Apa Itu Tokopedia Prakerja ? Penjelasan dan Prosedurnya
in Tokopedia

Apa Itu Tokopedia Prakerja ? Penjelasan dan Prosedurnya

Progam Kartu Prakerja merupakan program khusus yang diluncurkan pemerintah dalam hal ini Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Program ini akan memberikan dukungan biaya pelatihan maupun insentif kepada para pekerja yang terkena PHK, pencari kerja, UMKM, masyarakat yang menderita penurunan daya beli gegara pandemi Covid-19. Program ini pun terbuka untuk mereka yang ingin meningkatkan kompetensi.

Program Kartu Prakerja dapat diikuti oleh siapa saja selain pegawai negeri sipil atau aparat pemerintahan. Syarat-syarat yang harus dipenuhi adalah : WNI, umur lebih dari 18 tahun, dan tak sedang mengikuti pendidikan formal. Pemerintah meluncurkan Kartu Prakerja bekerjasama dengan 10 mitra resmi platform digital dan pembayaran. Salah satu platform digital itu adalah Tokopedia yang menghadirkan Tokopedia Prakerja.

Apa Itu Tokopedia Prakerja

Prosedur mendaftar sebagai peserta Kartu Prakerja tidaklah sulit. Pertama-tama, masyarakat harus melakukan pendaftaran baik secara online di prakerja.go.id atau secara online di dinas tenaga kerja atau lembaga lain yang diadakan untuk membantu proses pendaftaran. Data yang harus diinput pada saat pendaftaran adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga, dan foto KTP. Peminat pun harus menyelesaikan rangkaian seleksi yang diselenggarakan secara online dimana hasilnya akan diberitahukan lewat situs Prakerja dan juga SMS ke nomor peserta.

Proses selanjutnya bila sudah lolos sebagai peserta Kartu Prakerja yaitu memilih lembaga pelatihan vokasi yang tersedia. Menyelesaikan tahap pelatihan yang telah dibeli sebelumnya. Bila memang pelatihan yang dilakukan telah tuntas diselesaikan maka peserta akan memperoleh sertifikat yang tercetak secara digital. Para peserta yang telah menuntaskan pelatihan pertama pun harus memberikan review sekaligus juga rating kepada platform digital dimana ia membeli pelatihan. Tak ketinggalan, peserta pun dapat menyelesaikan survei kebekerjaan. Untuk semua proses tersebut, para peserta akan mendapatkan insentif dana yang totalnya mencapai Rp.2.550.000.

Pelatihan lewat Program Kartu Prakerja dengan struktur dan sistem yang tertata rapi akan sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan sumber daya manusia sehingga menjadi manusia yang andal dan mampu mengikuti kemajuan zaman. Dengan mengikuti pelatihan maka para peserta dapat mempelajari pengetahuan, keahlian maupun skill  yang diperlukan sebagai salah satu komponen memperbaiki kompetensi kerja.

Program Kartu Prakerja bermitra dengan marketplace Tokopedia yang akan memfasilitasi peserta makin mudah membeli kelas pelatihan via online. Apa itu Tokopedia Prakerja? Tokopedia adalah platform digital sebagai sarana dalam melakukan jual beli secara online. Aplikasi Tokopedia banyak digunakan masyarakat Indonesia yang terinstal di smartphone. Dengan aplikasi tersebut maka mereka yang lolos sebagai peserta kartu Prakerja dapat memilih dan membeli pelatihan yang dikehendaki cukup dari aplikasi Tokopedia.

Langkah-Langkah Membeli Pelatihan di Tokopedia Prakerja

Setiap peserta kartu Prakerja diharuskan untuk membeli pelatihan pertama mereka dalam waktu 30 hari setelah menerima dana pelatihan sebesar Rp.1 juta. Salah satu platform yang dapat digunakan adalah aplikasi Tokopedia. Langkah-langkah membeli pelatihan di Tokopedia Prakerja adalah sebagai berikut :

  • Jalankan aplikasi Tokopedia di ponsel atau laptop dan login menggunakan akun yang dimiliki. Peserta harus memastikan bahwa no Hp yang didaftarkan di Tokopedia sudah terverifikasi.
  • Selanjutnya, dari kolom pencarian ketikkan “kartu prakerja” dan tekan tombol cari atau ikon kaca pembesar.
  • Dari halaman yang ditampilkan, peserta bisa memilih kategori pelatihan kemudian menentukan pula lembaga pelatihan yang dikehendaki.
  • Tekan tombol “detail” pada kelas yang diinginkan. Peserta akan disajikan halaman yang berisi penjelasan lengkap mengenai pelatihan tersebut dan juga prosedur menukarkan kode voucher yang didapatkan setelah membeli dari Tokopedia.
  • Bila telah menemukan kelas yang diinginkan dan sudah mantap, tekan tombol “beli”. Bila memang memiliki kode promo, jangan lupa untuk diinput agar mendapatkan diskon.
  • Langkah selanjutnya, tekan tombol “lihat semua” di menu Pilihan Pembayaran. Ketuk opsi Kartu Prakerja di bagian program pemerintah.
  • Tahap berikutnya, ketikkan nomor kartu Prakerja yang dimiliki. Nomor tersebut terdiri dari 16 digit angka yang dapat dilihat di dashboard akun Prakerja. Jangan lupa untuk menyelesaikan verifikasi dengan memasukkan kode yang dikirimkan ke nomor Hp yang terdaftar.
  • Begitu tahap pembelian berhasil, peserta dapat melihat kode voucher dengan masuk ke halaman “Histori Transaksi Top Up dan Tagihan”. Bisa juga peserta mengeceknya dari email terdaftar yang dikirimkan ke peserta.
  • Selesaikan penukaran kode voucher dengan mengikuti tatacaranya di halaman Kelas atau lembaga yang telah dibeli vouchernya.
  • Bila kode voucher berhasil ditukarkan maka mulai saat itu peserta kartu Prakerja sudah dapat mulai mengikuti kelas pelatihan yang dibelinya.
  • Jangan lupa, peserta pelatihan pun harus mengisi review dan memberikan rating dari kelas yang telah diikutinya. Caranya, ketuk tombol “tulis ulasan” di halaman “Histori Transaksi Top Up dan Tagihan”.
  • Peserta kartu Prakerja diberikan kesempatan membeli pelatihan selanjutnya bila pelatihan pertama sudah dirampungkan jika memang masih ada dana pelatihan yang tersisa.
RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment