Bagaimana Jika Shopee Paylater Telat Bayar ?
in Paylater, Shopee

Bagaimana Jika Shopee Paylater Telat Bayar ?

Shopee, pilihan situs belanja favorit yang menawarkan fitur Paylater. Shopee Paylater (SPaylater) adalah fasilitas pembelian dengan pembayaran setelah 30 hari atau dengan kredit. Limit yang tersedia untuk setiap pengguna tak sama. Ditentukan seberapa sering pelanggan menggunakan Paylater serta ketaatan membayar tagihan tepat waktu. Bagaimana jika Shopee Paylater telat bayar?

Ada pelanggan yang memperoleh limit hanya Rp.450 ribu, namun ada juga yang sampai jutaan rupiah. Boleh jadi anda adalah salah satu pelanggan yang kerap menggunakan fasilitas tersebut dan membayar tagihannya tanpa telat. Namun, bagaimana jika pelanggan kelupaan membayar hutang Shopee Paylater?

Bila Shopee Paylater Telat Bayar

Tagihan Shopee Paylater menentukan fee penanganan sebanyak 1% tiap transaksi. Lalu mulai 28 April 2020, transaksi dengan Shopee PayLater akan dibebankan suku bunga paling sedikit 2.95 % untuk program Beli Sekarang Bayar Nanti yaitu melunasinya 30 hari kemudian. Pelanggan juga dapat membayarnya secara angsuran dengan tenor mulai 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan.

Apabila pengguna telat membayar Shopee Paylater, maka akan dibebankan denda sebanyak 5% dari jumlah tagihan yang tengah berjalan. Di samping itu, pihak Shopee pun sudah menjalin kerja sama dengan PT Lentera Dana Nusantara dan PT Commerce Finance dimana keduanya di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebab itu, dapat saja pengguna yang menunggak pembayaran akan dimasukkan ke Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) atau daftar hitam penunggak pinjaman dari OJK. Kerugian lainnya yang akan diderita pelanggan yang menunggak yaitu pembekuan akun Shopee serta pembatasan pemakaian voucher Shopee. Yang lainnya, boleh jadi pengguna akan menghadapi penagihan lapangan (field collector) secara langsung yang dilakukan debt collector.

Agar terhindar dari kejadian tersebut maka, cepat selesaikan pelunasan tagihan Shopee Paylater begitu teringat bila belum membayar hingga melampaui tanggal jatuh tempo. Tenggat pembayaran atau jatuh tempo tagihan Shopee Paylater yaitu tiap tanggal 5 pada bulan selanjutnya begitu detil tagihan dikirimkan.

Cara Membayar Tagihan Shopee PayLater

Langkah-langkah cara membayar Shopee Paylater adalah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Shopee, lalu ketuk tombol Saya, selanjutnya ketuk tab SPayLater.
  • Tekan tombol Bayar.
  • Lalu ketuk tombol tagihan yang belum dibayar.
  • Ketuk tab Bayar Sekarang.
  • Tentukan metode pembayaran yang akan digunakan meliputi : ShopeePay, Virtual Account atau Indomaret. Sesudah itu ketuk tombol Konfirmasi.
  • Apabila pengguna menggunakan ShopeePay atau Virtual Account, otomatis tagihan itu lunas sekitar 10 menit begitu pembayaran dilakukan. Jika pengguna memilih Virtual Account Bank Mandiri, jangan lupa pilih opsi SPayLater. Sementara kalau dengan Indomaret, tagihan lunas begitu pengguna membayarnya di Indomaret. Jangan lupa ketuk tombol Bayar di layar utama SPayLater ketika di Indomaret untuk membayar.
  • Apabila pembayaran sudah terverifikasi, otomatis ada notifikasi di menu Keuangan. Limit SPayLater akan direset ke jumlah semula dalam waktu 1×24 jam.

Tips Menaikkan Limit Shopee Paylater

Ada sejumlah tips yang dapat diterapkan dalam upaya menaikkan limit Shopee Paylater diantaranya adalah sebagai berikut :

–      Usahakan bila membayar tagihan angsuran tak melebihi tanggal jatuh tempo yang telah ditetapkan. Tim Shopee biasanya mengeluarkan detil tagihan setiap tanggal 25 bulan tersebut dan dianjurkan hutang dilunasi tak melebihi tanggal 5 di bulan berikutnya. Jika pengguna memperoleh rincian tagihan itu tanggal 1, untuk itu lunasi di bawah tanggal 11 di bulan yang sama.

–      Senantiasa membelanjakan limit Shopee Paylater untuk membeli produk yang dibutuhkan secara rutin. Dengan begitu peluang untuk memperbesar limit hutang dari shopee Paylater akan makin besar.

–      Senantiasa membayar tepat waktu dan hindari telat membayar tagihan Shopee Paylater.

–      Belilah menggunakan dana Shopee Paylater dan memilih cicilan 3 bulan supaya pihak shopee melihat akun itu adalah akun sehat secara finansial sehingga ke depannya akan ditambahkan limit lebih besar.

 

 

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi