Apa itu Jasa Titip (Jastip) dan Apa Saja Keuntungannya?
in Umum

Apa itu Jasa Titip (Jastip) dan Apa Saja Keuntungannya?

Jasa titip atau biasa disebut sebagai jastip merupakan layanan jasa yang menawarkan sistem “titip beli barang” dari luar negeri maupun luar daerah. Jastip berbeda dengan jasa logistik maupun freight forwarder, hal ini karena layanan yang tersedia hanya untuk ukuran skala kecil yang “ndompleng” dari pengiriman lain.

Saat ini, jastip cukup populer baik di Indonesia maupun di luar negeri. Banyak pihak yang mencoba menyediakan jastip mengingat potensi biayanya yang besar. Nah bila kalian ingin tahu lebih lanjut seputar jastip dan keuntungannya, silakan simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Tentang Jastip

Jasa titip awalnya dilakukan oleh para traveller yang mana mereka hobi belanja dan hobi mengunjungi destinasi wisata yang baru. Karena itu, banyak orang yang tertarik untuk titip oleh-oleh dari hasil travelling-nya tersebut entah itu pakaian, makanan, hingga cinderamata.

Nah, pihak jastip tersebut akan menawarkan biaya tambahan di samping harga belinya tersebut. Karena potensinya yang sangat menguntungkan, akhirnya saat ini jastip menjadi salah satu prospek bisnis yang banyak dikelola perusahaan pengiriman.

Dengan adanya jastip, maka para pelanggan bisa mendapatkan produk impor yang berkualitas tinggi maupun yang tidak terdapat di pasar lokal. Karena itulah, pengguna jastip umumnya adalah reseller atau pedagang yang akan menjual kembali produk tersebut.

Hal-Hal yang Mempengaruhi Tarif Jastip

Jasa titip untuk pembelian di luar negeri tentu prosesnya lebih ribet karena butuh prosedur impor. Selain itu, pembayarannya juga harus menggunakan mata uang lokal karena sebagian besar pedagang di luar negeri tidak mendukung mata uang asing.

Karena itu, ada beberapa hal yang mempengaruhi tarif jastip yang mestinya kalian ketahui. Berikut di antaranya:

a)      Pembayaran via Mata Uang Setempat

Umumnya, jastip luar negeri memiliki layanan  pembayaran menggunakan mata uang setempat. Jadi, mereka tidak hanya menawarkan jasa titip saja, melainkan juga jasa pembayaran.

Contohnya, apabila kalian ingin belanja dari situs 1688 atau Alibaba, maka kalian harus menggunakan mata uang Yuan. Jika tidak memiliki Yuan, maka kalian tidak bisa membeli barang tersebut.

Maka dari itulah di sini peran jasa titip juga sekaligus sebagai jasa pembayaran. Umumnya mereka sudah punya channel pembayaran yang dapat menerima mata uang lokal.

b)      Sistem Pembelanjaan yang Digunakan

Tiap jastip punya sistem pembelanjaan yang berbeda-beda. Hal ini tentunya akan berpengaruh langsung terhadap tarif yang ditentukan oleh pihak jastip.

Umumnya, sistem pembelanjaan yang digunakan oleh jasa titip terbagi menjadi tiga yakni:

  • Pembelanjaan via e-commerce: pelanggan akan membeli barang melalui e-commerce di luar negeri seperti Amazon, Aliexpress, Taobao, atau lainnya. Setelah itu barang akan di bawa oleh jastip begitu kembali ke Indonesia.
  • Pembelanjaan via offline: pihak jastip akan belanja langsung dari toko, suplier, ataupun distributor secara offline. Setelah barang dibeli, maka barang tersebut akan di bawa ke Indonesia bersamaan dengan titipan lainnya.
  • Pembelanjaan via produsen: umumnya hal ini hanya dilakukan oleh klien besar seperti seorang penjual atau reseller. Jadi, barang titipan ini harus dibeli dari produsen atau pabriknya langsung sehingga akan mendapatkan harga yang begitu murah.

c)       Tarif Pajak Impor yang Ditentukan Pemerintah

Barang pribadi memang tidak akan dikenai biaya pajak, bea cukai, maupun biaya impor lainnya. Namun, apabila barang tersebut di bawa dalam jumlah besar dan harganya melampaui nilai tarif impor, maka tentunya akan dikenakan biaya yang lebih mahal.

Jastip berbeda dengan jasa freight forwarder yang memungkinkan pengurusan dokumen dan lain sebagainya dilakukan oleh pihak pengirim. Jadi, bila ada masalah di kepabeanan maka pihak jastip akan menyerahkannya kepada pelanggan  untuk mengurusnya sendiri.

Saat ini, aturan barang yang bebas dari bea cukai ialah maksimum 3 dollar. Apabila nilainya melebihi angka tersebut maka akan dikenakan biaya dengan ketentuan:

  • Kategori buku, tidak dikenakan pajak, alias 0 %
  • Kategori barang Umum akan dikenakan pajak sekitar 17.5 %
  • Kategori barang Sepatu akan dikenakan pajak sekitar 42.5 – 50 %
  • Kategori barang Pakaian akan dikenakan pajak sekitar 32.5 – 45 %
  • Kategori barang Tas akan dikenakan pajak sekitar 35 – 45 %

Nilai impor = nilai harga beli barang + nilai biaya kirim + nilai asuransi

Keuntungan Menggunakan Jastip (Jasa Titip)

Apakah kalian tertarik untuk menggunakan jastip? Jika ya, silakan simak beragam jenis keuntungan yang akan kalian dapatkan apabila menggunakan jastip. Berikut diantaranya:

1.      Tidak Perlu Repot-Repot ke Luar Negeri

Keuntungan paling nyata yang dapat kalian rasakan apabila menggunakan jastip ialah tidak perlu repot-repot ke luar negeri.

Hanya dengan memberikan list daftar belanjaan kepada pihak jastip, maka kalian bisa mendapatkan barang-barang yang diinginkan.

Hal ini tentu jauh lebih murah daripada harus ke luar negeri sendiri bukan? Selain lebih murah, juga lebih nyaman karena cukup hanya dengan berdiam diri di rumah saja.

2.      Biaya Kirim menjadi Jauh Lebih Murah

Pihak jastip tentu sudah berpengalaman dalam melayani penitipan barang dari luar negeri, karena itu mereka paham tentang prosedur-prosedur pengiriman yang membuatnya jadi lebih murah.

Diantaranya mulai dari pemilihan rute transportasi apakah melalui darat atau udara, pemilihan jenis armada yang digunakan, serta paham tentang perizinan dokumen impor bila dibutuhkan.

Dengan begitu, biaya kirimnya akan jadi jauh lebih murah dibandingkan harus membeli barang sendiri dari luar negeri melalui jasa logistik internasional.

3.      Barang Bisa untuk Dijual Kembali

Beberapa negara seperti China terkenal akan barangnya yang super murah, bahkan untuk barang yang di pabriknya seharga puluhan ribu, jika dijual di Indonesia bisa laku ratusan ribu.

Hal ini tentu menjadi kesempatan emas bagi mereka para supplier, pedagang, maupun importir karena mereka bisa menjual kembali barang yang telah mereka beli sebelumnya.

Walaupun masih dikenakan biaya pajak, biaya kirim, dan biaya jasa titip, namun hal itu tentu akan masih mengutungkan bila dijual kembali di Indonesia.

Jasa Titip Terbaik di Rajabeli.com

Apabila kalian membutuhkan jasa titip untuk keperluan pembelian barang baik untuk kebutuhan pribadi maupun di jual ulang, maka kami rekomendasikan untuk menggunakan layanan dari Rajabeli.com.

Rajabeli.com bukan hanya berperan sebagai forwarder, namun juga melayani jasa titip berbasis online yang dapat digunakan untuk keperluan individu, bisnis, maupun skala produsen.

Kalian tidak perlu ragu untuk menggunakan layanan dari Rajabeli.com karena memiliki segudang keunggulan berikut:

  • Tarifnya murah: Rajabeli.com memberikan penawaran yang menarik bagi setiap pelanggannya di mana tarif yang di patok sangat murah.
  • Menerima variasi produk: hampir semua produk diterima oleh jastip Rajabeli. Asalkan bukan barang yang masuk larangan dan pembatasan berat, maka barang tersebut bisa dipesan.
  • Berpengalaman: layanan pengiriman dari Rajabeli.com dijamin cepat, handal, dan juga aman mengingat sudah melayani pelanggan sejak lebih dari 10 tahun yang lalu. Jadi kalian tidak perlu meragukan lagi layanan yang ditawarkannya.

Apabila ingin memesan layanan jastip dari Rajebeli.com, jangan ragu untuk menghubungi customer service Rajabeli untuk mendapatkan konsultasi gratis terkait pengiriman barang. Semoga bermanfaat!

whatsapp_rajabeli.com

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment