Apa itu GPN dan Kelebihannya
in Umum

Apa itu GPN dan Kelebihannya

Proses transaksi cashless menggunakan kartu debit di berbagai negara biasanya berlangsung secara global. Itu disebabkan vendor yang menanganinya berasal dari luar negeri. Dua layanan yang populer yaitu Visa dan MasterCard. Belum lama ini pemerintah Indonesia meluncurkan layanan serupa, national payment gateway yang dinamakan GPN (Gerbang Pembayaran Nasional). Apa itu GPN? Berikut penjelasannya.

Mengenal GPN

Sejalan bertambahnya aktifitas masyarakat melakukan transaksi dalam bentuk nontunai memanfaatkan alat pembayaran berupa kartu debit maka dibutuhkan sebuah infrastruktur, instrumen, hingga sistem pembayaran nasional yang dapat menangani berbagai transaksi pembayaran dalam negeri yang selalu terhubung serta ada saling interoperabilitas. Pemerintah dalam hal ini Bank Indonesia pun mengeluarkan sistem Gerbang Pembayaran Nasional yang disingkat GPN.

Secara gampangnya, fungsi GPN adalah untuk memfasilitasi seluruh transaksi dari semua bank penerbit kartu debit yang ada di dalam negeri. Gerbang Pembayaran Nasional merupakan sebuah sistem untuk menyatukan bermacam jaringan sistem pembayaran maupun transaksi keuangan sehingga terintegrasi atau saling terhubung satu sama lain. Apabila dulu ketika nasabah bertransaksi menggunakan kartu debit mesti melalui mesin EDC dari bank yang sama, hadirnya GPN membuat kartu debit apa saja dapat dibaca mesin EDC bank mana saja.

Tak cuma itu, bila punya kartu debit dengan logo GPN artinya nasabah pun ikut andil menyukseskan program Bank Indonesia. Bila dahulu saat bertransaksi dengan kartu debit di mesin EDC bank lain, nasabah dibebankan kurang-lebih 2-3 persen dari total transaksi maka menggunakan GPN hanya akan dikenakan charge 1 persen atau malah gratis. GPN otomatis menekan ongkos transaksi nontunai kartu debit bila digunakan untuk pembayaran ritel. Konsumen sangat diuntungkan dengan hadirnya layanan ini.

Berkat berkurangnya biaya tadi,maka secara tak langsung akan memperbesar laba yang diraih merchant. Sebab biaya transaksi nontunai kartu debit tidak dibebankan ke pembeli namun harus ditanggung penjual. Begitupun jika nasabah mentransfer antar bank pun akan mendapatkan benefit. Jika mentransfer dana antar rekening bank yang sama memang gratis, tetapi bila mengirim uang ke rekening bank berbeda, akan dibebankan biaya yang lumayan tinggi. Berkat layanan yang diberikan GPN, itu artinya ongkos transfer lain bank pun menjadi turun jauh.

Kelebihan Layanan GPN

GPN ditetapkan dengan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.19/8/PBI/2017 serta Peraturan Anggota Dewan Gubernur No.19/10/PDAG/2017 mengenai Gerbang Pembayaran Nasional. GPN diperkenalkan Bank Indonesia di penghujung tahun 2017 kemudian mulai aktif dari awal Januari 2018. Keberadaan kartu GPN tentunya memberikan berbagai keuntungan untuk berbagai pihak mulai dari masyarakat hingga pelaku bisnis.

  • Manfaat untuk nasabah : GPN berlaku untuk berbagai jaringan pembayaran di tanah air, makin praktis dan hemat ketika bertransaksi, nasabah tak akan kebingungan sebab menggunakan kartu GPN maka bertransaksi dapat diselesaikan darimana saja dan setiap saat selalu tersedia.
  • Manfaat untuk pedagang : seluruh jaringan pembayaran yang disiapkan tiap-tiap merchant dapat memproses berbagai kartu, efisiensi sebab merchant tak usah menyediakan beberapa mesin EDC dari bank berbeda, nilai Merchant Discount Rate yang jauh lebih murah, konsumen makin nyaman saat berbelanja.
  • Manfaat untuk pelaku bisnis : pihak bank maupun institusi lain dapat membuka seluruh saluran pembayaran yang tersedia sehingga dapat menyiapkan fasilitas layanan menyesuaikan dengan kebutuhan nasabah, tak terjadi lagi persaingan dalam menawarkan beragam layanan pembayaran yang pada akhirnya hanya akan membuat harga produk menjadi mahal sebab biaya selama ini dibebankan ke konsumen.

Kecuali simpel dan mudah, dengan GPN pengguna akan menikmati efisiensi dalam hal transaksi keuangan. Lebih-lebih lagi berkat hadirnya sistem pemrosesan transaksi cashless GPN yang berbasis di dalam negeri. Oleh karena itu masyarakat tidak perlu sangsi lagi untuk merasakan fasilitas dan manfaat transaksi nontunai menggunakan kartu debit berlogo GPN.

Dengan GPN maka makin banyak kartu debit yang dikeluarkan yang memiliki fitur pembayaran praktis antar bank tanpa perlu berganti kartu. Layanan GPN pun sudah banyak diadopsi oleh ribuan merchant di dalam negeri sebagai sistem pembayaran terpadu yang praktis, tak merepotkan sekaligus biaya murah.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment