Aplikasi Linkaja, Bisa Tarik Tunai Juga Lho

LinkAja termasuk salah satu pilihan aplikasi finansial yang menawarkan kenyamanan dan kemudahan bertransaksi digital nontunai. Pada prinsipnya, LinkAja menyediakan layanan dompet digital (e-wallet) sebagaimana beberapa aplikasi lain yaitu OVO, GoPay, DANA, dan Shopee Pay. Berplatform e-wallet maka pengguna LinkAja dapat melakukan pembayaran di merchant atau toko mitra hanya dengan memindai kode QR menggunakan smartphone.

Aplikasi LinkAja mengusung tagline ‘Tap and Snap’. TAP di sini artinya para pengguna dapat memanfaatkan stiker khusus yang serupa dengan stiker TCASH dari Telkomsel kalau ponsel yang digunakan belum memiliki fitur NFC. Sementara SNAP artinya scan kode QR saat melakukan pembayaran di merchant-merchant yang telah menerima LinkAja sebagai alat pembayaran.

LinkAja sudah menjalin kerjasama dengan banyak merchant yang salah satunya yaitu Pertamina. Oleh karena itu pengguna pun dapat dengan mudah membeli BBM di POM bensin tanpa perlu membayarnya dengan uang tunai. Di samping itu, pengguna pun dapat berbelanja di banyak situs belanja favorit di Indonesia dan membayarnya dengan saldo yang ada di LinkAja. Cukup konfirmasi dengan PIN atau input kode OTP (one time password). Beberapa merchant terkenal yang telah menerima pembayaran dengan LinkAja seperti : McDonalds, Agoda, Bluebird, CGV Cinemas, Chatime, Investree, JCo, KFC, Starbuck, Steam, Bakmi GM, Berrybenka, dan masih banyak lagi.

Sebagaimana aplikasi uang digital yang ada di Indonesia, LinkAja pun dapat difungsikan untuk melunasi berbagai jenis tagihan bulanan. Tagihan kartu kredit, PDAM, listrik, BPJS kesehatan mandiri, maupun tagihan Internet dapat dibayar dari aplikasi LinkAja. Tidak hanya itu, pengguna pun dapat melakukan isi ulang pulsa hp, mengirim donasi, dan malah membeli voucher game pun dapat dilakukan. Pengguna LinkAja dipermudah saat ingin mengirim atau sebaliknya menerima kiriman uang dari orang lain. Mengirim uang ke sesama pengguna LinkAja dapat dilakukan lewat daftar kontak.

Untuk bisa melakukan transfer atau pembayaran, LinkAja harus diisi dengan saldo. Untuk top up saldo dapat dilakukan dari ATM bank dan juga mobile banking. Di samping itu, pengguna pun dapat melakukan isi saldo dari minimarket misalnya Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Circle K, Dan+Dan, Suzuya, dan FamilyMart. Jaringan kantor pos di seluruh Indonesia pun menerima isi saldo LinkAja.

Di kondisi sedang terjadinya wabah virus Corona seperti saat ini ini, sudah waktunya masyarakat berpindah dengan memilih pembayaran nontunai. Dengan transaksi tanpa menggunakan uang tunai dalam bentuk fisik maka akan lebih aman sekaligus nyaman. Ingat, saat wabah seperti ini bukan tak mungkin virus berbahaya menempel di uang kertas yang biasa digunakan. Bagi mereka yang kerap membeli barang-barang kebutuhan pokok di minimarket  misalnya Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Alfa X, Circle K, Dan+Dan, FamilyMart, Bright, dan LAWSON sudah saatnya menggunakan aplikasi LinkAja. Caranya sangat mudah, masuk ke aplikasi LinkAja di ponsel, kemudian ketuk ikon “Buat Token” dan ketikkan nomor PIN LinkAja yang dimiliki. Nah konsumen tinggal memperlihatkan token di aplikasi LinkAja tadi ke kasir supaya dipindai sebagai proses penyelesaian pembayaran.

Satu lagi yang cukup menarik dari fitur LinkAja, adalah kemudahan tarik tunai di seluruh kantor pegadaian di Indonesia. Langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menarik uang tunai dari aplikasi LinkAja di Pegadaian adalah sebagai berikut. Sebelumnya pengguna harus mengupdate akun LinkAja dari reguler ke full service. Jalankan aplikasi LinkAja di ponsel kemudian ketuk tombol barcode yang tersedia di bagian bawah. Selanjutnya ketuk tombol token, pengguna akan menerima token dengan mengetikkan PIN LinkAja. Setelah memperoleh token, langsung menuju kantor pegadaian terdekat dan tunjukkan token ke petugas di loket. Jangan lupa juga menyebutkan nomor Hape yang terkoneksi ke aplikasi LinkAja.

Berikutnya, katakan kepada petugas di loket berapa jumlah saldo LinkAja yang akan ditarik tunai. Untuk proses ini pihak pegadaian akan mengenakan biaya administrasi sebesar Rp.5.000 yang diambildari saldo di aplikasi LinkAja. Biaya admin Rp.5.000 itu dibebankan tiap kali pengguna melakukan transaksi tarik tunai. Berikutnya, pengguna harus mengecek riwayat transaksi di aplikasi LinkAja, bilamana telah terdebet, selanjutnya perlihatkan ke petugas di loket maka pengguna akan langsung diberikan uang sesuai jumlah yang diminta.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *