Apa itu ShopeePinjam, Berikut Penjelasannya
in Shopee

Apa itu ShopeePinjam, Berikut Penjelasannya

Tren pinjaman online di Indonesia makin marak bak cendawan di musim hujan. Sudah ada ratusan perusahaan financial technology (fintech) yang bermain di dalamnya dalam menawarkan pinjaman mudah kepada konsumen. Shopee tak puas hanya menangani situs belanja, belum lama ini mereka pun terjun ke sektor pinjol dengan meluncurkan ShopeePinjam. Apa itu ShopeePinjam?

Mengenal ShopeePinjam

Yaitu pinjaman uang cash yang tersedia di aplikasi Shopee. Layanan ini adalah bentuk kongsi antara Shopee dengan PT LENTERA DANA NUSANTARA sebagai penyedia dana. Kolaborasi tersebut serupa dengan KTA Asetku dalam aplikasi Akulaku yang bekerjasama dengan PT Pintar Inovasi Digital. Limit pinjaman yang diberikan cukup lumayan. Untuk penjual ditawarkan hingga Rp.5 juta sementara pembeli bisa menikmati hingga Rp.3 juta.

Registrasi ShopeePinjam

Agak disayangkan ShopeePinjam sementara ini cuma berlaku bagi pengguna terpilih. Pengguna dapat mengaktifkan ShopeePinjam cuma jika menerima tawaran dalam bentuk adanya menu baru “ShopeePinjam” di aplikasi Shopee yaitu pada tab “Saya”. Langkah-langkah bila menu ShopeePinjam muncul adalah sebagai berikut :

  • Dari aplikasi Shopee, ketuk tab “Saya” kemudian ketuk opsi “Shopee Pinjam” dari daftar.
  • Ketuk ikon “Aktifkan Sekaranng”.
  • Input nomor Hp bila memang belum ada nomor Hp yang terkait ke aplikasi Shopee. Selanjutnya ketikkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor Hp tersebut.
  • Ketikkan dua nama beserta nomor Hp mereka sebagai langkah untuk melengkapi kolom kontak darurat.
  • Selesaikan verifikasi wajah dengan tool yang telah tersedia.
  • Apabila permohonan registrasi disetujui maka otomatis ditampilkan notifikasi berisi ucapan selamat dan informasi limit pinjaman yang bisa digunakan.

Bilamana pada aplikasi Shopee belum keluar tombol “ShopeePinjam”, artinya pengguna belum beruntung. Tak ada langkah yang dapat diambil supaya pengguna bisa terpilih. Boleh jadi terpilih tidaknya pengguna mendapatkan fasilitas Shopee Pinjam dilakukan sistem Shopee.

Suku Bunga Shopee Pinjam

ShopeePinjam menentukan besarnya suku bunga atas pinjaman yang diambil pengguna adalah 2,45% / bulan. Shopee Pinjam pun memungut biaya penanganan hingga 3% per transaksi. Sementara biaya keterlambatan pembayaran dibebankan sebesar 5% dari total angsuran tertunggak. Berikut kalkulasi besarnya bunga Shopee Pinjam bila pengguna mendapatkan pinjaman sebanyak Rp.1.000.000.

Pinjaman Shopee Pinjam dengan Tenor 2 bulan :

Dana yang diperoleh : Rp.990.000

Biaya Transaksi : Rp.10.000

Bunga : Rp.78.964

Angsuran per bulan : Rp.539.482

Pinjaman Shopee Pinjam dengan Tenor 3 bulan :

Dana yang diperoleh : Rp.990.000

Biaya Transaksi : Rp.10.000

Bunga : Rp.118.593

Angsuran per bulan : Rp.372.865

Fasilitas pinjaman dari Shopee ini menentukan charge transaksi sebesar 1% dari jumlah hutang. Besarnya suku bunga 5 % per bulan mungkin masih normal karena prosedur pengajuannya yang simpel dimana dana dapat diperoleh dengan cepat.

Cara Mengajukan Pinjaman di ShopeePinjam

Bila memang beruntung mendapatkan fitur ini pengguna harus tahu cara mengajukan pinjaman. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Jalankan aplikasi Shopee kemudian pilih menu ShopeePinjam. Tombol ShopeePinjam terdapat dalam pilihan menu di tab “Saya”.
  • Di halaman Shopee Pinjam, ketuk ikon “Ajukan”.
  • Tetapkan nominal pinjaman yang caranya menggeser slider lalu tentukan tenor yang diinginkan.
  • Isikan Bank tujuan transfer dengan pilihannya adalah bank BNI, BCA, Mandiri dan bank BRI. Harus diperhatikan bahwa nama yang tertera dalam rekening bank itu wajib sama dengan nama yang dipakai untuk pendaftaran di ShopeePayLater.
  • Cek detil kalkulasi pinjaman yang hendak diambil diantaranya jumlah yang akan diterima, suku bunga yang dikenakan serta jumlah angsuran yang mesti dibayarkan setiap bulan.
  • Apabila telah yakin bahwa data-data tadi benar, ketuk saja tombol “Ajukan Sekarang”.
  • Proses pengajuan selesai dan uang akan ditransfer ke nomor rekening yang terdaftar tadi. Dana akan masuk ke rekening segera atau paling lama dalam dua hari kerja.

Pembayaran cicilan ShopeePinjam biasanya paling lambat tanggal 5 tiap bulannya. Kalau misalnya pengajuan pinjaman dimohonkan 8 September 2020, berarti angsuran pertama mesti dilunasi paling telat 5 Oktober 2020. Angsuran selanjutnya 5 November dan angsuran terakhir 5 Desember 2020.

Hanya saja jika pinjaman diperoleh 10 hari sebelum tanggal jatuh tempo (tanggal 5), tagihan akan diberikan pada periode berikutnya. Bilamana pengajuan pinjaman masih dalam proses maka konsumen tak dapat mengajukan pinjaman baru. Pengguna boleh membuat pengajuan pinjaman lagi begitu pinjaman sebelumnya telah dilunasi dan masih punya sisa limit pinjaman.

Shopee dan Modalku pun telah menjalin kerjasama untuk menawarkan solusi pendanaan bagi UMKM atau penjual di Shopee. Pinjaman modal tersebut bisa didapatkan dengan prosedur yang simpel. Pinjaman usaha tanpa agunan tersebut diluncurkan dalam ikut serta memfasilitasi UMKM agar bisa menambah penjualan produknya. Penjual dapat memperoleh pinjaman modal usaha tanpa agunan yang besarannya mulai Rp.5 juta sampai Rp.250 juta. Suku bunga yang ditawarkan pun murah dengan proses paling lama hanya 3 hari kerja dan dana sudah cair.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment