Belanja di Aliexpress Barang Tidak Sampai
in Aliexpress

Belanja di Aliexpress Barang Tidak Sampai

Cara belanja barang di aliexpress tentu bukanlah hal yang baru bagi kebanyakan orang di Indonesia. Nah, masalahnya adalah, apa yang harus kita lakukan jika kita belanja barang di aliexpress tetapi barang tidak sampai ?

Sebagaimana kita ketahui, anak perusahan group alibaba yang dikembangkan dan dibesarkan oleh Jack Ma ini, memeiliki beberapa tahapan dalam proses ordernya. Untuk memastikan bahwa orderan kita bisa sampai dengan selamat, maka berikut adalah beberapa hal yang mesti kita ketahui :

Pastikan order telah di terverifikasi

Hal yang pertama kali harus kita lakukan setelah melakukan order barang di Aliexpress adalah memastikan bahwa order yang kita lakukan telah dikonfirmasi oleh pihak aliexpress. Seperti kita ketahui, saat kita melakukan pembayaran sebuah order di aliexpress, maka kita akan melihat pemberitahuan bahwa pembayaran sedang di verifikasi. Proses verifikasi ini akan memakan waktu sekitar 5 menit hingga beberapa jam tergantung system yang sedang berjalan. Dan di lakukan secara otomasti oleh system aliexpress, tanpa campur tangan manusia. Jika proses verifikasi pembayaran sudah selesai, maka kita akan melihat pemberitahuan pada order kita, statusnya berubah menjadi “Menunggu pengiriman”.

Pastikan order telah dikirim oleh seller

Setelah order di verifikasi, maka kita harus memastikan bahwa seller telah mengirimkan paket kita, menggunakan system pengiriman yang kita pilih. Buka di halaman “Orders”, lalu pastikan bahwa anda telah melihat konfirmasi pengiriman barang oleh seller. Setelah seller mengirimkan paket, maka kita akan melihat tracking number serta metode pengiriman yang digunakan di bagian “Logistic information”.

Jika oleh suatu sebab, seller gagal mengirimkan paket dan melebihi batas waktu yang ditentukan oleh aliexpress, maka otomatis order akan dibatalkan oleh aliexpress, dan uang akan dikembalikan melalui metode pembayaran yang kita gunakan.

Jadi jika anda menunggu orderan sudah lama tidak sampai, coba cek pada Langkah pertama dan kedua ini, apakah ada masalah disana ?. Jika keduanya sudah berjalan dengan benar, maka cek Langkah selanjutnya.

Lacak / trace paket menggunakan tracking number dan metode pengiriman yang digunakan

Jika paket sudah dikirim, maka cobalah melakukan pelacakan atau tracing atas paket yang dikirim oleh seller, secara berkala. Jika paket dikirim menggunakan kantor pos, maka silahkan tracking paket melalui web kantor pos. Jika menggunakan DHL/Fedex, maka silahkan tracking paket melalui web DHL/Fedex.

Apabila dalam batas waktu tertentu, kita tidak bisa melakukan pelacakan paketnya, yang ditandai dengan kegagalan melakukan tracking number di web yang bersangkutan, maka Langkah pertama yang harus segera dilakukan adalah menghubungi penjualnya. Sampaikan bahwa tracking number tidak bisa dilacak, dan minta bantuan kepada mereka.

Adakalanya seller merubah tracking number dengan tracking number yang baru, tetapi lupa tidak melakukan update di aliexpress, sehingga kita tidak tau kalua ada perubahan tracking number. Adakalanya juga paket tertinggal di Gudang jasa pengiriman, di agen atau di Customs negara asal. Jika kejadian seperti ini maka seller bisa membantu kita melakukan pengurusannya.

Jika paket tetap tidak bisa dilacak atau berhenti di tengah jalan, kontak seller

Langkah yang harus kita ambil adalah menghubungi penjual dan menyampaikan bahwa setelah sekian lama kita cek, ternyata paket tidak dapat di trace atau bisa di trace tetapi tidak ada pergerakan dalam waktu lama. Dalam situasi seperti ini, kemungkinan yang terjadi adalah paket tertinggal di agen, Gudang atau customs negara asal. Atau bisa juga paket hilang dalam perjalanan, atau ada kesalahan pengiriman. Kehilangan paket ditengah jalan, bisa terjadi misalnya paket tertinggal saat transit di perjalanan atau kemungkinan pencurian oleh orang tidak bertanggung jawab. Bisa juga seller salah memberikan infomasi tracking number. Dimana tracking number tertukar dengan milih pembeli lain yang berasal dari negara lain pula. Atau ada kemungkinan penjual salah menulis alamat pengiriman yang ditempelkan dipaketnya.

Sehingga Ketika di trace di web pos Indonesia, tidak muncul.

Lakukan open dispute.

Open dispute atau membuka keluhan di aliexpress adalah sebuah proses dimana kita melakukan klaim uang Kembali ke aliexpress. Dalam proses ini kita mengadu ke aliexpress bahwa barang yang kita order, tidak kita terima setelah melebihi batas waktu tertentu. Dalam proses ini, nanti aliexpress akan melakukan mediasi dan mengambil keputusan apakah akan memenangkan kita dan melakukan refund pembayaran yang telah kita bayarkan sebelumnya. Adapun cara melakukan open dispute saya jelaskan dalam video berikut ini :

Demikianlah beberapa hal yang harus kita lakukan untuk melakukan antisipasi, Ketika kita melalukan pembelian barang di aliexpress. Hal hal ini harus diketahui jika suatu saat kita mengalami belanja barang di aliexpress tetapi barang tidak sampai.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment