Apakah Belanja di Banggood Kena Pajak ?
in Banggood

Apakah Belanja di Banggood Kena Pajak ?

Salah satu pertanyaan yang muncul di komunikasi whatsapp saya adalah “apakah belanja atau membeli barang di Banggood kenapa pajak”. Yuk kita cari tau jawabannya.

Banggood itu apa sih ?

Secara garis besar, Banggood adalah salah satu ecommerce dari China yang memiliki keunggulan utama dalam menjual gadget terbaru yang berasal dari Negar China. Selain gadget, Banggood juga menawarkan beberapa produk elektronik, fashion serta kosmetik sebagai unggulannya.

Banggod bida ditemui di web www.banggood.com. Mereka menawarkan metode pembayaran yang cukup  beragam, yaitu melalui kartu kredit, paypal, melalui DOKU, vitual account dan alfamart.

Aturan mengenai pajak Impor

Sesuai dengan peraturan Menteri keuangan terbaru yang mulai berlaku tanggal 30 Januari 2020 yaitu PMK 199/PMK.10/2019, maka setiap barang kiriman dari luar negeri yang memiliki harga FOB diatas $3, maka akan dikanakan pajak impor.

Berapa besaran tarif pajak impor 2021 ?

Sampai dengan saat ini, Bulan April 2021, peraturan mengenai pajak impor yang digunakan masih menggunakan aturan lama tersebut diatas. Adapun besaran tarif pajaknya adalah ditentukan sebagai berikut :

  • Kategori buku, tidak dikenakan pajak, alias 0 %
  • Kategori barang Umum akan dikenakan pajak sekitar 17.5 %
  • Kategori barang Sepatu akan dikenakan pajak sekitar 42.5 – 50 %
  • Kategori barang Pakaian akan dikenakan pajak sekitar 32.5 – 45 %
  • Kategori barang Tas akan dikenakan pajak sekitar 35 – 45 %

Dimana besaran tersebut diatas, akan dihitung berdasarkan harga CIF ( Cost Insurance Freight), alias harga + ongkos kirim sampai Indonesia.

Apakah belanja di Banggood Kena pajak ?

Melihat dari uraian tersebut diatas, maka bias kita ambil kesimpulan jika kita membeli barang dari Banggood yang masuk kategori umum, sepatu, tas dan pakaian, serta memiliki harga total barang dalam satu paket diatas $3, maka sesuai aturan yang belaku, akan dikenakan pajak impor. Mengenai besaran tarif pajaknya akan dikenakan menyesuaikan dengan jenis barang yang bersangkutan. Nah jadi bisa kita ambil kesimpulan secara garis besar, bahwa belanja barang di banggood akan dikenakan pajak. Semoga bermanfaat. Salam.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment