Apa itu Ovo Point dan Cara Menggunakannya
in e-Payment

Apa itu Ovo Point dan Cara Menggunakannya

 

OVO menjadi pilihan platform transaksi non tunai favorit masyarakat Indonesia. Aplikasi keuangan ini berguna mempermudah pengguna ketika bertransaksi pembayaran tanpa perlu menyerahkan uang cash. Pembayaran dengan saldo OVO dapat dipilih di sejumlah toko mitra OVO, termasuk aplikasi Grab.

Agar dapat menggunakan fitur-fitur OVO, pengguna harus menyelesaikan proses pendaftaran setelah sebelumnya mendownload aplikasi OVO. Ada beberapa data yang harus diisi dan dikirim untuk proses verifikasi. Syarat verifikasi agar bisa memiliki akun OVO Premiere yaitu mengupload foto KTP dan foto selfie sembari memegang KTP. Beberapa macam pembayaran yang bisa diselesaikan dengan aplikasi OVO antara lain isi ulang pulsa Hp, listrik prabayar, transaksi di toko mitra OVO, transaksi dalam aplikasi Grab, sampai membayar parkir.

Selain berbagai kemudahan pembayaran tersebut, OVO pun menghadirkan OVO Point. Apa itu OVO Point, dan cara menggunakannya. Ini adalah sebuah bonus tepatnya loyalty reward yang didapatkan para pelanggan setia yang selalu bertransaksi dengan OVO. OVO Point bisa digunakan dalam waktu 18 bulan semenjak diterima pelanggan. Pelanggan bisa me-redeem OVO Point yang terkumpul untuk bertransaksi di toko mitra OVO.

Cara Menggunakan OVO Point

Bagi yang baru pertama kali menggunakan OVO, boleh jadi agak kesulitan cara menggunakan OVO Point yang sudah terakumulasi. Untuk diketahui apabila dikonversi ke rupiah, 1 OVO Point sebanding Rp 1 sehingga bila pelanggan punya 100.000 Point artinya sama dengan Rp100.000. Konsumen akan menerima 1 OVO Point saat mereka bertransaksi paling sedikit Rp.10.000. Kesimpulannya, OVO Point pun bisa dipergunakan sebagai alat pembayaran jika jumlahnya sudah mencukupi. Berikut beberapa cara menggunakan OVO Point yang biasanya dilakukan pelanggan :

  1. Isi ulang pulsa

Cara menggunakan OVO Point yang cukup sering dilakukan pengguna yaitu untuk mengisi ulang pulsa dari aplikasi OVO. Prosedurnya mudah, jalankan aplikasinya lalu input kode PIN. Di halaman depan aplikasi, ketuk menu “Pulsa”. Lalu tentukan Prabayar atau Pascabayar, kemudian ketikkan nomor Hape yang hendak diisi ulang pulsa. Tentukan nilai pulsa yang ada. Selanjutnya di menu Metode Pembayaran, ketuk tombol OVO Point. Pulsa akan terkirim ke nomor Hape dengan mengambil jumlah OVO Point yang ada.

  1. Beli paket internet

OVO Points pun juga bisa dimanfaatkan membayar paket internet. Jalankan aplikasi OVO di ponsel dan ketikkan PIN-nya. Di layar utama ketuk menu “Paket Data” lantas, ketikkan nomor Hape yang hendak dikirimi paket internet. Jangan lupa juga memilih paket internet yang dikehendaki. Ubah Metode Pembayaran ke OVO Point dan selesaikan petunjuknya sampai selesai.

  1. Bayar listrik

OVO pun bisa difungsikan untuk membayar tagihan listrik atau membeli token. Jika konsumen punya akumulasi OVO Points yang lumayan, mereka pun bisa menggunakannya untuk beli token PLN Prabayar atau tagihan listrik bulanan. Untuk membeli token listrik prabayar, ketuk menu “PLN” lalu ketuk Prabayar dan ketikkan ID Pelanggan atau Nomor Meter. Tentukan nominal pulsa listrik Prabayar terus gunakan Metode Pembayaran OVO Points.

  1. Bayar BPJS Kesehatan

Konsumen bisa menggunakan saldo OVO Point yang telah terkumpul untuk menutup tagihan premi BPJS Kesehatan. Coba jalankan aplikasi OVO di ponsel dan input 6 digit PIN. Selanjutnya, ketuk menu BPJS Kesehatan kemudian input nomor peserta. Tentukan Bulan yang hendak dilunasi, kemudian ubah Metode Pembayaran ke OVO Points.

OVO Point cuma dapat diperoleh ketika pengguna bertransaksi melalui OVO Cash. Dengan begitu, OVO Point ada baiknya tak dipakai untuk bertransaksi selain di kala situasi darurat dimana saldo OVO Cash menipis. Kendati demikian sudah ada sejumlah toko partner OVO yang memfasilitasi metode pembayaran kombinasi OVO Cash dan OVO Point.

OVO Points di Aplikasi Grab

Dalam aplikasi Grab, OVO Point bisa dimanfaatkan untuk membeli layanan GrabBike, GrabCar, GrabFood, atau GrabExpress. OVO Point dapat digunakan untuk pengganti OVO Cash. Namun konsumen tak akan memperoleh GrabRewards apabila menggunakan OVO Point sebagai alat pembayaran. OVO Point juga tak dapat disatukan dengan promo diskon GrabCar, GrabBike atau GrabFood. Jika saldo pengguna tak cukup untuk membayar transaksi otomatis pembayaran melalui OVO Point tak bisa diselesaikan sebab Grab melarang pengguna mengkombinasikan OVO Point dengan OVO Cash atau tunai.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment