Bagaimana Cara Mengajukan ShopeePinjam
in Shopee

Bagaimana Cara Mengajukan ShopeePinjam

Pinjaman tanpa kartu kredit menjadi pilihan produk Fintech (financial technology) terpopuler bagi masyarakat Indonesia. Ada banyak tawaran pinjaman online yang mengklaim sebagai yang terbaik, salah satunya yang terbaru adalah ShopeePinjam. Bagaimana cara mengajukan ShopeePinjam? Syarat dan Ketentuannya apa saja? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Fitur ShopeePinjam

Mengikuti tren layanan pinjaman online (pinjol) yang sangat marak di Indonesia akhir-akhir ini, Shopee bekerja sama dengan PT LENTERA DANA NUSANTARA menghadirkan layanan ShopeePinjam. Hampir sama dengan pinjol lain, ShopeePinjam pun dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan pinjaman dana segar secara instan. Dalam hitungan menit bila memang syarat dan ketentuan terpenuhi maka dana pinjaman pun sudah ada di tangan.

PT LENTERA DANA NUSANTARA adalah perusahaan yang dengan produk pinjaman berplatform teknologi informasi dengan mekanisme peer-to-peer. ShopeePinjam tersedia untuk penjual maupun pembeli dalam aplikasi Shopee. ShopeePinjam akan menyediakan limit kredit untuk pinjaman uang tunai yang bisa digunakan untuk tujuan tertentu. Besar-kecilnya limit kredit akan tergantung dari penilaian atau credit scoring dan juga customer due diligence yang dilakukan pihak pemberi pinjaman.

Pemberi pinjaman akan mengecek kelayakan pengguna sebagai calon penerima pinjaman dan juga kemampuan menyelesaikan kewajiban pelunasan hutang. Sebagai penjual, limit kredit yang bisa didapatkan bisa mencapai Rp.5 juta. Sementara sebagai pembeli, limit kredit yang diterima maksimal hingga Rp.3 juta.

Pendaftaran ShopeePinjam

Cukup disayangkan ShopeePinjam sementara ini hanya berlaku untuk pengguna terpilih. Pengguna bisa mengaktifkan Shopee Pinjam hanya bila menerima tawaran dalam bentuk munculnya menu baru “ShopeePinjam” di aplikasi Shopee yaitu pada tab “Saya”. Langkah-langkah bila menu ShopeePinjam muncul adalah sebagai berikut :

  • Dari aplikasi Shopee, ketuk tab “Saya” kemudian ketuk opsi “Shopee Pinjam” dari daftar.
  • Ketuk ikon “Aktifkan Sekarang”.
  • Input nomor Hp bila memang belum ada nomor Hp yang terkait ke aplikasi Shopee. Selanjutnya ketikkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor Hp tersebut.
  • Ketikkan dua nama beserta nomor Hp mereka sebagai langkah untuk melengkapi kolom kontak darurat.
  • Selesaikan verifikasi wajah dengan tool yang telah tersedia.
  • Apabila permohonan registrasi disetujui maka otomatis ditampilkan notifikasi berisi ucapan selamat dan informasi limit pinjaman yang bisa digunakan.
  • Bilamana pada aplikasi Shopee belum keluar tombol “Shopee Pinjam”, artinya pengguna belum beruntung. Tak ada langkah yang dapat diambil supaya pengguna bisa terpilih. Boleh jadi terpilih tidaknya pengguna mendapatkan fasilitas Shopee Pinjam dilakukan sistem Shopee.

Cara Mengajukan ShopeePinjam

Tak setiap pengguna aplikasi Shopee bisa menikmati fasilitas hutang instan ini. Hanya pengguna terpilih yang akan mendapatkannya. Bila terpilih maka di aplikasi Shopee akan otomatis muncul tombol ShopeePinjam yang berada di dalam tab Saya. Cara mengajukan ShopeePinjam, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Dari aplikasi Shopee, ketuk tab Saya > ShopeePinjam.
  • Selanjutnya ketuk tombol Ajukan.
  • Tentukan besaran pinjaman yang caranya hanya dengan menggeser slider disesuaikan dengan jumlah yang hendak diajukan. Tentukan juga Durasi Pinjaman mulai dari 2 bulan.
  • Tentukan Rekening Bank yang hendak difungsikan sebagai penampung dana pinjaman. Pengguna pun bisa menambahkan rekening bank yang hendak digunakan dengan mengetikkan nomor rekening. Ketuk tombol Konfirmasi.
  • Cek bahwa nama di data rekening bank yang dipakai adalah sesuai dengan nama pada KTP. Pengguna boleh memasukkan lebih dari 1 nomor rekening bank. Sementara rekening bank yang bisa dimasukkan hanya dari bank BCA, BNI, BRI, dan bank Mandiri.
  • Ketuk tombol Ajukan Sekarang.
  • Ketikkan Kode Verifikasi atau kode OTP yang dikirimkan ke nomor Hp yang terdaftar di aplikasi Shopee. Ketuk tombol Lanjut untuk proses selanjutnya.
  • Apabila permohonan ShopeePinjam diterima, pengguna langsung mendapatkan SMS pemberitahuan yang berisi informasi jika pengajuan ShopeePinjam berhasil dilakukan dan dana akan ditransfer ke nomor rekening bank yang didaftarkan.
  • Permohonan kredit ke ShopeePinjam diproses secepatnya.

Besaran Bunga ShopeePinjam

ShopeePinjam menetapkan besarnya suku bunga atas pinjaman yang diambil pengguna adalah 2,45% / bulan. Shopee Pinjam pun memungut biaya penanganan hingga 3% per transaksi. Sementara biaya keterlambatan pembayaran dibebankan sebesar 5% dari total angsuran tertunggak. Berikut kalkulasi besarnya bunga Shopee Pinjam bila pengguna mendapatkan pinjaman sebanyak Rp.1.000.000.

Pinjaman Shopee Pinjam dengan Tenor 2 bulan :

Dana yang diperoleh : Rp.990.000

Biaya Transaksi : Rp.10.000

Bunga : Rp.78.964

Angsuran per bulan : Rp.539.482

Penerima pinjaman dari ShopeePinjam tentu lebih bijak jika mempertimbangkan tingkat bunga pinjaman maupun biaya lainnya disesuaikan dengan kemampuan melunasi hutang yang diambil.  Jika karena suatu sebab ternyata penerima pinjaman tak mampu melunasi pinjaman, langkah pertama yang diambil adalah musyawarah untuk mencapai kesepakatan. Namun bila menghadapi jalan buntu maka prosesnya bisa dilanjutkan di tingkat arbitrase Indonesia yaitu Badan Arbitrase Nasional Indonesia.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment