Apa itu Gratis Ongkir di Aliexpress ?
in Aliexpress

Apa itu Gratis Ongkir di Aliexpress ?

Aliexpress adalah kiblat bagi pembelanja online dari seluruh dunia. Jutaan produk menunggu pembeli, mulai dari gadget murah hingga barang elektronik mewah dan gaun pengantin lengkap. Yang tak kalah menarik, selalu saja ada tawaran gratis ongkos kirim di Aliexpress. Dengan gratis ongkir, maka total biaya yang harus dikeluarkan konsumen akan terpangkas banyak.

Mengenal Aliexpress

Aliexpress bukan sembarang marketplace kebanyakan. Ini adalah toko online terbesar di dunia, lebih besar dari Amazon dan Ebay. Marketplace ini didirikan oleh Jack Ma, miliarder Tiongkok yang ada di belakang Alibaba. Dia memulainya sebagai guru dan penerjemah, tetapi sekarang menjalankan banyak perusahaan. Meski beberapa toko online China seringkali memiliki reputasi yang buruk, namun konsumen tidak perlu takut dengan Aliexpress. Inilah platform tempat jutaan penjual bisa menjual produk mereka dengan mudah. Aliexpress menggunakan sistem reputasi yang dengannya penjual dapat diberikan sanksi atau bahkan dikeluarkan dari platform bila melanggar aturan yang sudah ditetapkan. Selain itu, ada sistem yang memungkinkan konsumen mendapatkan uang mereka kembali jika terjadi kejadian barang yang dipesan tak diterima.

Membeli Aman di Aliexpress

Sekarang saatnya melakukan pembelian pertama. Tetapi bagaimana konsumen dapat memilih penjual mana yang dapat diandalkan? Hampir setiap penjual di Aliexpress dapat diandalkan. Namun tidak ada salahnya untuk selalu waspada dengan menerapkan tiga poin penting berikut :

  • Periksa reputasi yang diberikan AliExpress kepada penjual / toko. Konsumen bisa menemukannya di bagian atas setiap produk dari toko yang bersangkutan. Medali melambangkan reputasi dimana berlian melambangkan reputasi yang sangat baik, dan mahkota melambangkan reputasi yang juga sangat baik. Dengan mengkliknya maka konsumen akan melihat skor per kategori, seperti respon chat dibalas dan seberapa cepat produk dikirim. Reputasi itu dibangun dalam waktu yang tak sebentar sehingga penjual tentu takut bila kehilangan reputasi baiknya.
  • Cek apa yang dikatakan konsumen lain mengenai penjual. Konsumen akan mendapatkan gambaran umum tentang hal tersebut dengan menekan tombol Feedback di halaman toko. Konsumen pun dapat membaca feedback dari konsumen lain di bawah setiap produk. Ini akan memberi gambaran apakah kualitas produk sesuai harapan, seberapa cepat dikirimkan, dan sebagainya. Hindari toko dengan rating rendah.
  • Hubungi penjual jika tidak yakin dengan produk yang hendak dipesan. Konsumen akan menemukan tombol besar di setiap halaman produk yang bertuliskan “Hubungi penjual”. Penjual sangat menginginkan reputasi sehingga akan melakukan apa saja untuk membantu konsumen. Hal yang sama berlaku jika konsumen sudah membeli produk dan ingin mengetahui status pesanan. Misalnya, konsumen hendak membeli pakaian bermerek tetapi takut pakaian tersebut palsu. Mereka dapat memeriksa deskripsi produk. Apakah penjual menggunakan kata-kata seperti asli atau original. Bila iya maka penjual berkewajiban untuk mengirimkan produk asli kepada konsumen. Menjual produk bermerek palsu meski disebut asli dapat berakibat buruk bagi penjual karena mempertaruhkan reputasi mereka.

Gratis Ongkos Kirim di Aliexpress

Produk yang dibeli dikirim dari China. Itulah mengapa selalu penting untuk mengecek berapa biaya pengiriman. Hanya saja dalam berbagai kesempatan bisa saja konsumen mendapatkan gratis ongkir. Waktu pengiriman biasanya membutuhkan beberapa minggu. Bila ingin lebih cepat maka konsumen dapat memilih metode pengiriman yang berbeda, tentu dengan biaya lebih mahal. Membeli barang di Aliexpress sering ada penjual yang memberikan gratis ongkos kirim atau istilahnya Free shipping.

Faktanya ongkir Aliexpress memang telah disatukan ke harga jual yang tertera di toko. Biaya ekspedisi barang dari China ke Indonesia dengan China Post memang cukup murah. Lazimnya cuma 1,5 – 2 dollar bila paketnya berukuran kecil atau medium. Itu setara dengan Rp. 20 ribu hingga Rp.30 ribu saja. Konsumen pun akan menerima nomor resi untuk keperluan tracking keberadaan paket selama dalam perjalanan.

Layanan gratis ongkir di Aliexpress yang ditawarkan penjual kebanyakan dikirim memakai layanan China Post registered mail atau Hongkong Post registered Mail khususnya produk dengan harga murah. Sementara bila produk tersebut mahal maka umumnya dikirimkan dengan layanan Singapore Post. Produk berharga mahal atau murah namun memiliki ukuran besar maka dapat dikirim via layanan kantor pos. Aliexpress terkenal dengan barang-barang unik yang murahnya kelewatan. Tidak sedikit barang yang dijual cuma 0,6 – 0,9 Dollar. Sudah murah dan masih menawarkan fitur gratis ongkir.

Untuk produk murah gratis ongkir akan dikirimkan menggunakan layanan economic shipping post. Kelemahan layanan ekspedisi itu, saat paket telah keluar dari wilayah China, otomatis tak dapat dilakukan tracking lagi atau Non traceable. Hal tersebut tentu menimbulkan rasa was-was dari pemesan.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment