Apa itu Tokopedia Seller Center ?
in Tokopedia

Apa itu Tokopedia Seller Center ?

Potensi bisnis dengan berjualan di Tokopedia memang menggiurkan. Betapa tidak, situs belanja lokal ini memiliki lebih dari 90 juta pengunjung aktif yang sedang mencari aneka produk untuk dibeli. Terlebih, kini ada banyak fitur berguna, salah satunya adalah Tokopedia Seller Center. 

Tokopedia Seller Center adalah fitur yang disediakan situs belanja terbesar di Indonesia ini dalam memudahkan para penjual mengelola penjualan produk yang dijualnya. Berkat tersedianya Tokopedia Seller Center, para penjual bisa menaikkan tingkat penjualan sekaligus mengurus toko hanya dari satu tempat.

Fitur Tokopedia Seller Center

Tokopedia Seller Center juga memfasilitasi penjual untuk mengelola konsep promosi, produk, penjualan hingga membuat laporan keuangan toko. Ada banyak fitur tersedia di Tokopedia Seller Center yaitu :

  • Manajemen produk, dimana seller bisa merancang informasi lengkap produk yang hendak dipasarkan mulai dari harga, deskripsi produk, ketersediaan, pilihan ukuran, berat dan sebagainya. Penjual tak akan kerepotan lagi dalam menyusun etalase tokonya sebab sudah tersedia platform yang akan memudahkan untuk itu.
  • Fitur Chat dimana seller bisa berkomunikasi dengan pelanggan dari sini. Seller bisa menanggapi saat itu juga berbagai pertanyaan yang diajukan konsumen cukup dari fasilitas ini.
  • Berdiskusi, opsi ini dapat dimanfaatkan seller dalam mengumpulkan pertanyaan yang dikirimkan konsumen seputar produk yang hendak dipesan. Ini juga berguna untuk mengetahui bagaimana selera pasar yang sedang tren.
  • Manajemen penjualan, jadi penjual bisa mengecek dan mengelola penjualan dari fitur ini, misalnya pesanan yang masuk, pesanan yang tengah diproses maupun pesanan yang telah tuntas.
  • Fitur Statistik dimana penjual bisa memonitor statistik produk, penjualan maupun pembeli. Berkat tersedianya fasilitas ini maka seller bisa memaksimalkan penjualan sekaligus menentukan konsep promosi toko supaya makin populer dan disukai oleh konsumen. Pun bisa menambah variasi item produk yang memang sedang dicari konsumen.
  • Menu Search, difungsikan dalam menemukan penjelasan mengenai Tokopedia Seller Center misalnya fasilitas, layanan, penjualan dan sebagainya.
  • Menu Buat Voucher Sendiri, difungsikan dalam membuat voucher untuk ditawarkan di item yang hendak dijual. Dalam menu tersebut penjual bisa menetapkan jangka waktu promo, tipe promo, maupun anggaran yang akan dialokasikan. Menu voucher ini dapat dimanfaatkan penjual menjadi strategi promo toko sehingga akan ada banyak pengunjung yang berminat untuk membeli. Penjual bisa mengelola voucher yang hendak diaktifkan, voucher yang ada meliputi : Voucher Public yaitu voucher yang yang bisa diaktifkan oleh setiap pengunjung. Sementara Voucher Khusus yaitu voucher untuk pembeli tertentu saja.
  • Menu rating, penjual bisa memonitor rating secara mudah dari menu Ulasan. Rating cukup penting dalam memastikan reputasi toko sebab Faktor tersebut akan menentukan juga keinginan konsumen akan barang yang ditawarkan di toko.

Membuat Voucher di Tokopedia Seller Center

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, voucher yang ditawarkan kepada pengunjung biasanya akan bisa mendongkrak penjualan toko. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Akses menu Iklan & Promosi di Tokopedia Seller Center.
  • Kemudian tekan menu Voucher Cashback.
  • Selanjutnya tekan menu Buat Voucher, tentukan sasaran voucher, lantas lengkapi nama voucher kemudian tekan tombol Lanjutkan.
  • Berikutnya penjual bisa menentukan tipe cashback boleh berupa Rupiah atau Persen. Input berapa nilai cashback, minimal pembelian lalu juga jatah cashback yang tersedia. Selanjutnya tekan tombol Lanjutkan.
  • Tetapkan waktu voucher aktif, tentukan tanggal dimulai serta tanggal berakhir dimana periode paling lama adalah 30 hari.
  • Beres, penjual tinggal mengecek lagi voucher yang sudah dibuatnya tadi. Bila sudah mantap, penjual bisa meneruskan prosesnya, tekan ikon Tambah Voucher dan Bagikan Sekarang.

Seller bisa mengelola voucher yang hendak ditawarkan dalam promo. Umpamanya menentukan promo Voucher Cashback. Voucher Cashback akan memudahkan konsumen memperoleh pengembalian uang langsung dengan mengurangi nominal uang yang diperoleh pedagang dengan besaran sama.

Tokopedia Seller Center memang menjadi salah satu fitur yang menarik bagi pedagang. Ini pun sangat berguna untuk para pemula yang ingin merintis bisnis dengan berjualan di Tokopedia.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment