Berapa isi Container 20 Feet ?
in Umum

Berapa isi Container 20 Feet ?

Kalau anda bermaksud akan mengirim barang dalam jumlah banyak menggunakan jalur laut maka hendaknya paham dulu batas muatan container misalnya yang ukuran 20 feet. Dengan begitu jumlah barang yang dikirimkan bisa maksimal. Lalu berapa isi container 20 feet secara maksimal? Tergantung dari jenis muatan yang akan dikirim.

Isi Container 20 Feet

Misalnya anda menyewa container atau peti kemas berukuran 20 feet untuk mengirim barang dari Jakarta menuju Medan. Biayanya misalnya Rp.15 juta, namun anda cuma memasukkan barang seberat 10 ton, pastinya anda akan rugi. Sebab untuk container 20 feet tersebut ternyata dapat mengangkut barang hingga paling banyak 21 ton. Itu artinya anda masih dapat menambahkan muatan 11 ton lagi dengan biaya pengiriman tetap Rp.15 juta. Supaya makin gamblang, di bawah ini adalah detil spesifikasi isi container 20 feet :

  • Panjang : 6,058 meter
  • Lebar : 2,438 meter
  • Tinggi : 2,591 meter
  • Berat maksimal muatan : 21,800 kg atau 21 ton lebih

Dimensi luar container 20 feet adalah : 6.058 x 2.438 x 2.591 meter = max 33 meter kubikDimensi dalam container 20 feet adalah : 5.919 x 2.340 x 2.380 meter = 33 meter kubikPay Load maksimal 22,1 Ton

Bila anda hendak mengirimkan barang yang dikemas dalam kardus Aqua dengan spesifikasi :

Panjang = 38 cm : 0,38 meter

Lebar = 25 cm : 0,25 meter

Tinggi = 21 cm : 0,21 meter

Volume = 19.950 cm kubik = 0,01995 meter kubik

Berat barang untuk 1 dus Aqua misalnya = 11,52 kg

Total kardus aqua untuk mengisi penuh 1 container 20 feet perhitungannya adalah sebagai berikut = 33 meter kubik : 0,01995 meter kubik = 1654 kardus. Sementara untuk beratnya adalah 1654 kardus x 11,52 kg = 19055 kg. Sehingga , untuk 1 container 20 feet bisa mengangkut hingga 1.654 kardus aqua dan beratnya adalah 19 ton lebih.

Macam Container Sesuai Jenis Barang

  • Dry Storage : peti kemas ini lazimnya digunakan untuk pelaku industri untuk berbagai keperluan. Container ini berfungsi untuk pengiriman muatan kering dengan pilihan ukuran 10 feet, 20 feet, serta 40 feet (High Cube).
  • Flat Rack Container : peti kemas tipe Flat Rack ini punya sisi yang dapat dilipat agar bisa membentuk rak datar. Container ini sangat cocok digunakan mengirim muatan berukuran besar misalnya mesin berat, kendaraan berat, maupun material konstruksi.
  • Open Top Container : container ini punya atap konvertibel yang dapat dicopot. Sesuai untuk cargo dengan ketinggian lebih sehingga tak bisa jika harus dimasukkan dari pintu container. Contohnya mesin dengan ketinggian tertentu sehingga butuh handling tersendiri. Peti kemas ini memiliki pilihan ukuran 20 feet dan 40 feet.
  • Tunnel Container : tipe peti kemas ini punya 2 pintu yang berada di kedua ujung.Tujuannya adalah mempercepat memuat barang yang akan dikirimkan.
  • Open Side Storage Container : hampir serupa dengan container General Purpose. Hanya saja pada peti kemas ini keempat sisinya bisa dibuka. Berfungsi menyediakan ruangan lebih luas dengan akses lebih mudah. Peti kemas ini memiliki pilihan ukuran 20 feet dan 40 feet.
  • Refrigerated ISO Container : sesuai namanya, container ini terpasang alat pendingin dengan suhu yang dapat disetel sampai terendah. Berfungsi dalam pengiriman muatan yang gampang busuk misalnya sayur-mayur dan buah-buahan. Biasanya container jeni ini tersedia dalam ukuran 20 feet dan 40 feet.
  • Thermal Container : jenis container yang berfungsi menjaga suhu di dalamnya tetap stabil. Peti kemas ini cocok untuk pengiriman barang jarak jauh tanpa mengalami kerusakan. Punya pengatur suhu hingga yang tertinggi. Terpasang kompresor mekanik yang bisa menurunkan atau sebaliknya memanaskan udara di dalam container. Insulated Container dibuat dari tabung hampa udara serupa termos air panas.
  • ISO Tank : berfungsi untuk transportasi muatan dalam bentuk cairan. ISO Tank dibuat dari baja anti karat yang cukup tebal. Biasanya cairan yang diisikan paling sedikit 80 % dan maksimal tak lebih dari 95%. Ketentuan tersebut berfungsi untuk menyediakan ruang ekspansi termal.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment