Barang Impor Dari China yang Laku Keras di Indonesia
in Umum

Barang Impor Dari China yang Laku Keras di Indonesia

Sampai saat ini negara China masih merupakan raksasa di industri elektronika. Berbagai peralatan elektronik asal China adalah favorit bagi sebagian besar penduduk dunia. Tentu tidak hanya alat elektronik, item lain misalnya pakaian dan mainan pun diminati di Indonesia. Indonesia banyak mengandalkan China sebagai pemasok barang import. Lalu apa saja barang impor yang laku keras di Indonesia asal China?

Barang Impor yang Laku Keras di Indonesia

Tentunya ada banyak produk asal China yang diminati konsumen di Indonesia. Namun 3 kategori berikut sepertiny tak pernah surut dipesan pembeli dari Indonesia baik secara langsung maupun lewat jasa impor barang atau forwarder.

  • Aneka Produk Elektronik : Tak dapat dibantah jika produk yang berada di posisi pertama barang import yang laku keras di Indonesia asal China yaitu peralatan elektronik. Kendati di pasaran juga tersedia berbagai merek dari negara lain misalnya Korea dan Jepang namun produk elektronik asal China masih disukai masyarakat Indonesia sebab menawarkan kualitas bagus berharga lebih murah apabila dikomparasi dengan produk dari negara lain. Di samping itu kendati menawarkan harga murah, perangkat elektronik asal China ini membawa berbagai fitur lengkap apabila dibanding merek dari negara lain untuk range harga yang setara. Macam perangkat elektronik yang didatangkan dari China itu termasuk alat rumah tangga, keperluan kerja, dan juga peralatan komunikasi.
  • Produk Fashion : Barang impor yang juga laris di Indonesia asal China yaitu berbagai item fashion misalnya tas serta sepatu. Sudah terkenal dari dulu jika untuk masalah fashion, China sangat handal dalam membuat barang tiruan dari brand terkenal. Harganya sudah tentu jauh lebih murah dengan kualitas yang relatif serupa dengan yang asli. Produk fashion replika itu pun dikerjakan dengan sangat mirip sehingga kebanyakan konsumen mungkin tak dapat membedakannya dengan yang asli. Untuk sebagian orang, memakai produk fashion tiruan tentu tak disarankan, akan tetapi bila melihat permintaan pasar yang dari konsumen Indonesia, barang fashion tiruan nyatanya tetap digemari.

Cara Mengimpor produk Asal China

Bila memang tertarik ingin mencoba mendatangkan produk dari China, dua cara berikut dapat dipilih :

  • Gunakan marketplace terpercaya yang menyediakan layanan pengiriman produk dari China. Sebagian layanan marketplace China kredibel yang umum dipilih konsumen di Indoneaia yaitu : Alibaba, Aliexpress, 1688, Taobao, dll.
  • Melalui jasa importir online. Kini ada banyak jasa importir online lokal yang menyediakan layanan impor barang dari luar negeri. Konsumen harus dapat menentukan dengan baik mana layanan jasa importir profesional dan juga dapat dipercaya. Dengan begitu proses impor pun dapat dilaksanakan sesuai ketentuan hukum yang berlaku di kedua negara.

Bila akan menjalankan kegiatan impor barang, yang juga sangat penting adalah mencermati besaran pajak yang harus ditanggung. Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Yang berlaku mulai tanggal 30 Januari 2020, bahwa setiap barang dengan harga diatas $3 akan dikenakan pajak impor, yang besarnya bervariasi mulai dari 17.5 % sampai dengan 45 %.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment