Apakah Bisa Bayar Alibaba di Alfamart ?
in Alibaba

Apakah Bisa Bayar Alibaba di Alfamart ?

Alibaba merupakan pasar online yang memudahkan perusahaan maupun perorangan bisa membeli dan menjual produk secara lokal dan juga global. Prosedur cara berbelanja di Alibaba dimulai dari mencari produk yang dibutuhkan, kemudian memilih supplier verified. Melakukan kesepakatan harga dengan pemasok, jumlah pesanan minimal, hingga proses pengiriman. Kemudian untuk proses pembayaran, pilih cara pembayaran dengan risiko rendah. Apakah bisa bayar Alibaba pakai Alfamart?

  1. Membuat Akun

Buka website Alibaba kemudian login bila sudah memiliki akun. Namun bila belum, masuk ke menu pendaftaran kemudian lakukan petunjuk di layar. Pengguna tak membutuhkan ijin wholesaler saat membuat akun Alibaba. Hanya saja, bila hendak memperdagangkan produk yang dibeli dari Alibaba biasanya ada peraturan pengenaan pajak.  Misalnya barang akan dijual di Indonesia maka bisa mengecek peraturan pajaknya dengan mengakses situs resmi di www.pajak.go.id dan juga www.kemenkeu.go.id.

  1. Memilih produk yang hendak dipesan

Disediakan berbagai metode ketika konsumen hendak mencari produk di pasar grosir terbesar dunia ini. Cara termudah adalah mengetikkan kata kunci dalam kolom pencarian yang ada di halaman beranda. Klik pada “Products”, ketikkan yang dicari dalam kolom pencarian, tentukan negara, selanjutnya tekan “Search”. Konsumen pun bisa meminta permintaan penawaran (Request for Quotation, RFQ) sesuai dengan kebutuhan produk yang diinginkan. Selanjutnya bandingkan langsung dengan penawaran dari supplier lain. Tekan tombol “Submit RFQ” kemudian ketikkan kalimat permintaan di kolom yang disediakan. Ketikkan kata kunci lalu jumlah produk yang hendak dipesan di kolom yang disediakan. Konsumen pun boleh mengetikkan spesifikasi produk relevan yang lain dalam isi pesan tersebut. Di bawah isi pesan, lengkapi dengan perincian tujuan pengiriman serta cara pembayaran yang diinginkan.

  1. Cek Lencana Verifikasi supplier

Setelah menemukan supplier yang sesuai dari kolom pencarian atau menggunakan RFQ, konsumen harus membuka halaman profil supplier tersebut untuk mengecek kevalidannya. Lencana profil penting untuk memastikan jika konsumen memang bekerjasama dengan pemasok terverifikasi. Lencana Verifikasi Supplier terdiri dari beberapa macam yaitu :

  • Lencana A&V Check itu artinya supplier sudah lulus inspeksi autentikasi dan verifikasi dari Alibaba maupun layanan verifikasi pihak ketiga.
  • Lencana Onsite Check menandakan jika pegawai Alibaba sudah mengecek lokasi supplier yang berlokasi di Cina kemudian mengecek jika operasional pemasok betul-betul ada.
  • Lencana Assessed Supplier Check artinya pemasok telah mengantongi verifikasi dari layanan pihak ketiga.
  1. Hubungi supplier kemudian lengkapi formulir pesan

Yang harus dilakukan adalah mengklik tombol “Contact Supplier” kemudian ketikkan judul selanjutnya isi pesan. Pesan yang dikirim wajib memasukkan segala pertanyaan mengenai produk yang hendak dibeli sekaligus permintaan pembelian. Cara belanja di Alibaba kebanyakan dilakukan dengan bahasa Inggris, konsumen harus menuliskan pesan secara jelas dan usahakan menggunakan tata bahasa inggris yang benar. Supplier boleh jadi menggunakan fasilitas Google Translate ketika menerjemahkan pesan yang dikirim pembeli. Oleh karena itu, minimalkan kesalahan dalam kalimat-kalimat yang digunakan agar tak terjadi salah menerjemahkan.

  1. Sepakati jumlah pesanan minimal

Produk yang dipajang di Alibaba umumnya tertera harga untuk satuan. Di sana juga tercantum jumlah pesanan paling sedikit atau istilahnya minimum order quantity (MOQ). Nah, harga satuan dan MOQ bisa dibicarakan lebih lanjut dengan supplier untuk mencapai kesepakatan terbaik kedua belah pihak. Saat pembeli mengontak supplier, sedapat mugkin bernegosiasi untuk memesan MOQ di bawah yang tertera di toko. Penting juga untuk menanyakan diskon bila membeli dalam jumlah banyak.

  1. Sepakati harga dan metode pembayaran

Pembeli dan supplier bisa membicarakan harga, mata uang pembayaran ataupun cara pembayaran. Bilamana perlu, pembeli pun bisa menukarkan uang lokal ke dolar Amerika. Sementara untuk cara pembayaran, sebagian konsumen di Indonesia ada yang menanyakan apakah bisa bayar Alibaba via Alfamart? Sayang sekali, tak seperti situs belanja retail seperti Aliexpress, Tokopedia, Bukalapak, dan semacamnya yang menerima pembayaran lewat minimarket, untuk Alibaba tak dapat dilakukan. Cara pembayaran terbaik di Alibaba adalah melalui trade assurance Alibaba dan Paypal, yang berfungsi layaknya rekening bersama pihak ketiga atau rekber di Indonesia.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment