Beragam Keunggulan yang Ditawarkan GPN
in Umum

Beragam Keunggulan yang Ditawarkan GPN

GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional merupakan instrumen berwujud kartu yang akan mempermudah transaksi. Merupakan sistem dengan tugas utama menyatukan segala aktifitas transaksi antar bank, ada banyak keunggulan yang ditawarkan GPN. Usai dikenalkan Mei 2018 silam, hingga kini Bank Indonesia terus melakukan edukasi kepada masyarakat keunggulan GPN.

Mengenal GPN

GPN sesungguhnya dibuat demi memudahkan pengguna ketika bertransaksi non tunai di merchant. Seluruh bank dalam negeri diharuskan menerbitkan kartu debit atau ATM dengan logo resmi GPN yaitu burung garuda. Tujuannya untuk lebih memperkenalkan GPN sebagai program dalam menekan  transaksi menggunakan uang tunai dan diganti dengan sistem nontunai. Di samping itu pula ikut berperan serta dalam memajukan metode perdagangan berbasis elektronik. Dengan keluarnya aturan tersebut maka, layanan Visa dan Mastercard pun diharuskan memproses transaksi yang dilayaninya di Indonesia. Itu dilakukan dengan bekerjasama dengan vendor lokal.

Berkat berkurangnya biaya tadi, maka secara tak langsung akan memperbesar laba yang diraih merchant. Sebab biaya transaksi nontunai kartu debit tidak dibebankan ke pembeli namun harus ditanggung penjual. Begitupun jika nasabah mentransfer antar bank pun akan mendapatkan benefit. Jika mentransfer dana antar rekening bank yang sama memang gratis, tetapi bila mengirim uang ke rekening bank berbeda, akan dibebankan biaya yang lumayan tinggi. Berkat layanan yang diberikan GPN, itu artinya ongkos transfer lain bank pun menjadi turun jauh.

Keunggulan GPN

Setelah mengenal sekilas apa itu GPN, masyarakat pun harus tahu apa saja keunggulan yang ditawarkan GPN. Setidaknya ada 5 keunggulan yang akan didapatkan nasabah saat melakukan transaksi dengan kartu debit berlogo GPN yaitu :

  • Nasabah bisa bertransaksi di berbagai saluran pembayaran yang disediakan oleh merchant.
  • Nasabah dapat menyelesaikan transaksi secara nyaman, tak ada lagi kekhawatiran mengenai keamanan yang ditawarkan sebab kartu debit dengan logo GPN sudah mengaplikasikan teknologi chip yang berarti fitur keamanan sudah memenuhi standar dunia.
  • Nasabah tak dibebankan biaya oleh merchant sebab sudah ditentukan besaran Merchant Discount Rate (MDR).
  • Nasabah tak usah mengantongi uang cash dengan nominal banyak sebab segala macam saluran pembayaran telah saling terhubung.
  • Biaya administrasi ekonomis sebab semua prosedur diselesaikan di dalam negeri menggunakan jaringan lokal.
  • Nasabah tak perlu membayar biaya transaksi kartu ATM antar bank dimana tadinya dibebankan sebesar 2% hingga 3% untuk setiap transaksi, kini cuma diberlakukan biaya 1% sebab penyelesaian transaksi tak lagi dilakukan dari luar negeri.
  • Biaya administrasi per bulan pun turun besarannya. Biaya itu dikurangi Rp 500 sampai Rp 1.000 dibanding tarif terdahulu. Misalnya, Bank Mandiri telah mengurangi biaya administrasi per bulan dari kartu debit Platinum sebanyak Rp 1.000, kartu Gold sebanyak Rp 1.000 dan kartu Silver sebanyak Rp 500.
  • Terwujudnya efisiensi infrastruktur karena merchant tak usah lagi menyiapkan mesin Electronic Data Capture (EDC) hingga beberapa.
  • Meskipun biaya transfer maupun pengambilan tunai tetap diberlakukan biaya lama, namun tarif itu dapat diturunkan bilamana kian besar transaksi untuk tiap pemakaian kartu ATM GPN.
  • GPN adalah bagian dari langkah pemerintah dalam menyediakan mekanisme pembayaran inklusif. GPN pun difungsikan dalam menunjang efektivitas aturan moneter, efisiensi langkah intermediasi, serta kekuatan sistem keuangan Indonesia.
  • Menyukseskan beragam program pemerintah misalnya dalam penyaluran bantuan nontunai, pembayaran jalan tol maupun transportasi umum.

Nasabah yang masih memiliki kartu ATM lama, dapat segera menukarkannya ke kartu ATM berlogo GPN di bank tempat mereka menabung. Untuk proses penukaran tersebut biasanya nasabah tak dikenakan biaya penggantian. Kartu baru dengan logo GPN pun langsung dapat digunakan untuk bertransaksi. Teknologi chip yang digunakan dilengkapi 6 digit PIN membuat proses transaksi menjadi sangat aman. Belanja dimana pun kini tak perlu melibatkan uang tunai.

Keunggulan yang ditawarkan GPN lainnya yaitu program ini telah didukung oleh semua bank yang ada di Indonesia. Dengan demikian nantinya setiap kartu debit atau ATM yang dikeluarkan bank pasti sudah mendukung sistem GPN ditandai dengan logo yang tertera. Gunakan kartu debit berlogo GPN mulai saat ini.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment