udara express 7- 8 hari
Jasa forwarder jalur udara standar 2  minggu
Jasa forwarder jalur laut 4 – 5 minggu
Jasa forwarder jalur laut via transit 6 – 7 minggu
Mail express (Aliexpress & registered mail) 4 mingguan
FedEx, DHL, TNT, UPS 1 mingguan
EMS (POS Express) 2 – 3 minggu

Keterangan:

  • Estimasi pengiriman yang dilakukan melalui EMS (POS Express) membutuhkan setidaknya 2 – 3 minggu sejak barang dikirimkan ke kantor POS setempat.
  • Rata-rata waktu pengiriman yang dibutuhkan untuk pengiriman express internasional seperti FedEx, DHL, TNT, UPS, dan lainnya ialah sekitar 1 mingguan.
  • Perkiraan waktu pengiriman menggunakan Aliexpress standard mail dan registered mail dari China ke Indonesia ialah sekitar 4 mingguan.
  • Pengiriman yang dilakukan menggunakan jasa forwarder jalur udara express membutuhkan estimasi waktu sekitar 7 – 8 harian.
  • Estimasi pengiriman melalui jasa forwarder jalur udara standar membutuhkan waktu 2  mingguan sejak barang dikirimkan.
  • Pengiriman via jasa forwarder jalur laut dari China ke Indonesia membutuhkan waktu sekitar 4-5 minggu, bila via jalur transit waktu yang dibutuhkan dapat mencapai 6 – 7 mingguan.

Data di atas hanyalah estimasi perkiraan pengiriman yang umumnya dilakukan oleh beberapa jasa pengiriman barang dari China ke Indonesia. Dalam beberapa kasus mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih cepat ataupun lebih lama tergantung kecepatan armada transportasi yang digunakan serta ada tidaknya halangan selama dalam perjalanan.

Skema Pengiriman Barang dari China oleh Jasa Forwarder

Setiap harinya, ada ribuan kontainer yang dikirimkan dari China ke Indonesia. Sebagian besar di antaranya dilakukan oleh jasa forwarder sebagian lainnya dilakukan oleh jasa importir, perusahaan, ataupun oleh pedagang.

Nah, terkait dengan sistem pengirimannya, jasa forwarder umumnya menggunakan skema pengiriman sebagai berikut:

  • Barang yang telah dibeli oleh klien dari China secara online akan dikirimkan ke gudang forwarder yang berlokasi di kota-kota besar di China seperti halnya (Shanghai, Yiwu, Guangzhou, Shenzhen, dan sebagainya).
  • Selanjutnya barang akan diproses, dipacking, dan diberi label kode sesuai dengan kebutuhan pengiriman.
  • Jika sudah, maka barang akan dikirimkan oleh agen forwarder menuju Indonesia menggunakan jalur transportasi yang telah disepakati bersama dengan pihak klien.
  • Setelah sampai di Indonesia, maka akan diproses di bea cukai dan pihak jasa forwarder akan melakukan segala hal yang diperlukan mulai dari pembayaran pajak hingga melengkapi dokumen impor.
  • Apabila sudah beres, selanjutnya tinggal dikirimkan ke gudang atau rumah dari masing-masing alamat klien.

Hal-Hal yang Mempengaruhi Lamanya Pengiriman

Banyak hal yang mempengaruhi lama tidaknya pengiriman barang dari China, berikut beberapa di antaranya;

a)      Faktor Cuaca Buruk

Cuaca buruk merupakan hal yang sulit diprediksi. Tidak seperti di Indonesia, pengiriman dari China umumnya terkendala saat musim dingin di mana seluruh tempat tertutup salju.

Jika hal ini terjadi, maka pengiriman dapat tertunda antara 1 hingga 2 mingguan sampai kondisi cuaca membaik. Terlebih untuk pengiriman via udara yang umumnya rawan terhadap gangguan cuaca.

b)      Kendala Armada Transportasi

Armada transportasi seperti kapal kadang kala mengalami kendala pada mesin atau bagian lainnya sehingga perlu diperbaiki dalam kurun waktu yang cukup lama.

Dalam beberapa kasus, kendala yang terjadi pada armada transportasi juga akan mengakibatkan proses transit terjadi lebih sering. Hal ini tentunya akan membuat pengiriman lebih lama karena harus bongkar muat barang.

c)       Pandemi / Wabah

Saat situasi pandemi meningkat, maka pengiriman akan tertunda. Selain karena pengetatan (redline) di kepabeanan, juga karena pembatasan impor dan ekspor yang diberlakukan oleh pemerintah Indonesia maupun China.

Barang hanya akan dikirimkan kembali apabila pandemi sudah reda. Jika belum, maka mau tak mau kalian harus menunggunya.

d)      Libur Panjang

Saat libur panjang maka lalu lintas transportasi jadi lebih padat. Sebagian armada transportasi yang tadinya digunakan untuk mengangkut barang pun akhirnya digunakan untuk mengangkut penumpang.

Libur panjang dan hari raya seperti lebaran, imlek, nataru akan sangat mempengaruhi pengiriman. Umumnya barang akan tertahan setidaknya selama seminggu di saat saat seperti ini.

e)      Pengetatan Bea Cukai

Pengetatan di pabean atau biasa disebut redline umumnya terjadi saat pemerintah mengeluarkan kebijakan-kebijakan impor yang baru.

Hal ini akan membuat paket pengiriman menjadi tertunda sekian waktu lamanya hingga dokumen-dokumen perizinan yang diminta oleh pihak bea cukai lengkap.

Rajabeli.com, Solusi Pengiriman Barang dari China ke Indonesia secara Cepat dan Aman

Seperti yang kalian ketahui, jasa forwarder merupakan pihak yang membantu segala proses terkait pengiriman dari luar negeri ke Indonesia. Nah, apabila kalian sedang membutuhkan jasa forwarder untuk keperluan pengiriman barang dalam jumlah kecil maupun besar, maka kami rekomendasikan untuk menggunakan layanan dari Rajabeli.com.

Rajabeli.com merupakan jasa forwarder yang telah melayani pengiriman barang dari negara China selama berpuluh-puluh tahun lama. Dengan di dukung oleh tenaga ahli yang berpengalaman, maka Rajabeli.com menawarkan beragam jenis keunggulan seperti halnya berikut ini:

  • Menyediakan layanan pembayaran: bagi kalian yang tidak memiliki layanan pembayaran internasional seperti PayPal dan AliPay, maka pihak Rajabeli.com akan menyediakan layanan tersebut sehingga kalian bisa langsung berbelanja di markeplace China.
  • Pengiriman cepat: jalur pengiriman yang tersedia di Rajabeli.com meliputi pengiriman via laut dan udara. Kalian bisa menentukan jenis pengiriman sesuai dengan tarif dan estimasi kecepatan yang diperlukan.
  • Layanan all in one: dengan menggunakan jasa forwarder dari Rajabeli, maka kalian akan mendapatkan layanan all in one mulai dari pengurusan dokumen impor, perizinan bea cukai, hingga bongkar muat barang.
  • Tarif terjangkau: semua laporan pembayaran akan dikirimkan kepada masing-masing klien secara jujur dan transparan. Karena itu, para pelanggan dapat mengetahui secara pasti bahwa tarif yang ditawarkan oleh Rajabeli.com benar-benar terjangkau.

Apabila kalian tertarik untuk menggunakan layanan jasa forwarder dari Rajabeli.com, silakan hubungi customer service Rajabeli.com untuk mendapatkan penawaran terbaik. Semoga bermanfaat dan salam sukses!

whatsapp_rajabeli.com

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment