Apa itu Drop Point ?
in Kurir

Apa itu Drop Point ?

J&T Express merupakan salah satu jasa ekspedisi yang makin populer belakangan ini. Hingga hari sudah banyak pelaku usaha atau bisnis online yang telah bekerja sama dengan J&T Express. Di J&T Express juga dikenal dengan istilah drop point. Nah, inilah yang membedakan antara J&T Express dengan jasa ekspedisi lainnya. Lalu, apa itu drop point? Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan berikut ini.

Penyerahan Barang dari pengirim Menuju Drop Point J&T

Adapun tahap pertama dalam proses pengiriman paket ialah tahap penyerahan paket dari si pengirim ke pihak J&T Express. Sebelum paket dikirimkan, pengirim harus memeriksa atau mengecek barang terlebih dahulu kemudian melakukan pengemasan secara baik. Tentu paket berisi makanan dan barang elektronik akan membutuhkan proses pengemasan yang berbeda dengan jenis barang yang lainnya seperti pakaian. Hal ini dilakukan demi menjaga kualitas barang hingga tiba di lokasi tujuan.

Setelah barang telah siap dikirim, selanjutnya barang akan diantarkan ke drop point J&T Express. Bagi yang penasaran apa itu drop point, maka berikut penjelasan detailnya untuk Anda. Jadi, drop point itu sendiri merupakan penghubung antara pihak kurir dengan pelanggan. Jika agen ekspedisi lain hanya dikelola perseorangan maka di J&T Express terdapat istilah yang disebut drop point yang dikelola dengan sistem sentralisasi. Dengan demikian, semua drop point di seluruh tanah air memili jam operasional yang masih seragam bahkan masih bisa melayani saat tanggal merah dan libur nasional.

Pengiriman dari Drop Point Menuju Warehouse Kota Penerima

Selanjutnya, jika barang Anda telah tiba di drop point, baik itu dengan Anda membawanya sendiri atau melalui jasa antar jemput, Anda akan menerima bukti kwitansi. Nah, di dalam kwitansi ini terdapat nomor resi yang bisa Anda gunakan untuk melacak lokasi barang kiriman Anda. Keunggulan lain dari J&T Express dengan jasa ekspedisi lainnya ialah terletak pada proses pengecekan resi. Jika ekspedisi lain harus mengunggah nomor resi pada jam tertentu saja maka J&T Express bisa langsung aktif setengah jam setelah barang Anda tiba di drop point. Dari drop point ini barang Anda akan dikirim menuju warehouse ke kota tujuan Anda. Biasanya beberapa paket pengiriman tidak akan langsung tiba di kota tujuan. Paket Anda akan transit ke kota transit terlebih dahulu sebelum masuk ke warehouse atau gudang penerima. Tidak usah khawatir, karena proses transit ini biasanya cukup cepat dan tidak memerlukan waktu lama. Durasi yang diperlukan hanyalah sekitar satu hari.

Pengiriman dari Warehouse Menuju Drop Point Terdekat dengan Alamat Penerima

Kemudian, setelah proses penyortiran di warehouse kota penerima telah selesai, selanjutnya paket Anda pun akan langsung dikirim menuju drop point J&T Express masing-masing. Proses pengiriman ini biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar satu hari saja. Sistem dari J&T Express ini sendiri memang mewajibkan paket untuk segera diproses saat tiba sehingga tidak ada lagi paket yang akan menumpuk di gudang.

Pengiriman dari Drop Point Menuju Alamat Penerima

Ketika paket Anda telah tiba di lokasi Drop Point, selanjutnya pihak J&T Express akan langsung menyuruh kurir untuk segera langsung mengirimkan barang. Seperti halnya sistem di gudang utama atau warehouse, drop point juga menerapkan sistem pengiriman barang langsung sehingga tidak ada lagi paket yang akan tertumpuk.

Nah, demikianlah informasi mengenai drop point dan proses pengiriman dari J&T Express.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment