Bagaimana Cara Impor Barang dari China ? Pelajari Cara Mudahnya
in 1688.com, Alibaba, Taobao

Bagaimana Cara Impor Barang dari China ? Pelajari Cara Mudahnya

China telah menjadi mesin perekonomian dunia dalam satu dekade terakhir. Negara ini memiliki sumber daya tenaga kerja yang besar, produk dengan harga dan teknologi yang kompetitif. China terkenal mampu memproduksi banyak barang yang dikonsumsi di seluruh dunia dan itulah sebabnya impor dari China adalah poros utama perdagangan global. Bagaimana impor barang dari China?

Mengimpor produk dari China bisa sangat menguntungkan, tetapi pebisnis pemula perlu mengetahui dasar-dasarnya. Ada beberapa pilihan cara yang dapat digunakan para importir pemula ketika ingin mendatangkan barang dari China. Pilihan paling populer yaitu mengimpor barang dari China dari marketplace di sana. Berkat kian meningkat pesatnya kegiatan transaksi digital, para pebisnis bisa menggunakan marketplace kenamaan China seperti Alibaba atau Taobao. Dalam pasar tersebut, pengimpor bisa melakukan pesanan barang apa yang hendak diimpor dari pemasok.

Impor Barang dari Alibaba

Alibaba.com adalah situs belanja skala global yang dibangun Jack Ma dari tahun 1999. Perusahaan ini mempunyai dan menjalankan berbagai bisnis di berbagai belahan dunia dengan beragam sektor dimasuki.  Malah Alibaba pun didaulat majalah Fortune menjadi salah satu perusahaan paling dikagumi di dunia. Karena itu Alibaba tentu tak perlu diragukan lagi sebagai tempat kulakan ribuan produk murah yang inovatif. Bagaimana impor barang dari China melalui Alibaba? Berikut langkah-langkahnya :

  • Pengguna sebelumnya harus punya akun di Alibaba. Bila belum memiliki, tinggal buat akun di laman alibaba.com. Dengan memiliki akun maka akan mempermudah prosedur transaksi pembelian barang.
  • Selanjutnya adalah mencari produk yang hendak dipesan. Pastikan untuk memilah pedagang di Alibaba yang terpercaya.
  • pembeli bisa mengontak penjual untuk order barang menggunakan fasilitas live chat. Pembeli dapat menanyakan berbagai aspek penting ke seller misalnya stok barang yang tersedia, cara ekspedisi yang akan dipakai, ongkos pengiriman sampai metode transaksi yang paling mudah.
  • Langkah berikutnya adalah memilih jasa ekspedisi yang opsinya adalah : Fedex, DHL, atau EMS (Express Mall Service).
  • Untuk menyelesaikan transaksi, pembeli dapat membayar menggunakan saldo paypal atau western union (WU). Untuk WU, pembeli di Indonesia dapat melakukannya di Alfamart, Indomaret, POS Indonesia, atau Pegadaian.
  • Setelah proses pembayaran beres maka pembeli tinggal menunggu kedatangan barang yang dikirim dari China dengan perkiraan waktu antara 14-30 hari.

Impor Barang dari 1688

Bila pembeli kulakan dari marketplace 1688.com maka barang dijual langsung oleh supplier. Bilamana pembeli memesan banyak tentu harga produk akan kian murah. Di situs jual beli 1688.com ini pun berlaku minimal order. Umumnya minimal pembelian adalah 2 – 3 buah. Tetapi, bila pembeli lebih jeli maka akan bisa memperoleh barang berharga lebih murah bila dibanding dari toko yang lain. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengimpor barang dari 1688 :

  • Agar dapat bertransaksi di marketplace ini maka pembeli harus membuat akun terlebih dulu. Gunakan aplikasi translate jika memang kurang memahami instruksi yang ditampilkan.
  • Temukan produk yang dikehendaki kemudian baca detil dari barang itu. Bilamana pembeli memesan barang dengan kuantitas banyak tentu harga per satunya akan makin rendah.
  • Berikutnya, tekan tombol “order now” untuk memproses order lalu meneruskan ke tahap pembayaran. Pembeli bisa membaca detail order, pesan dari seller serta berapa biaya ongkir yang harus dibayarkan.
  • Setelah tahap itu maka saatnya menyelesaikan pembayaran pesanan menggunakan saldo Alipay. Pembeli pun harus membuat akun Alipay untuk proses tersebut.
  • Bilamana prosenya sudah dituntaskan, selanjutnya pembeli tinggal menunggu paket dikirim ke rumah.

Impor Barang dari Taobao

Bagaimana impor barang dari China menggunakan marketplace Taobao? Untuk marketplace Taobao.com ini tanpa berlaku minimal order. Pembeli boleh membeli eceran dimana kebanyakan itu pun ditawarkan gratis ongkos pengiriman. Berikut langkah-langkah membeli barang impor dari China lewat Taobao :

  • Masuk ke website Taobao. Manfaatkan peramban Google Chrome sebab di dalamnya sudah disediakan fitur terjemahan langsung.
  • Untuk pertama kali, pengguna harus membuat akun Taobao.
  • Dari laman registrasi, pengguna wajib mengisikan nomor ponsel. Sesudah itu gulir ke kanan lalu klik pada kotak orange di bagian bawah.
  • Pengguna akan menerima kode OTP melalui SMS yang dikirimkan ke nomor ponsel yang dimasukkan tadi. Isikan kode OTP kemudian klik pada kotak warna oranye.
  • Kini pengguna wajib melengkapi data diri. Isikan kata sandi sesuai keinginan dalam kolom pertama. Selanjutnya, isikan kembali kata sandi yang sama dalam kolom di bawahnya.
  • Isikan alamat e-mail dalam kolom ketiga.
  • Isikan username sesuai keinginan dalam kolom keempat.
  • Maka pendaftaran beres.
  • Sesudah mengurus akun, pengguna harus log-in agar dapat mulai membeli. Kini pengguna sudah dapat memilih produk yang hendak dibeli.
  • Sebelum memesan, penting memastikan bila toko yang menawarkan barang itu memang terpercaya. Mekanismenya sebagaimana untuk marketplace dalam negeri. Pembeli mesti mengecek harga, rating, komentar, testimoni, harga, maupun foto produk. Manfaatkan fungsi terjemahan Google Chrome bila memang diperlukan.
  • Apabila dibutuhkan, pembeli boleh bertanya ketersediaan stok ke seller melalui fitur chat. Tak setiap orang dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris, namun pembeli dapat mengunakan fasilitas Google Translate yang akan banyak membantu.

Mekanisme pembelian barang di Taobao sebenarnya agak ribet. Karena, transaksi di Taobao memerlukan rekening bank China. Sebab itulah hendaknya pembeli memanfaatkan saja jasa titip pembelian barang China yang bonafid. Layanan jasa titip seperti Rajabeli.com akan membantu proses transaksi pembeli hingga tuntas. Mengenai biaya? Tak perlu dirisaukan sebab tarif yang dikenakan masih kompetitif. Meski menggunakan jasa titip namun keuntungan yang diperoleh dari penjualan barang impor China masih cukup memuaskan.

Angkutan Laut atau Udara

Jadi ketika barang dipesan oleh pembeli di Indonesia, mereka diberikan pilihan transportasi yaitu melalui laut atau udara. Transportasi udara mewakili 5% dari total volume ekspor Tiongkok. Hal ini terutama karena biayanya yang tinggi, dengan urgensi menjadi alasan utama mengapa rute ini biasanya dipilih. Ini adalah cara yang lebih efisien dalam hal waktu, tetapi tidak dari segi biaya. Beberapa jenis kargo dibatasi dan tidak dapat dikirim melalui udara dan harus dikirim melalui laut. Misalnya, ketika kargo lebih panjang dari pintu pesawat atau saat pengiriman bahan kimia.

Untuk mengimpor barang elektronik dari China atau produk bervolume kecil dengan nilai tambah tinggi lainnya, mungkin membayar untuk melakukannya dengan angkutan udara. Di sisi lain, ketika mengimpor pakaian atau aksesoris, atau produk lain dengan nilai tambah yang lebih kecil yang memakan tempat, seperti furnitur, mesin, suku cadang atau suku cadang, transportasi laut adalah pilihan yang lebih baik.

Bila memang barang impor itu tak segera untuk dijual, pilihan paling tepat adalah transportasi kapal laut. Selain bisa muat banyak, biaya yang harus ditanggung pembeli pun masih cukup menguntungkan.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment