Apa itu DOKU Wallet dan Segudang Manfaatnya
in e-Payment

Apa itu DOKU Wallet dan Segudang Manfaatnya

 

Saat ini setiap orang suka yang praktis dan instan. Untuk pembayaran atau transaksi mereka sudah banyak yang beralih ke cashless atau non tunai. Kebutuhan tersebut dimudahkan dengan kehadiran aplikasi e-wallet yang dianggap praktis dan juga aman. Pemain utama layanan dompet digital di tanah air adalah Doku. Apa itu Doku Wallet dan apa manfaatnya untuk pengguna?

Menggunakan layanan dompet digital Doku, pengguna tak usah lagi bersusah-payah membawa uang tunai di kantong. Pengguna juga kian diuntungkan berkat seringnya diluncurkan berbagai promo menarik maupun diskon dari banyak merchant yang telah bermitra dengan Doku Wallet. Doku Wallet adalah innovator layanan dompet digital di Indonesia semenjak 2007 silam. Operasionalnya sendiri mendapat pengawasan langsung dari Bank Indonesia. Doku pun telah mengantongi sertifikasi keamanan internasional sehingga pengguna tak perlu sangsi sedikitpun memanfaatkan layanannya. Untuk diketahui, Doku adalah produk yang diluncurkan oleh PT. Nusa Satu Inti Artha, sebuah perusahaan finansial terkemuka.

Cara Registrasi Doku

Doku berbasis aplikasi yang akan memfasilitasi pengguna dalam bertransaksi jual-beli atau mentransfer dana bebas ribet dan juga cepat. Doku membagi pengguna dalam dua kategori ialah Pengguna Biasa dan Pengguna Premium. Perbedaan utama dari kedua pengguna itu ada pada batas maksimal saldo yang bisa disimpan dan fitur transfer ke bank lain. Pengguna biasa dibatasi saldo yang tersimpan maksimal hanya Rp.1 juta sedangkan yang premium bisa mencapai Rp.5 juta. Hanya pengguna premium yang dapat melakukan transfer ke pengguna Doku lain dan juga ke rekening bank lain.

Agar dapat menggunakan fasilitas dari Doku, pengguna diwajibkan menyelesaikan registrasi lebih dulu. Pendaftaran dapat dilakukan dari :

  • Website Resmi Doku. Alamatnya adalah doku.com. Setelah laman terbuka, tekan tombol ‘Daftar’ lalu isikan biodata mulai dari nama lengkap, alamat email, gender, tanggal lahir, nomor hp, dan kata sandi yang akan dipakai. Setelah semua terisi, tekan tombol ‘Daftarkan saya’. Pengguna akan mendapatkan email aktivasi yang di dalamnya memuat tautan untuk mengaktivasi akun. Tekan link itu maka pengguna langsung diarahkan menuju halaman utama doku.com. Pengguna pun diwajibkan menginput nomor PIN serta kode OTP yang dikirimkan ke nomor Hp yang tadi didaftarkan. Akun otomatis aktif.
  • Aplikasi Doku. Pengguna pun boleh menyelesaikan proses pendaftaran dari aplikasi Doku. Aplikasi bisa ditemukan di Google Play Store dan dapat diunduh gratis. Ketuk tombol ‘Daftar’ selanjutnya lengkapi data diri mulai dari nama lengkap, alamat email, gender, tanggal lahir, nomor hp, dan kata sandi yang hendak digunakan. Begitu seluruhnya terisi lengkap, ketuk tombol ‘Daftarkan saya’. Pengguna akan menerima email aktivasi yang di dalamnya memuat link untuk mengaktivasi akun. Ketuk tautan tersebut sehingga pengguna otomatis diarahkan masuk kembali ke aplikasi. Pengguna pun diminta memasukkan nomor PIN dan kode OTP yang dikirimkan ke nomor Hp yang tadi didaftarkan. Akun langsung aktif dan dapat digunakan.

Cara Registrasi Pengguna Premium

Agar menjadi pengguna premium, disyaratkan berumur setidaknya 17 tahun dengan dibuktikan adanya KTP atau SIM. Dari aplikasi atau website resmi, login menggunakan Akun yang dimiliki. Kemudian ketuk tombol “Update Profile”. Lengkapi identitas berdasarkan KTP atau SIM. Berikan tanda centang pada “Daftarkan Saya untuk Menaikkan Batas Saldo”. Pengguna akan dihubungi sebagai langkah konfirmasi data. Pengguna pun diharuskan mengunggah foto KTP dan foto selfie. Bila semua berjalan lancar maka status sebagai Pengguna Premium pun langsung dimiliki.

Fitur dan Manfaat Doku

Seperti telah disebutkan di awal, ada banyak manfaat dari Doku. Yang utama, pengguna bisa menyelesaikan transaksi online tanpa perlu menyediakan kartu kredit. Kemudian pengguna pun dapat melakukan transaksi online dan offline misalnya :

  • Isi pulsa dan paket data.
  • Pembayaran listrik, telepon dan air/PDAM.
  • Pembayaran TV Berlangganan.
  • Pembayaran cicilan WOM Finance, Mega Central Finance, Mega Auto Finance, Federal International Finance, Busan Auto Finance, dan Columbia Finance.
  • Pembayaran BPJS Kesehatan.
  • Membayar pembelian barang atau jasa dari toko yang telah bekerjasama diantaranya Alfamart, Alfamidi, Alfa Express, Dan-Dan, dan Lawson.
  • Berinvestasi di Bareksa, tarik tunai di Alfamart, dan banyak merchant yang bekerjasama.
  • Meminta dan menerima uang dari pengguna Doku lain dan penawaran khusus untuk pembayaran menggunakan Doku.

Cara Isi Saldo Doku

Pengguna dapat mengisi saldo Doku Wallet dengan pilihan mulai dari ATM bank, mobile banking, kartu kredit, dan minimarket. Biasanya saldo akan otomatis masuk saat itu juga. Pengguna pun akan mendapatkan notifikasi melalui e-mail yang merupakan bukti transaksi. Ada biaya administrasi yang mesti ditanggung pengguna mengikuti aturan biaya transfer antar bank. Contohnya pengguna melakukan top up saldo Doku melalui Mobile Banking Mandiri maka biaya administrasinya Rp.5 ribu.

Cara Tarik Tunai Saldo Doku

Bila setiap saat pengguna memerlukan uang tunai, mereka dapat memanfaatkan saldo yang tersimpan di Doku. Cukup datang ke minimarket Alfamart, lalu Generate Token melalui :

  • Situs dengan masuk ke https://my.dokuwallet.com/DokuToken/token, ketikkan Doku ID atau email, kata sandi, dan PIN.
  • SMS dengan mengetikkan : WALLET <spasi> TOKEN <spasi> Nomor hp <pagar>PIN, lalu kirimkan ke 99333.
  • Aplikasi Doku, di sana sudah ada menu untuk generate token.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment