Apa itu UNiswap dan Bagaimana Membelinya ?
in Crypto

Apa itu UNiswap dan Bagaimana Membelinya ?

Uniswap (UNI) adalah istilah yang semakin sering disebut dalam industri kripto. Apa sebenarnya Uniswap itu? Uniswap lebih dari sekedar token ERC20. Uniswap pada dasarnya adalah protokol DEX pada blockchain Ethereum, sebagai solusi untuk masalah likuiditas di platform atau pertukaran yang terdesentralisasi.

Mengenal Decentralized Exchange

Decentralized Exchange (DEX) adalah varian terdesentralisasi dari pertukaran cryptocurrency “normal”. Pengguna pun dapat membeli dan menjual crypto di bursa terdesentralisasi, seperti yang dapat dilakukan di bursa sentral atau normal. Perbedaan utamanya adalah pengguna berada di bursa sentral pada platform yang dikelola secara terpusat. Dengan pertukaran terdesentralisasi, platform sebenarnya bukan milik siapa pun, tidak ada perantara. Ada berbagai kendala yang dihadapi sistem DEX, salah satunya adalah masalah likuiditas sebuah platform.

Harus ada likuiditas yang cukup untuk membuat atau menjaga platform tetap menarik bagi pengguna, meski itu tidak selalu mudah. Karena kendala itulah, Uniswap datang. Uniswap memastikan bahwa masalah likuiditas diselesaikan dengan memungkinkan pertukaran tersebut untuk bertukar token tanpa perantara. Mereka melakukan itu melalui pertukaran token dalam kumpulan likuiditas (liquidity pools).

Uniswap

Uniswap adalah protokol token ERC20 terdesentralisasi di mana Anda dapat menukar token ERC20 apa pun dengan token ERC20 lainnya. Uniswap menggunakan semacam kumpulan likuiditas untuk itu. Kumpulan likuiditas semacam itu berisi sejumlah Ethereum dan sejumlah token ERC20 lainnya. Kumpulan itu dibuat karena orang dapat berpartisipasi dalam kumpulan likuiditas itu sendiri dan kemudian mendapatkan penghasilan darinya. Dengan menggunakan kumpulan tersebut, pengguna dapat menukar token mereka (atau menerapkan pertukaran token) dengan biaya yang sangat rendah, yaitu 0,3%. Dengan cara ini setiap orang dapat menukarkan token mereka dengan token lain dengan sangat cepat dan murah, tanpa perlu pihak lain. Liquidity pools memastikan bahwa platform selalu memiliki likuiditas yang cukup dan dapat dengan mudah menukar token berbayar melalui protokol pada saat terjadi kelangkaan.

Berkat adanya otomatisasi mekanisme pembuatan pasar, protokol Uniswap akan memberikan insentif aktivitas yang mengurangi risiko dan juga mengurangi biaya bagi setiap pihak yang terlibat. Sistem tersebut pun meniadakan syarat-syarat pemberian data diri pengguna, sehingga secara teknis siapa saja bisa membuat kumpulan likuiditas untuk pair token apa saja.

Untuk memastikan bahwa harga selalu ditentukan berdasarkan kenyataan, Uniswap menggunakan persamaan tetap:

x * y = k.

X dalam rumus itu mewakili jumlah token Ethereum, lalu y mewakili token ERC20 dalam kumpulan likuiditas. K adalah nilai konstanta. Jadi perbandingan konstan ini selalu melihat jumlah satu token dalam kaitannya dengan token lainnya, untuk menentukan harganya. Uniswap akan menyeimbangkan nilai token dan fluktuasi harganya. Jadi, harga token di Uniswap berubah murni ketika transaksi dilakukan di platform Uniswap.

Fitur Penting Uniswap

Anda dapat melakukan beberapa hal berikut dengan Uniswap:

  • Tukar Ethereum atau token ERC20 lainnya : Opsi pertama ini paling banyak digunakan di Uniswap, yaitu pertukaran token. Misalnya pengguna berada dalam situasi memiliki banyak token MKR dan ingin menukarnya dengan Ethereum. Maka Uniswap adalah tempat yang dibutuhkan. Uniswap telah membuat fitur khusus pertukaran token Uniswap di mana pengguna dapat dengan mudah memilih token mana yang ingin mereka tukarkan dengan yang lain.
  • Kirim token Ethereum atau ERC20 ke dompet ERC20 untuk disimpan atau dikirim ke pengguna lain : Selain menukar token, Anda juga dapat menggunakan Uniswap untuk mengirim token ke dompet digital atau alamat tertentu. Uniswap memungkinkan untuk menautkan dompet digital berbeda ke Uniswap dan juga dapat memasukkan alamat dompet digital secara manual.
  • Berpartisipasi dalam liquidity pools : Fungsi terbaik dari Uniswap mungkin adalah peluang berpartisipasi dalam liquidity pools dan kemudian memperoleh fee untuk itu. Itu bisa disebut pendapatan pasif. Setiap swap melalui Uniswap membebani pengguna dengan biaya swap sebesar 0,3%. Karena Uniswap adalah solusi DeFi dan karena itu dikoordinasikan secara desentralisasi, 0,3% ini sepenuhnya diberikan kepada investor dari kumpulan likuiditas. Oleh karena itu, swap ini terjadi dalam kumpulan likuiditas dari kombinasi yang relevan dan setiap orang yang berkontribusi pada kumpulan likuiditas ini selanjutnya menerima kompensasi yang proporsional. Jadi misalkan kita mengambil swap dari MKR ke Ethereum. Kemudian swap terjadi di dalam kumpulan likuiditas MKR/ETH. Misalnya, jika Anda telah menginvestasikan total 0,5% dari total kumpulan likuiditas tersebut, Anda akan menerima 0,5% dari 0,3% untuk setiap swap yang dilakukan. Semakin besar bagian dalam kumpulan likuiditas, semakin besar persentase yang akan Anda terima dari biaya swap sebesar 0,3%. Sejauh menyangkut transaksi itu sendiri, sebagian dari satu token dilepas dan Anda mendapatkan jumlah yang sama dari token lainnya. Dalam praktiknya, karena itu mungkin ketika Anda menginvestasikan 100 euro di ETH dan 100 euro di MKR dalam kumpulan likuiditas, setelah beberapa saat Anda hanya memiliki 80 euro di ETH dan 120 euro di MKR dalam portofolio Anda. Secara teori, ini bisa menjadi masalah ketika harga MKR turun drastis dan Anda merugi dari total harga meskipun Anda mendapatkan penghasilan gratis.

Harga Uniswap

Sebagai mata uang yang diperdagangkan, harga Uniswap pun mengalami fluktuasi. Naik dan turun itu wajar. Misalnya harga Uniswap pada 18 Oktober 2021 terkoreksi 2,31 % sehingga berada di harga Rp.368.273 per token. Fluktuasi harga Uniswap sendiri di hari itu untuk terendah di posisi Rp.353.381 dan tertinggi di angka Rp.381.380. Volume perdagangan mencapai Rp.5.176.261.736.136.

Jumlah suplai token Uniswap, UNI sebesar 1 miliar unit. Seluruhnya akan ada dalam waktu empat tahun. Sesudah itu Uniswap akan mengadopsi “tingkat inflasi terus-menerus” sebanyak 2% demi menjaga partisipasi jaringan. Sementara penyebaran token saat ini meliputi: 60% dimiliki anggota komunitas Uniswap, terdiri dari 21,51% anggota tim, 17,8% untuk investor, dan 0,69% untuk penasihat. Tiga distribusi terakhir akan dijalankan mengikuti jadwal vesting empat tahun.

Untuk membeli Uniswap, pengguna dapat melakukannya di layanan exchange atau pertukaran mata uang kripto. Di Indonesia, masyarakat bisa menggunakan Indodax atau Luno sebagai platform jualbeli Uniswap. Cara daftar Indodax, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Download Indodax Apps dari Play Store untuk dipasang di smartphone.
  • Jalankan aplikasinya untuk melakukan pendaftaran pembukaan akun. Klik pada tombol Daftar sebagai langkah menyiapkan akun baru.
  • Ketikkan Username, e-mail, kata sandi dan No. ponsel. Kemudian berikan tanda centang untuk persetujuan Syarat dan Ketentuan lalu pilih tombol “Saya Setuju”. Selanjutnya ketuk tombol Buat Akun.
  • Pemohon harus melakukan verifikasi e-mail dengan mengklik tautan dalam e-mail yang diterima dari Indodax.
  • Login memakai e-mail dan kata sandi yang baru saja diregistrasikan.
  • Pemohon pun harus melakukan konfirmasi No. ponsel dari SMS yang diterima dari Indodax dengan cara mengetikkan PIN SMS yang dikirimkan.
  • Pemohon kini sudah resmi menjadi anggota Indodax.com dan siap untuk melakukan trading mata uang kripto.

 

 

 

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment