Aplikasi Samsung Pay, Fitur dan Kelebihannya

 

Sesuai riset yang dilakukan Kadence Indonesia pada tahun 2019, ada 57 persen pengguna ponsel pintar yang memiliki uang digital dalam aplikasi atau kartu fisik. Berdasar fakta itu, Samsung pun menawarkan benefit lebih untuk para pengguna setia smartphone Galaxy mereka dalam bentuk kenyamanan menggunakan berbagai macam akun uang digital dari aplikasi Samsung Pay.

Riset tadi juga memberikan data bahwa sebesar 20 persen pengguna e-wallet secara teratur mengakses lebih dari satu aplikasi dompet digital. Itu tentu saja merepotkan sebab pengguna harus berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya yang bisa jadi bukan hanya dua namun tiga atau bahkan empat aplikasi sekaligus.

Apa Itu Samsung Pay

Samsung Pay merupakan platform dompet digital yang diluncurkan di Indonesia Oktober 2019 silam. Samsung Pay tak sama dengan aplikasi uang digital seperti GoPay, Dana, LinkAja atau OVO. Samsung Pay fungsi utamanya hanya sebagai penyederhana berbagai aplikasi transaksi tadi. Samsung Pay mengintegrasikan sejumlah layanan pembayaran digital di satu platform sehingga pengguna makin simpel ketika bertransaksi sehari-hari.

Pengguna cukup menyapu layar ponsel ke atas kemudian ketuk tombol bayar. Tak seperti aplikasi Samsung Pay di negara lain yang telah menjalin kemitraan dengan bank pemberi layanan pembayaran kartu debit dan kredit, Samsung Pay Indonesia bekerja sama dengan vendor aplikasi uang digital misalnya GoPay dan Dana. Mudah dan menghadirkan berbagai benefit, Samsung Pay memudahkan pengguna dalam menyelesaikan transaksi digital disesuaikan dengan akun dompet digital yang dimiliki. Di samping itu, pengguna pun bisa menjalankan live transaction memanfaatkan teknologi QR. Pengguna tinggal swipe up saat akan bertransaksi. Langkah tersebut malah bisa dijalankan kendati layar Hp dalam posisi terkunci.

Berikutnya, Samsung Pay akan langsung membawa pengguna untuk menentukan akun dompet digital yang hendak difungsikan untuk pembayaran. Pengguna tak perlu takut denganĀ  keamanan sebab aplikasi ini sudah dibekali opsi keamanan berbentuk kode PIN dan juga sidik jari. Kecuali itu, untuk yang membuat akun di Samsung Pay maka berbagai penawaran menarik menanti. Ada banyak merchant yang sudah berkerjasama dengan Samsung Pay untuk memberikan cashback, potongan harga, maupun voucher. Beberapa merchant tersebut adalah MC Donald’s, KFC, Pepper Lunch, Gulu Gulu, Pizza Hut, Hoka Hoka Bento, KOI, Kafe Betawi, Zenbu dan Sushi Her.

Cara Menggunakan Samsung Pay

Sesuai namanya, aplikasi ini hanya dapat digunakan bagi pemilik Hp Samsung. Itupun untuk versi tertentu saja sementara ini. Samsung Pay bisa dijalankan dari berbagai HP Samsung dengan OS Android 9.0. dan yang lebih baru. Aplikasi ini bisa didownload dari Play Store maupun Galaxy Store. Pengguna pun harus telah mempunyai akun Samsung aktif. Setelah didownload dari Playstore atau Galaxy Store dan dipasang di perangkat, jalankan aplikasi Samsung Pay, kemudian tekan Get Started (Mulai). Ketikkan PIN baru untuk aplikasi Samsung Pay sesuai keinginan. Input lagi PIN sebagai langkah konfirmasi. Bila pertama kali memakai Samsung Pay maka pengguna dipersilahkan melengkapi metode pembayaran yang diinginkan. Kemudian untuk meningkatkan keamanan, pengguna pun bisa menghidupkan fitur biometrik antara lain sidik jari atau iris.

Kini aplikasi Samsung Pay telah tersedia di Hp Samsung terbaru seri Galaxy A dan seri Galaxy Note 10 dan juga seri Galaxy S terbaru. Samsung Pay menawarkan 2 alternatif simpel ketika pengguna hendak menyelesaikan transaksi pembayaran yaitu :

  1. Pengguna bisa melakukan swipe up (menyapu layar ke atas) dari menu home screen. Ketika posisi layar terkunci sekalipun, pengguna masih dapat menyapu layar untuk membuka Samsung Pay. Begitu login ke aplikasi Samsung Pay, pengguna dapat memilih sumber dompet digital mana yang hendak dipakai untuk membayar.
  1. Pengguna pun bisa menyelesaikan transaksi dari aplikasi kamera. Tinggal jalankan aplikasi kamera di Hp Samsung kemudian posisikan ke kode QR merchant. otomatis pembayaran pun langsung bisa diselesaikan. Agar bisa memanfaatkan akun dompet digital untuk sumber pembayaran di aplikasi Samsung Pay, pengguna harus sudah punya akun di aplikasi dompet digital tersebut dan juga sudah tersedia saldo yang mencukupi untuk menyelesaikan pembayaran tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *