Apakah Tokopedia Bisa COD ? Cek Infonya
in Tokopedia

Apakah Tokopedia Bisa COD ? Cek Infonya

 

Cara pembayaran pembelian online di marketplace dengan cash on delivery (COD) atau bayar di tempat menjadi salah satu pilihan konsumen di Indonesia. Hadirnya COD didasari dari para pembeli yang masih belum percaya seratus persen dengan keamanan aplikasi marketplace. Apakah Tokopedia bisa COD?

Tokopedia adalah pilihan mal untuk berbelanja online yang nyaman sekaligus enak. Konsumen tinggal mengakses aplikasi Tokopedia dari ponsel atau website resmi dari laptop ketika akan memesan barang yang dibutuhkannya. Lazimnya sebuah transaksi pembelian online, produk yang dipesan akan dikirimkan menggunakan jasa kurir atau ekspedisi. Setelah menentukan barang yang hendak dibeli, konsumen selanjutnya melakukan pembayaran. Metode pembayaran yang disediakan Tokopedia beragam dari transfer bank, bayar di minimarket, kartu kredit dan juga bayar di tempat sebagaimana disebutkan sebelumnya.

Namun apakah Tokopedia menawarkan fitur COD kepada konsumennya? Sebenarnya sistem transaksi di Tokopedia sudah sangat aman dan fair baik bagi pembeli maupun penjual. Jadi setelah konsumen melakukan pembayaran atas barang yang dipesannya maka dana tersebut tak langsung masuk ke rekening penjual. Dana itu ditahan dulu oleh pihak Tokopedia sampai pembeli melakukan konfirmasi telah menerima barang.

Apakah Tokopedia bisa COD bagi pembeli yang ingin berbelanja namun hanya ingin bayar bila barang sudah ada di depan mata? Seperti diketahui, Tokopedia adalah marketplace besar dimana di dalamnya ada ribuan penjual dan pembeli yang bertemu untuk melakukan transaksi. Penjual dan pembeli itupun berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan bahkan dari luar negeri. Tentu sangat sulit untuk dilakukan COD.

Misalnya saja pembeli melakukan pemesanan barang dari penjual di Tokopedia. Penjual tersebut berdomisili di Jakarta sementara pembeli rumahnya ada di Cirebon. Dari situasi tersebut tentu tak mungkin untuk dilakukan COD antara penjual dan pembeli. COD hanya dimungkinkan bila penjual dan pembeli berada di satu kota yang sama. Jadi kesimpulannya, tak setiap penjual di Tokopedia menyediakan fitur pembayaran dengan COD karena kendala tadi.

Layanan COD Tokopedia secara khusus hanya tersedia bagi Mitra Tokopedia. Mitra Tokopedia adalah mereka yang sudah terdaftar sebagai Mitra dengan mengirimkan data-data pribadi. Mitra ini adalah mereka yang memiliki warung, kios, penjual pulsa, dan sebagainya.

COD alias pembayaran di tempat adalah opsi cara transaksi yang disiapkan Tokopedia namun hanya untuk Mitra. Seluruh Mitra Tokopedia yang telah dilakukan verifikasi serta berdomisili di area yang telah didukung Grosir maka bisa memanfaatkan fitur COD ini. Cara menggunakan fasilitas bayar di tempat bagi Mitra ini cukup simpel. Saat Mitra menekan tombol Checkout, maka langsung saja klik pada metode pembayaran COD, kemudian tekan tombol Bayar. Nantikan pihak pengirim mengantarkan paket kemudian serahkan uang sesuai tagihan yang tertera.

Ada beberapa ketentuan bagi Mitra dalam menggunakan fasilitas COD ini. Mitra cuma bisa memilih transaksi dengan COD paling banyak dua kali untuk setiap akun di tiap transaksi yang berlangsung. Syarat lainnya agar bisa menikmati fasilitas COD ini para Mitra hanya membuat pemesanan barang Grosir senilai Rp 50.000 dengan maksimum Rp 2.500.000. Fasilitas COD Tokopedia cuma bisa dimanfaatkan ketika Mitra melakukan pembelanjaan produk Grosir.

Sampai saat ini, transaksi COD cuma dapat diambil untuk area yang telah didukung produk Grosir. Area-area itu adalah Medan, Depok, Jakarta, Bekasi, Bogor, Tangerang, Bandung, Jogja, Palembang, Semarang, Denpasar, Banda Aceh, Cirebon, Lampung, Surabaya, Makang, Solo, Pekanbaru, Sukabumi, Makassar, Manado, Padang, Mataram, Jambi, Pontianak, dan Bengkulu.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment