Apakah Aman Belanja dari Alibaba.com ?
in Alibaba

Apakah Aman Belanja dari Alibaba.com ?

Banyak customer baru bertanya, apakah aman belanja di Alibaba.com ?

Alibaba.com atau disingkat dengan Alibaba adalah sebuah platform ecommerce berasal dari China besutan Jack Ma, yang saat ini telah berkembang pesat menjadi salah satu ecommerce terbesar di dunia.

Berbicara belanja di Alibaba, maka pikiran kita akan tertuju pada barang barang murah, unik buatan China. Memang tidak terlalu salah, karena disana kita akan banyak menemukan barang barang seperti itu. Walaupun sebenarnya kita juga bisa menemukan produk produk berkualitas tinggi dan berat seperti mesin industry hingga alat berat dan konstruksi.

Nah terkait dengan apakah aman belanja di Alibaba.com ?, akan kita bahas dalam posting kali ini. Sekali lagi, Alibaba adalah sebuat platform besar kelas dunia yang telah malang melintang di dunia ecommerce. Jadi tentu tidak perlu dikhawatirkan tentang reputasi dan keamanan yang ditawarkan oleh mereka. Namun demikian, seperti halnya platform media online lainnya, tentu saja tidak akan lepas dari adanya upaya orang orang yang tidak bertanggung jawab yang akan mencoba mengambil keuntungan dengan memanfaatkan platform milik Alibaba group tersebut. Orang orang yang tidak bertanggung jawab ini (penipu) akan menyaru menjadi penjual yang menawarkan barang di Alibaba dengan harga harga yang “sangat menarik” untuk mengelabuhi korbannya.

Baca : Macam macam modus penipu di alibaba

Nah, untuk menghindari hal hal yang tidak di inginkan, maka kita harus paham tentang fitur keamanan transaksi yang disediakan oleh Alibaba. Perlu diketahui sebenarnya Alibaba telah menyediakan beberapa fitur keamanan yang akan menjamin keamanan dan kenyamanan buyer yang ingin membeli barang melalui platformnya. Berikut adalah ulasannya.

Sistem Rating Seller

Alibaba menyediakan sebuah system untuk melihat sebaik apa Rating dari seorang seller. Mereka mengembangkan system yang bisa secara otomatis memberikan penilaian tentang performa seller berdasarkan jumlah transaksi, nilai transaksi, kecepatan dalam komunikasi, ketepatan waktu dalam pengiriman barang, feedback buyer dan lain lain

Bisa kita coba simak foto dibawah ini :

apakah_aman_belanja_di_alibaba

Gambar diatas merupakan system rating performance seorang seller. Kita bisa lihat berapa lama dia sudah menjadi seller di Alibaba, berapa banyak transaksinya, kecepatan seller dalam merespon pertanyaan pembeli, rating ketepatan pengiriman barang, dan lain lain. Semakin tinggi rating yang diperoleh seorang seller, maka semakin baik juga performance dia, dan semakin bisa dipercaya.

Baca juga : 13 cara melihat profil seller yang baik di Alibaba.

Sistem pembayaran melalui Trade Assurance Alibaba

Trade assurance adalah sebuah fasilitas yang disediakan Alibaba untuk melakukan transaksi pembayaran, dimana Alibaba akan menjadi pihak yang menjamin keamanan transaksi antara penjual dan pembeli. Sistem ini secara awam kita kenal sebagai system rekening Bersama yang saat ini banyak di gunakan oleh marketplace di Indonesia.

Dengan melakukan pembayaran melalui trade assurance Alibaba, maka uang akan ditahan oleh pihak Alibaba sampai jangka waktu tertentu yang ditentukan oleh Alibaba, sehingga transaksi berjalan dengan aman.

Jika anda ingin membeli barang di Alibaba, maka selalu gunakan metode pembayaran melalui trade assurance ini. Di trade assurance Alibaba ini, kita bisa melakukan pembayaran menggunakan Kartu kredit, paypal maupun transfer bank, yang semuanya mendapatkan jaminan keamanan transaksi dari Alibaba.

Sistem Feedback dari Pembeli

Alibaba juga menyediakan system feedback dari pembeli yang diberikan kepada penjual sebuah barang. Jadi jika kita tertarik untuk membeli sebuah barang, kita bisa melihat sejauh mana feedback yang diberikan pembeli lain yang telah membeli barang tersebut atau telah bertransaksi dengan penjual tersebut. Jika feedback yang diberikan oleh pembeli lain mayoritas baik, maka anda bisa memutuskan untuk membeli barang di seller tersebut atau tidak.

Melihat penjelasan tersebut diatas, bisa kita ambil kesimpulan bahwa belanja di Alibaba itu secara umum adalah aman selama kita mengikuti rule atau aturan yang disediakan oleh Alibaba. Alibaba sendiri adalah sebuat platform besar yang tentu sudah merancang system keamanan transaksinya sedemikian rupa, supaya berjalan denga naman dan lancar. Jika ternyata ada kasus penipuan, maka seperti saya jelaskan diatas, itu adalah ulah orang orang yang tidak bertanggung jawab yang sengaja masuk ke Alibaba untuk menipu orang yang tidak paham dengan cara bertransaksi yang aman.

Nah, itulah ulasan kita mengenai pertanyaan apakah aman belanja di Alibaba.com ?. Jika anda tertarik ingin membeli barang di Alibaba dan masih bingung bagaimana cara membayar dan mengirimkannya denga naman ke Indonesia, silahkan menghubungi kami. Akan kami pandu dan bantu dari awal sampai barang diterima. Salam sukses.

whatsapp_rajabeli.com

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment