Beberapa Tips Aman Belanja di Aliexpress
in Aliexpress

Beberapa Tips Aman Belanja di Aliexpress

 

Berbelanja melalui AliExpress Anda bisa mengenali penjual atau seller yang baik, produk-produk yang berkualitas bagus serta metode pembayaran yang sudah diterima. Aliexpress menjadi portal belanja terbesar di negara China. Perlu diketahui bahwa AliExpress merupakan portal belanja atau online marketplace paling besar di dunia yang berasal dari negara Cina.

Dengan hal ini maka sudah jelas bahwa AliExpress bukanlah toko online. Akan tetapi menjadi platform yang menghubungkan antara pembeli dan penjual secara online. Sebaiknya Anda mengetahui tips aman belanja di AliExpress jika sebelumnya belum pernah melakukan belanja di di platform terbesar di dunia ini.

Tips Belanja di Aliexpress dengan Aman

Fungsi utama dari AliExpress yaitu sebagai pengendali para penjual supaya tetap mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak AliExpress. Dengan hal ini, maka pihak konsumen dapat terlindungi dan terhindarkan dari masalah ketika berbelanja. Meskipun demikian, tips belanja di AliExpress dengan aman seperti berikut wajib diketahui dan dijadikan sebagai acuannya:

  1. Kenali Penjual

Penjual yang telah bergabung pada AliExpress maka mempunyai tanggung jawab terhadap dagangan yang dijualnya. Misalnya saja dengan memastikan bahwa produk yang dijualnya sudah sesuai dengan deskripsinya. Selain itu melakukan pengiriman barang juga harus sesuai pada barang yang diorder oleh pembeli.

Anda harus mengenali penjual terlebih dahulu supaya produk yang Anda beli tersebut benar-benar berkualitas. Selain itu Anda juga bisa memilih pengiriman produk AliExpress yang free shipping atau gratis ongkir ke seluruh dunia.

  1. Cek Nilai Jual

Untuk melakukan pengecekan pada nilai jual, maka dapat dilakukan pada bagan feedback. Apabila Anda sudah mengklik nama toko tersebut, Anda akan memperoleh beberapa informasi seperti item as described yang mana hal ini berarti bahwa barang sudah sesuai dengan deskripsi produk dan memperoleh positive feedback dari para pembeli yang lainnya.

AliExpress mempunyai sistem yang dapat mengatur feedback dari pembeli dan hal ini tidak bisa dirubah lagi. Khususnya apabila sudah diposting, baik itu pihak penjual atau atau AliExpress.

  1. Silahkan Baca Komen dan Review Pembeli

Pembeli dari AliExpress berasal dari berbagai belahan dunia maka membaca komen maupun review sangatlah penting dilakukan. Cara ini bisa untuk lebih mengenali pihak penjual apakah memberikan pelayanan yang memuaskan atau sebaliknya. Anda harus melakukan hal ini supaya benar-benar menemukan pihak penjual yang amanah dan sesuai ekspektasi.

  1. Jumlah Barang yang Terjual

Selain beberapa tips aman belanja di AliExpress yang ada di atas, Anda pun juga harus melakukan pengecekan pada jumlah barang yang sudah terjual. Semakin banyak barang yang terjual dan mempunyai positif rating, maka lebih meyakinkan diri Anda untuk memastikan bahwa penjual tersebut benar-benar mempunyai jumlah pembeli yang banyak,

Selain itu, hal ini juga membuktikan bahwa penjual tersebut amanah dan bisa dipercaya. Tidak ada salahnya jika bertanya kepada pihak penjual supaya terhindar dari berbagai permasalahan yang bisa ditimbulkan di kemudian hari. 

  1. Gunakan Pembayaran yang Aman

Aliexpress memberikan banyak pilihan metode pembayaran yang dapat dipilih sesuai dengan selera maupun kebutuhan. Apabila metode pembayaran yang ditawarkan berupa Paypal, maka disarankan bagi Anda untuk menggunakan metode pembayaran tersebut dengan menggunakan Paypal. Dengan hal ini, maka keamanan lebih terjamin. Selain itu kecepatan dalam bertransaksi pun juga bisa dirasakan.

Secara umum, metode pembayaran yang ditawarkan oleh AliExpress sudah menggunakan cara escrow. Sementara AliExpress hanya berperan sebagai penampung dana saja, kemudian dilepaskan ketika penerimaan barang sudah terkonfirmasi ketika masa perlindungan pembeli sudah habis.

  1. Anda Harus Mengetahui Jangka Waktu Pengiriman

Wajib bagi Anda untuk mencari tahu jangka waktu pengiriman produk yang Anda beli. Namun untuk waktu pengiriman tergantung pada jenis metode pengiriman yang sudah Anda pilih. Rata-rata dari produk yang diterima oleh pembeli AliExpress paling cepat yaitu 2 minggu.

Namun ada juga pengiriman barang yang lebih dari 2 minggu, bahkan sampai dengan 30 hari. Supaya Anda tidak terus menunggu dan tidak merasa ragu, sebaiknya tanyakan pada pihak penjual jual berapa hari produk tersebut akan sampai di tangan Anda.

Untuk saat ini AliExpress telah menjadi portal belanja yang memberikan keuntungan tiga kali lipat bagi para pembelinya. Jumlah pembeli yang sangat menjadikan AliExpress selalu mengembangkan potensinya supaya menjadi platform belanja yang paling banyak digemari oleh masyarakat di seluruh dunia.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment