Apa itu Power Seller Tokopedia dan Fasilitas yang Ditawarkan
in Tokopedia

Apa itu Power Seller Tokopedia dan Fasilitas yang Ditawarkan

 

Pilihan profesi yang menawarkan penghasilan besar di masa pandemi corona seperti saat ini salah satunya adalah berjualan di marketplace. Tokopedia menawarkan peluang kepada siapa saja berjualan di tempatnya. Di Tokopedia penjual dibedakan menjadi seller biasa dan power seller.

Power Seller Tokopedia

Power Seller Tokopedia atau Power Merchant yaitu tipe penjual di Tokopedia yang ditandai dengan badge khusus. Dengan badge Power Seller tersebut maka akan  meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap penjual tersebut. Power Merchant bisa didapatkan penjual dengan membayar iuran layanan senilai 1% dari tiap barang yang berhasil dijual. Menjadi penjual Power Seller Tokopedia maka mereka pun dapat menikmati fitur-fitur premium yaitu :

  1. Gratis ongkos kirim

Bebas Ongkir adalah bentuk promosi yang sangat disukai konsumen. Sesuai data Tokopedia hingga April 2020, penjualan di lapak yang menawarkan promo Bebas Ongkir telah tumbuh sampai 50% bila dibanding lapak yang tak menyediakan Bebas Ongkir.

  1. Broadcast Chat Promo

Penjual pun berhak untuk menikmati kuota Broadcast Chat gratis setiap bulan. Menggunakan fitur Broadcast Chat maka penjual dapat mengirimkan notifikasi otomatis ke inbox pengunjung. Penjual dapat menentukan sasaran penerima pesan apakah itu : followers toko, konsumen potensial, atau pelanggan.

  1. Ekstra Kredit 5% TopAds

Tiap kali Power Selller Tokopedia melakukan top up kredit TopAds setidaknya Rp.100 ribu maka akan ada bonus 5% setiap top up minimal 100ribu. TopAds berfungsi untuk biaya memasang iklan setiap saat tanpa batas waktu. Produk yang diiklankan pun akan ditampilkan di beberapa halaman utama Tokopedia misalnya halaman hasil pencarian, halaman kategori, dan halaman utama lainnya.

  1. Bisa membuat 200 Etalase Toko

Penjual dengan badge Power Merchant akan menikmati hingga 200 etalase toko sementara penjual biasa cuma diberikan maksimal 10 etalase toko saja.

  1. Produk Unggulan

Penjual bisa menyajikan produk andalan mereka agar terlihat lebih menonjol dibanding produk-produk yang lain. Tak cuma untuk produk terlaris, fasilitas tersebut pun bisa menampilkan produk terbaru atau produk yang sedang promo.

  1. Dekorasi Toko

Fitur ini akan membantu mengoptimalkan tampilan toko. Ini adalah halaman depan yang ditampilkan kepada pembeli saat membuka dari ponsel. Penjual dapat menampilkan banner promosi toko atau voucher promo atau konten menarik lain.

  1. Modal Toko

Yaitu kemudahan pinjaman berbentuk Limit Kredit untuk modal tambahan dalam meningkatkan skala usaha. Prioritas akan diberikan kepada penjual berstatus Power Merchant Tokopedia.

  1. Statistik Toko

Penjual dapat memonitor data penjualan toko misalnya produk terjual, produk terlihat, penghasilan kotor, dan beberapa data penting lainnya. Statistik ini sangat berguna untuk merancang strategi penjualan sekaligus memudahkan penyusunan laporan.

  1. Wawasan Pasar

Penjual Power Seller Tokopedia bisa mengetahui kata kunci apa yang paling sering diketikkan pengunjung, produk favorit, dan toko dengan performa bagus.

  1. Akun Admin Gratis

Penjual akan memperoleh 1 akun admin gratis bila memang pengelolaan toko diserahkan kepada karyawan.

Upgrade ke Penjual Power Merchant

Agar bisa mengupgrade status penjual ke Power Merchant, dua syarat yang harus dipenuhi adalah :

  • Skor Performa Toko minimal 75

Untuk penjual yang belum lama bergabung dengan Tokopedia maka akan mendapatkan skor Performa Toko sebesar 80. Skor Performa Toko bisa meningkat atau menurun mengikuti kualitas layanan kepada pembeli.

  • Upload foto KTP dan foto selfie dengan KTP

Penjual yang ingin tokonya naik tingkat menjadi Power Merchant, mereka tinggal memverifikasi toko. Caranya sang pemilik meng-upload foto KTP beserta foto diri sembari memegang KTP. Perlu diingat bahwa proses verifikasi ini cuma berjalan dari aplikasi di ponsel Android atau iOS. Langkah-langkahnya dimulai dengan menjalankan aplikasi Tokopedia di ponsel, ketuk tombol ‘Akun’. Selanjutnya ketuk tombol ‘Akun Toko’ dan ketuk ‘Pengaturan Power Merchant’. Penjual langsung dibawa menuju halaman Pusat Edukasi Seller selanjutnya ketuk tombol ‘Upgrade Tokomu’. Penjual harus membaca Syarat dan Ketentuan yang berlaku terlebih dulu sebelum mengetuk tombol ‘Saya Setuju’. Sesudah itu ketuk tombol ‘Upload KTP Sekarang’ selanjutnya ketuk ‘Mulai’. Ketuk tombol ‘Ambil Foto KTP’ dan ambil gambar depan KTP lalu ketuk tombol ‘Lanjut’. Ada beberapa hal yang harus diketahui saat memotret KTP yaitu : KTP harus asli, foto KTP tak terpotong dan ada dalam frame, dan hasil foto KTP harus nampak tajam dan cerah. Berikutnya, penjual dipersilahkan melakukan foto wajah. Ketuk tombol ‘Mulai Verifikasi Wajah’ kemudian kerjakan petunjuk yang diberikan. Sesudah itu ketuk tombol ‘Lanjut’. Pihak Tokopedia langsung memverifikasi berkas yang dikirimkan dalam waktu 1 x 24 jam. Keputusan akhirnya biasanya dikirimkan via email maupun jendela chat Tokopedia. Begitu toko mendapatkan persetujuan maka badge Power Merchant akan langsung tersemat. Penjual dapat langsung memanfaatkan berbagai fitur eksklusif Power Merchant yang akan membantu mendongkrak peluang terjadinya penjualan produk.

Peluang bisnis di masa pandemi yang paling prospektif memang berjualan di marketplace. Saat modal terbatas, bisa disiasati dengan memilih sistem dropship saja. Marketplace Tokopedia sangat tepat dipilih untuk berjualan secara dropship. Terlebih situs jual beli ini menawarkan status Power Seller Tokopedia atau Power Merchant yang menawarkan banyak keuntungan kepada penjual.

 

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment