Berapa Hari Pengiriman Barang dari China ke Indonesia ?
in Forwarder

Berapa Hari Pengiriman Barang dari China ke Indonesia ?

Banyak customer yang bertanya, Berapa hari sih pengiriman barang dari China ke Indonesia ?.

Seperti kita ketahui Bersama, saat ini banyak orang yang sedang mencoba belajar bagaimana cara import barang dari China. Peluang bisnis yang cukup besar, membuat orang mencari tahu bagaimana cara membeli dan mengirim barang dari China. Alibaba, Taobao, 1688, aliexpress adalah Sebagian besar situs atau platform yang menjadi tujuan mereka untuk membeli barang dari sana. Nah untuk menjawab pertanyaan tadi, yuk kita simak uraian saya berikut ini.

Metode Pengiriman Barang dari China ke Indonesia

Menurut saya, secara garis besar, ada dua metode pengiriman barang dari China ke Indonesia yang banyak dilakukan orang, yaitu :

Metode pengiriman langsung

Saya menyebutnya sebagai metode pengiriman langsung, karena dalam skema ini seller akan mengirimkan barang langsung dari tempatnya ke alamat pembeli di Indonesia. Dalam metode pengiriman ini, nanti pembeli masih harus dibebankan kewajiban untuk membayar pajak, Ketika barang sampai Indonesia.

Dalam metode pengiriman ini, saya membaginya menjadi dua metode, yaitu :

Pengiriman menggunakan jasa Kantor Pos

Yaitu pengiriman yang akhirnya bermuara di kantor pos Indonesia. Contohnya adalah menggunakan : EMS, Registered Mail, Aliexpress Standard shipping, dll

Pengiriman menggunakan jasa selain kantor pos.

Untuk metode ini, pengiriman akan menggunakan jasa pengiriman express selain kantor pos, seperti DHL, Fedex, TNT, UPS, Aramex, dll

Metode pengiriman menggunakan Skema forwarder

Ini adalah metode pengiriman yang paling banyak digunakan orang untuk mengirim barang dari China ke Indonesia, terutama jika membeli barang dalam jumlah yang relative besar. Adapun skema pengiriman melalui Forwarder bisa dijelaskan sebagai berikut :

  • Barang kita beli dari China, dan minta seller mengirimkan ke Gudang forwarder di China (Guangzhou, Yiwu, Shenzhen, dll)
  • Barang dikirim oleh agen forwarder ke Indonesia, diurus masalah bea cukai nya (izin impor, pajak, dll)
  • Setelah selesai pengurusan pajak, barang akan dikirim kepada kita

Kelebihan skema ini adalah, kita bisa membeli dan mengirimkan barang dengan lebih mudah, praktis dan ekonomis. Tanpa harus ribet memiliki perusahaan, izin impor, dan lain lain.

Untuk metode pengiriman menggunakan skema forwarder, secara umum akan dibagi menjadi dua, yaitu :

Forwarder Udara

Yang secara prakteknya dibagi menjadi dua lagi yaitu, Forwarder udara express dan forwarder udara standar.

Forwarder Laut

Yang secara praktenya dibagi menjadi dua lagi yaitu, Forwarder laut Jalur Direct dan forwarder laut jalur transit

Berapa Hari Pengiriman Barang dari China ke Indonesia ?
Menjawab pertanyaan berapa lama waktu pengiriman yang dibutuhkan untuk sampai ke Indonesia ? sebenarnya tidak bisa dihitung secara matematis. Tetapi jika berkaca pada pengalaman selama ini, maka bisa kita ambil rata rata sebagai berikut :

  • Pengiriman menggunakan jasa kantor pos express ( EMS ), rata rata 2-3 Mingguan sejak barang dikirim sellernya
  • Jika menggunakan Registered Mail dan Aliexpress standard Mail, rata rata makan waktu 3-4 Mingguan
  • Jika pengiriman menggunakan metode pengiriman express seperti DHL, Fedex, UPS, TNT dan sejenisnya, rata rata makan waktu 5-7 Harian
  • Jika menggunakan Skema forwarder udara Express, umumnya makan waktu 5-8 Harian. Jika Skema jalur udara standard bisa makan 14-20 harian
  • Jika menggunakan skema forwarder laut Direct, umumnya makan waktu 3-4 Mingguan. Sedangkan jika menggunakan skema forwarder laut jalur transit, bisa makan waktu 5-7 Mingguan.

Sekali lagi ditegaskan bahwa hitungan angka angka hari atau minggu diatas, bukanlah perhitunagn secara matematis. Tetapi dihitung berdasarkan pengalaman rata rata yang terjadi saat ini. Lama waktunya bisa berubah, jika terjadi beberapa hambatan seperti Cuaca buruk yang berpengaruh pada perjalanan cargo, situasi pandemic seperti ini, pengetatan di pabean (redline) atau adanya kemungkinan libur panjang pada hari hari tertentu (imlek, lebaran, nataru, dll). Nah demikianlah pembahasan kita tentang berapa hari pengiriman barang dari China ke Indonesia. Semoga bermanfaat.

whatsapp_rajabeli.com

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment