Awas ! Modus Penipuan Terbaru Bayar Pakai Scan QR Code
in Shopee

Awas ! Modus Penipuan Terbaru Bayar Pakai Scan QR Code

Sebaiknya anda selalu berhati-hati karena sekarang sudah banyak modus penipuan terbaru bayar pakai scan QR Code menggunakan ShopeePay. Baru-baru ini telah heboh di media sosial tentang terjadinya penipuan belanja online di marketplace shopee.

Seperti kita ketahui bersama bahwa aksi penipuan memang kerap kali terjadi dengan memanfaatkan segala celah yang ada. Aplikasi yang awalnya berasal dari Singapura ini merupakan sebuah platform populer yang fungsinya untuk mendukung kegiatan jual beli online.

Shopee hadir menawarkan solusi terbaik untuk semua pengusaha mulai dari UMKM hingga skala menengah ke atas. Dari sisi keamanan sebenarnya platform shopee ini sudah bisa di andalkan.

Namun faktanya penipuan masih saja terjadi yang merugikan pihak pembeli. Lalu bagaimana ceritanya penipu bisa memiliki celah untuk mengambil uang korban dari shopee tanpa harus mengirim barangnya terlebih dahulu ?

Modus penipuan terbaru bayar pakai scan QR Code

Semua ini bermula saat korban tertarik untuk membeli laptop bekas melalui platform shopee dengan harga yang miring. Korban sendiri mengaku sebagai pengguna lama platform shopee.

Itu artinya si korban sudah lebih dari satu kali melakukan transaksi dengan platform shopee. Namun kali ini berbeda dari biasanya, pihak seller mencoba mengalihkan pembicaraan dari fitur chat shopee ke aplikasi Whatsapp.

Dari titik ini sebenarnya sudah aneh karena fitur chat shopee sebenarnya sudah support berbagai fitur pendukung. Pengguna aplikasi shopee bisa dengan mudah mengirim pesan teks, upload foto dan video.

Jadi sebenarnya sudah tidak perlu lagi berpindah ke aplikasi Whatsapp. Namun tanpa curiga si korban ini tetap melanjutkan percakapan seperti biasa.

Sebab selama tidak memberitahu pin dan kode otp kepada seller maka masih aman. Namun sayang sungguh sayang ternyata si korban masih gaptek dengan namanya e-wallet, dan celah inilah yang dipakai seller untuk menipu buyer.

Seperti kita ketahui bahwa shopee mempunyai dompet digital sendiri yang bernama shopeepay. Dompet digital atau e-wallet shopeepay ini memiliki fitur scan qr code yang berfungsi untuk transfer uang yang praktis dan cepat.

Fitur ini sangat berguna apabila anda ingin membelanjakan saldo shopeepay pada merchant yang telah bekerja sama dengan shopee. Contohnya saja seperti cafe, minimarket, dan tempat lainnya yang telah mendukung scan qr code shopeepay.

Nah, modus seller adalah dengan mengirim qr code shopeepay miliknya ke chat whatsapp nomor korban dengan dalih untuk keperluan verifikasi.

Dan dengan polosnya buyer ini melakukan scan qr code yang tertera pada kiriman gambar whatsappnya. Buat yang belum tahu, jika anda melakukan hal ini maka itu sama saja dengan mentransfer uang shopeepay anda ke akun shopeepay penipu.

Tips supaya lebih berhati-hati

Banyak sekali pembeli ceroboh yang tidak teliti dengan aturan main shopee. Saat belanja barang dari shopee, baik dengan alasan apapun, komunikasi dan pembayaran, jangan pernah dilakukan di luar sistem shopee.

Jangan sekali kali memberikan pin akun dan shopeepay anda ke pihak seller. Jangan juga memberikan kode otp meskipun orang itu mengaku admin shopee.

Sebab pihak resmi shopee tidak akan pernah meminta sama sekali kode otp, pin atau meminta verifikasi dengan scan code QR. Jadi apabila anda menjumpai trik semacam ini maka sudah pasti orang itu sedang berusaha menipu anda.

Silahkan abaikan saja jika berjumpa dengan orang ini atau bisa melaporkan ke pihak shopee melalui call center 24 jam di nomor 1500702.

 

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi