Beli HP dan Laptop Branded di Alibaba, Benarkah Murah ?
in Alibaba

Beli HP dan Laptop Branded di Alibaba, Benarkah Murah ?

Mencoba cara belanja di Alibaba, ada banyak customer yang menemukan penjual menawarkan Handphone dan laptop branded dengan harga murah. Benarkah demikian ?

Seperti ini misalnya, seller menuliskan harga HP :

cara-berbelanja-di-alibaba-p40 ebay

 

Bagi banyak orang, harga ini terasa menggiurkan, mengingat harga jual barang barang tersebut di Indonesia cukup mahal berkali lipat dari yang ditulis disana

Nah, sebelum anda tergiur lebih lanjut dengan harga yang dipasang seller, ada baiknya simak penjelasan saya berikut ini :

  1. Anda harus tahu, bahwa harga yang dipasang seller di halaman listing barang di alibaba, bukanlah harga riil nya. Untuk mengetahui harga riilnya, kita harus berkomunikasi dengan seller. Jadi jika anda tertarik atau penasaran dengan harga yang ditawarkan, silahkan menghubungi seller. Caranya saya jelaskan di Halaman ini : Cara belanja di Alibaba
  2. Kita harus paham, bahwa barang-barang seperti Handphone, Laptop, gadget dan barang branded lain, bukanlah barang yang bisa dijual secara grosir. Yang mana jika dibeli dalam jumlah tertentu, lantas membuat harganya menjadi murah. Kita harus bedakan mana barang yang bisa dijual secara grosir dan mana yang bukan.

Beda misalnya dengan pakaian, asesori atau barang barang murah dari China lain, yang apabila kita beli dalam jumlah banyak atau secara grosir, maka akan membuat harganya menjadi murah. Sedangkan Gadget dan barang branded lainnya, tidak akan berlaku hal seperti itu.

  1. Handphone, Laptop, gadget dan barang branded, itu umumnya memiliki standar harga yang relative sama. Artinya barang barang tersebut tidak akan dijual dengan harga yang berbeda secara mencolok, di Negara yang satu dan Negara lain.

Cara yang bisa dilakukan adalah mengecek harga barang yang sama di website pembanding, misalnya di ebay atau amazon. Misalnya seperti ini, kita lihat bahwa untuk harga barang yang sama, di ebay dan amazon adalah seperti ini

cara-berbelanja-di-alibaba-p40 ebay

cara-berbelanja-di-alibaba-p40-amazon

 

Jika harga yang ditawarkan seller jauh lebih murah dari yang ditawarkan di ebay dan amazon. Maka bisa dikatakan bahwa harga barang di seller alibaba yang tidak benar.

OK, dari ke tiga point diatas, bisa kita simpulkan bahwa tidak ada Handphone, laptop dan gadget branded yang bisa kita beli di alibaba dengan harga sangat murah.

Dari pengalaman saya beberapa kali mencoba komunikasi dengan seller gadget, saya menemukan tiga type seller :

  1. Seller yang menawarkan harga yang logis. Artinya dia menulis harga murah di listing alibabanya, tetapi ketika kita kontak, mereka memberikan harga wajar (normal) setara dengan yang ditawarkan web lain seperti ebay dan amazon.

Walaupun sebenarnya alibaba bukan tempat yang direkomendasikan untuk membeli gadget dan barang branded, tetapi jika seller masuk kategori terpercaya dan mau bertransaksi dengan metode yang aman, tidak ada salahnya untuk dicoba.

  1. Seller yang menawarkan harga tidak logis. Artinya dia menulis harga murah di listing, dan ketika kita kontak, ternyata tetap memberikan harga murah, bahkan memberikan promo, seperti beli 3 gratis 1. Tetapi minta pembayaran menggunakan metode yang tidak aman, seperti Western Union, Moneygram atau bahkan Bitcoin. Maka sudah pasti ini ujungnya nanti ke penipuan.
  2. Seller Yang Mengarahkan ke Website mereka. Artinya dia akan menulis harga murah di listing, dan ketika kita berkomunikasi dengannya, maka mereka akan mengarahkan kita untuk membeli di website online milik mereka. Dan di website ini, mereka menawarkan harga jual yang normal. Misalnya ke web ini :

cara-berbelanja-di-alibaba-p40-sunsky

OK, Jadi sekarang paham kan, bahwa di Alibaba itu sebenarnya tidak ada dijual barang brnaded seperti Handphone, Laptop, dan gadget branded lain, dengan harga murah, bahkan sangat murah sekali.

Oh ya, Selain masalah keamanan transaksi, kita juga perlu mempertimbangkan satu hal lain. Yaitu adanya aturan mengenai pajak impor dan bea masuk. Dimana untuk paket dengan harga diatas $3, akan dikenakan pajak, sekitar 17.5 % untuk barang umum. Maka harus dipertimbangkan apakah membeli Handphone dan gadget dari luar negeri, masih worthed untuk dilakukan ?, dibanding membeli barang yang sama di market lokal Indonesia ?.

Demikianlah penjelasan mengenai apakah kita bisa membeli handphone, laptop dan gadget branded dengan murah di Alibaba ?. Jika ada pertanyaan tentang cara berbelanja di Alibaba  dan cara impor lainnya, silahkan menghubungi kami. Nanti kami jelaskan secara mudah dan aman. Terima kasih dan salam sukses !.

cara-menjadi-importir-dari-china

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

4 thoughts on “Beli HP dan Laptop Branded di Alibaba, Benarkah Murah ?

    1. RajaBeli.com Author

      Kalau mau beli laptop bekas, di Indonesia saja mas. Barang bekas tidak bisa dikirim dari luar negeri, karena ada larangan impor barang bekas

      Reply

Post Comment