Bagaimana Jika Tidak Membayar Shpee Paylater ? ini Konsekuensinya
in Shopee

Bagaimana Jika Tidak Membayar Shpee Paylater ? ini Konsekuensinya

Shopee PayLater sebagaimana kita ketahui bersama, adalah fitur keuangan berupa hutang yang ditawarkan Shopee untuk para pengguna yang memang dianggap memenuhi syarat. Sebagaimana umumnya, pinjaman pun harus dilunasi pada saatnya. Bagaimana jika tidak membayar Shopee Paylater alias menunggak? Cek jawabannya dari ulasan berikut ini.

Tidak setiap pengguna beruntung menjumpai fitur ini dalam aplikasi Shopee yang digunakannya. Ada sejumlah tips supaya pengguna dapat memperoleh fasilitas yang satu ini. Yang utama sekali yaitu pengguna wajib sering berbelanja dari aplikasi Shopee. Kecuali itu umur akun Shopee yang digunakan paling tidak sudah 3 bulan kemudian juga sudah menyelesaikan verifikasi yaitu memberikan beberapa data diri yang valid.

Apabila memang pengguna sudah sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan tim Shopee otomatis fitur itu akan muncul di aplikasi Shopee dan dapat diaktifkan. Untuk mengeceknya yaitu dengan masuk ke menu “Saya”, lalu di sana biasanya sudah tertera menu SPaylater. Coba ketuk teks itu sehingga pengguna langsung diarahkan menuju halaman baru guna mengaktifkan SPayLater. Ikuti tiap petunjuk yang disediakan, misalnya unggah foto e-KTP, unggah foto Selfie, dan juga beberapa informasi pribadi lainnya.

Begitu permintaan pengaktifan diterima otomatis pengguna akan memperoleh besaran limit kredit. Limit itu akan meningkat dengan sendirinya saat pengguna melunasi hutang Shopee PayLater tanpa terlambat. Lantas bagaimana jika tidak membayar shopee paylater? Apabila memang pengguna nekat tak mau membayar tagihan itu artinya mereka harus siap menanggung risiko berikut ini :

  • Akun Shopee bisa dibekukan. Sehingga pengguna tak akan bisa lagi mengakses aplikasi Shopee menggunakan akun tersebut.
  • Pengguna harus membayar denda sebanyak 5% dari jumlah tagihan yang dimiliki. Denda itu akan makin meningkat sejalan dengan jangka waktu pelunasan. Lalu juga beban bunga yang besarnya 2.95% / bulan.
  • Peluang dalam meminta penambahan limit pinjaman Shopee PayLater bisa tertutup. Tentu sayang jika penambahan limit yang seharusnya bisa dinikmati malah hilang karena tak mau membayar tagihan.
  • Nama pengguna akan dimasukkan dalam daftar BI Checking yang kini istilahnya adalah SLIK OJK. Bila itu yang terjadi, pengguna tak akan bisa lagi mengakses sumber pendanaan atau pinjaman dari seluruh lembaga keuangan atau bank di Indonesia sampai ia dikeluarkan dari daftar hitam itu.
  • Tim Shopee dapat menagih menggunakan jasa debt collector yang boleh jadi akan membuat penunggak menjadi tak nyaman.

Kini kita tahu resiko bagaimana jika tidak membayar Shopee Paylater. Dan memang sebaiknya pengguna melunasi tagihan tepat waktu sebelum melewati tanggal jatuh tempo yang sudah ditentukan. Biasanya jatuh tempo Shopee PayLater yaitu tanggal 5 dan tanggal 11 setiap bulannya. Cara membayar tagihan Shopee Paylater pun sangat mudah.

Detil tagihan Shopee PayLater otomatis ditampilkan berdasarkan periode tagihan pengguna. Bilamana pengguna mengambil tanggal jatuh tempo setiap tanggal 5 maka tagihan langsung keluar tiap tanggal 25. Apabila pengguna mengambil tanggal 11 maka tagihan langsung keluar tiap tanggal 1.  Pengguna pun bisa menyelesaikan pelunasan Shopee PayLater jauh hari sebelum jatuh tempo. Pengguna bisa menyelesaikan pembayaran Shopee PayLater yang langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Dari aplikasi Shopee, tekan tombol Saya, kemudian ketuk ShopeePayLater.
  • Tekan tombol Bayar Sekarang.
  • Tekan pada pilihan tagihan yang harus dilunasi.
  • Lalu ketuk Bayar Sekarang.
  • Tentukan metode pembayaran ShopeePay yaitu menggunakan Virtual Account atau bayar di Indomaret.
  • Kalau pengguna mengambil metode pembayaran ShopeePay atau Virtual Account, biasanya tagihan akan langsung lunas dengan waktu paling lama 10 menit usai pembayaran dilakukan.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment