Apa itu Prakerja Bukalapak dan Benefit yang Didapatkan
in Bukalapak

Apa itu Prakerja Bukalapak dan Benefit yang Didapatkan

Kartu Prakerja merupakan langkah kemitraan antara Bukalapak dan beberpa mitra lain dengan pemerintah dalam menjalankan program bantuan untuk masyarakat yang membutuhkan. Dengan kartu itu maka setiap peserta dapat menggunakannya untuk membeli voucher pelatihan di Bukalapak. Apa itu Prakerja Bukalapak?

Mengenal Prakerja Bukalapak

Program Kartu Prakerja sendiri diluncurkan pemerintah sebagai langkah peningkatan kompetensi kerja yang bertujuan memperkuat produktivitas dan daya saing para pekerja di Indonesia. Program Kartu Prakerja akan memberikan dukungan biaya pelatihan kepada setiap peserta yang lolos seleksi sebesar Rp.1 juta ditambah insentif Rp.600 ribu selama 4 bulan masih ditambah Rp.150 ribu survei kebekerjaan tiga kali.

Setiap warganegara yang memenuhi syarat yaitu berusia setidaknya 18 tahun dan tak sedang menempuh sekolah atau kuliah, bukan sebagai PNS atau pegawai pemerintah, tidak menerima bentuk bantuan lain seperti Bansos atau Bantuan Subsidi Upah. Program ini cuma bisa didapatkan sekali seumur hidup bagi setiap peserta. Bagi masyarakat yang tertarik dengan program peningkatan skill gratis ini, silahkan mengakses situs resmi Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id untuk mendapatkan penjelasan lebih jauh.

Pendaftaran Kartu Prakerja dapat dilakukan secara online maupun offline. Pendaftaran online hanya dapat dilakukan di website resmi Prakerja dengan menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga, nomor Hp dan foto KTP. Pendaftaran bagi mereka yang kesulitan secara online juga difasilitasi secara offline dengan mendatangi kantor dinas tenaga kerja setempat. Di sana para petugas akan membantu masyarakat untuk mendaftarkan secara online ke situs resmi Prakerja. Akan ada semacam tes dalam proses pendaftaran tersebut.

Bagi mereka yang memenuhi syarat, maka akan ada pemberitahuan yang dikirim melalui SMS ke nomor Hp yang terdaftar. Peserta pun bisa mengecek secara langsung di akun situs resmi Prakerja. Sampai saat ini program ini telah berjalan hingga gelombang 10 dengan jumlah peserta yang diterima mencapai 5,3 juta orang. Direncanakan akan dibuka gelombang 11 melihat begitu besarnya minat masyarakat akan program yang satu ini.

Prakerja Bukalapak sendiri menyediakan sekitar 100 kelas yang dapat dipilih oleh peserta. Ada banyak pelatihan-pelatihan menarik sesuai dengan minat peserta seperti : Bagaimana Memulai 6 Usaha Jajanan Khas Indonesia, Bahasa Inggris Khusus Front Office, Bahasa Mandarin Bisnis untuk Pemula, Bekerja Ala Developer dengan GitHub, Belajar Digital Marketing Sampai Mahir, Belajar Membuat Komik, dan tentu saja masih banyak pelatihan menarik lainnya.

Cara Membeli Kelas Pelatihan Prakerja Bukalapak

Bukalapak adalah salah satu mitra dalam program ini yang menyediakan kemudahan dalam pembelian kelas belajar atau pelatihan. Untuk cara membeli kelas pelatihan Prakerja Bukalapak setiap peserta harus sudah memiliki akun di Bukalapak terlebih dulu. Akun tersebut pun harus sudah terverifikasi. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Di layar depan aplikasi atau situs Bukalapak, peserta bisa pilih Kartu Prakerja atau ketuk ikon Semua Menu, lalu ketuk tombol Kartu Prakerja.
  • Peserta akan dibawa menuju halaman Kartu Prakerja. Peserta bisa membaca atau membuka berbagai menu misalnya halaman Pendaftaran Prakerja, halaman Tutorial Prakerja, atau mencari Voucher Belajar yang sesuai kebutuhan. Di langkah ini peserta harus memilih kelas belajar yang dikehendaki.
  • Peserta bisa mengetahui penjelasan mendetil dari kelas belajar yang diambil. Bila ingin meneruskan membeli kelas tersebut, ketuk saja tombol Lanjut.
  • Selanjutnya ketikkan Nomor Kartu Prakerja yang dimiliki. Jadi setiap yang lolos dalam program ini akan mendapatkan nomor kartu Prakerja. Nomor tersebut terdiri dari 16 digit angka yang dapat dilihat di dashboard akun di situs Prakerja.
  • Jika data yang ada sudah betul, tekan tombol Bayar dengan Kartu Prakerja lalu tekan tombol Ya. Berikutnya klik tombol pembayaran sebagai konfirmasi.
  • Input kode OTP yang dikirim ke nomor Hp yang terdaftar di akun Bukalapak. Selanjutnya tekan tombol Verifikasi.
  • Bilamana berhasil menyelesaikan transaksi, peserta bisa mengecek detil pembelian kelas pelatihan tersebut dengan masuk ke halaman Informasi Transaksi. Peserta pun bisa menemukan kode voucher, mengkopi kode voucher, atau mengakses tautan ke situs lembaga pelatihan yang dipilih tersebut.

Manfaat Kartu Prakerja bagi Peserta

Sebagai salah satu program unggulan pemerintah, Kartu Prakerja tentu menawarkan banyak kelebihan dan manfaat bagi para peserta yang diantaranya :

  1. Kerja makin efektif

Pekerja yang terlatih dinilai akan makin ahli dalam memanfaatkan bahan dan peralatan kerja secara lebih baik dan ekonomis. Kecuali itu, resiko kecelakaan maupun kerusakan alat lebih jarang terjadi jika dipegang pekerja terlatih. Biaya produksi per unit pun menurun sehingga makin menguntungkan perusahaan.

  1. Produktifitas meningkat

Pekerja terlatih biasanya lebih bisa meningkatkan produktivitas dengan hasil kerja yang lebih berkualitas dibanding pekerja tak terlatih. Dengan mendapatkan pelatihan maka pekerja akan makin meningkat keterampilannya ketika menangani pekerjaan tertentu. Output perusahaan dalam hal  kuantitas dan kualitas pun meningkat.

  1. Penguasaan prosedur standar

Sudah banyak perusahaan yang membuat standar tinggi dalam hal kinerja. Karenanya kini banyak perusahaan yang mencari pegawai terampil atau punya pengalaman pelatihan sehingga mampu mewujudkan target yang dibebankan.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment