Apa itu Dogecoin dan Cara Mendapatkannya
in Crypto

Apa itu Dogecoin dan Cara Mendapatkannya

Apa itu Dogecoin? Dogecoin dengan kode DOGE adalah jenis mata uang kripto yang cukup populer selain Bitcoin, besutan Satoshi Nakamoto. Mungkin banyak yang belum tahu jika istilah Dogecoin mengacu pada posting meme di forum Reddit dan 4chan. Logo dari koin mata uang kripto ini adalah gambar dari jenis anjing Jepang populer yang dinamakan Shiba Inu.

Sejarah Dogecoin

Dikembangkan pada tahun 2013, Dogecoin dibuat oleh pengembang perangkat lunak Billy Markus yang bekerja sama dengan Jackson Palmer, seorang pengusaha dan teknisi Australia dalam meluncurkan mata uang kripto Dogecoin. Saat ini, cryptocurrency DOGE berada dalam sepuluh besar koin cryptocurrency paling populer di dunia dan banyak orang telah menghasilkan banyak keuntungan dengannya. Konon, Dogecoin dimulai hanya sebagai sebuah lelucon. Kita tidak pernah menyangka bahwa mata uang crypto ini akan tetap ada hingga tahun 2021 dan tentu saja kapitalisasi pasarnya tidak akan pernah mencapai 64 triliun dolar atau 53 triliun euro.

Cara Kerja Dogecoin

Dogecoin adalah altcoin dari Bitcoin. Mata uang ini menggunakan teknologi blockchain seperti kebanyakan cryptocurrency lainnya. Awalnya, Dogecoin dipisahkan dari jaringan Litecoin. Dogecoin dimulai sebagai meme internet dan digunakan sebagai alat pembayaran di jaringan media sosial seperti Reddit dan 4chan dengan tujuan memungkinkan orang untuk mengirim DOGE satu sama lain sebagai hadiah (semacam tip) untuk posting yang bagus dan berkualitas.

Nilai dan popularitas Dogecoin meningkat signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Kendati Dogecoin semula dibuat sebagai lelucon, namun koin tersebut telah mendapatkan banyak penggemar. Dan ketika ada pihak dengan volume besar menggunakan, membeli, dan memperdagangkan mata uang ini maka kelangsungannya pun akan terus berlanjut. Sama seperti mata uang fiat diantaranya euro dan dolar.

Dogecoin mengalami pertumbuhan pesat ketika ada “pemompa” mata uang digital ini (misalnya Elon Musk yang mengirimkan tweet yang langsung menyebabkan harga dogecoin naik). Di pump and dump, sekelompok orang mencoba menghasilkan uang dengan memanipulasi nilai koin. Dengan hype atau dengan menyebarkan informasi yang menyesatkan di media sosial, menyebabkan harga koin naik atau turun.

Dalam kasus Elon Musk yang menganggap koin ini sangat lucu sekaligus juga menyatakan dukungannya maka Dogecoin pun nilainya serta merta melambung tinggi. Kenaikan harga Dogecoin juga akan semakin menarik minat banyak orang untuk bermain. Investor dan pengusaha Mark Cuban, yang dikenal dengan program Shark Tank, juga mendukung DOGE. Menurut Cuban, Dogecoin adalah satu-satunya mata uang kripto yang benar-benar akan mulai digunakan orang untuk bertransaksi.

Cara Mendapatkan Dogecoin

Beberapa cara termudah untuk mendapatkan Dogecoin adalah : bekerja dengan imbalan Dogecoin, menambang Dogecoin dengan perangkat keras khusus, membeli Dogecoin dari bursa, atau mendapatkan transferan Dogecoin. Sebagian besar investor melihat Bitcoin sebagai instrumen investasi dan tidak menggunakan mata uang ini untuk membeli sesuatu. Hal ini berbeda dengan Dogecoin, dengan DOGE Anda dapat membayar online untuk semua jenis produk di berbagai website. Di Amerika Serikat, ada sejumlah pedagang yang menerima Dogecoin sebagai alat pembayaran. Pedagang anggur New York Acker, misalnya, mengatakan menerima mata uang digital sebagai bentuk pembayaran di tokonya.

Elon Musk memainkan peran penting dalam popularitas mata uang kripto ini. Ia ingin membawa Dogecoin ke bulan, menyebut dirinya “Dogefather”. Perusahaan antariksa AS, SpaceX, telah mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan satelit yang disebut “DOGE-1 ke Bulan” ke Bulan tahun depan yang akan didanai sepenuhnya dengan Dogecoin. Menurut SpaceX, satelit akan mengumpulkan informasi tentang bulan melalui sensor dan kamera.

Ada beberapa cara dimana Anda dapat membeli dan menjual Dogecoin. Konsumen dapat membeli Dogecoin dari berbagai broker. Jika Anda memiliki bitcoin, Anda dapat menukarkannya ke DOGE melalui platform trading seperti Coinbase. Untuk membeli atau menerima Dogecoin dari orang lain maka dibutuhkan e-wallet melalui dogecoin.com. Anda dapat dengan mudah mengunduh e-wallet dogecoin Anda sendiri. Untuk membeli Dogecoin di bursa Internasional, Anda dapat mengunjungi : Binance, Coinbase, bitpanda, Bitonik, atau Webbul.

Jumlah Dogecoin yang beredar jauh lebih banyak daripada Bitcoin di mana sejumlah token tetap dapat ditambang. Maksimal 21 juta Bitcoin dapat ditambang (diperkirakan pada tahun 2040) dan setelah batas tercapai maka akan semakin sulit untuk menambang lebih banyak token.

Dogecoin vs Bitcoin

Ada perbedaan mendasar antara Bitcoin dan Dogecoin. Dogecoin adalah cryptocurrency memiliki batasan yang lebih besar pada jumlah token yang dapat ditambang. DOGE menggunakan protokol yang berbeda, yaitu Scrypt. Oleh karena itu, cryptocurrency ini berasal dari Litecoin (LTC), yang menggunakan protokol yang sama. Menambang Dogecoin lebih murah daripada menambang Bitcoin karena persyaratan perangkat keras yang lebih rendah. Selain itu, transaksi Dogecoin diproses dalam 1 menit. Ini cukup cepat sehingga aman bagi pengguna. Karena itu, harga DOGE jauh lebih rendah dan koin banyak digunakan untuk pembayaran maupun berdonasi dalam jumlah kecil.

Anda dapat menambang Dogecoin sendiri atau bergabung dengan kelompok para penambang. Kebanyakan pemula bergabung dalam mining pool. Mining pool itu salah satunya adalah Genesis Mining. Menambang DOGE bisa menguntungkan, tentunya hal ini sangat bergantung pada harga saat ini dan tarif listrik di rumah.

Kelebihan Dogecoin

Dogecoin dimulai sebagai lelucon tetapi kemudian menjadi serius hingga hari ini. Nama Dogecoin telah menjadi fenomena di seluruh dunia. Sebagian besar penggemar crypto tentu banyak yang sudah bermain dengan mata uang digital ini. Memang ada banyak kelebihan ditawarkan oleh Dogecoin. Beberapa diantara kelebihan Dogecoin adalah :

  • Biaya transaksi yang sangat rendah, sehingga sangat cocok untuk melakukan transaksi mikro.
  • Penambangan koin juga cepat dan transaksi/pembayaran disetujui dengan cepat.
  • Menyetujui transaksi juga membutuhkan lebih sedikit daya listrik daripada Bitcoin sehingga lebih ramah lingkungan.
  • Kelebihan lain Dogecoin bisa jadi karena komunitas aktif di belakang mata uang kripto ini yang sangat besar.

Kekurangan Dogecoin

Selain beberapa kelebihannya di atas, koin kripto ini pun tak luput dari kekurangannya. Beberapa kekurangan dari Dogecoin diantaranya :

  • Karena tidak ada batasan jumlah koin yang dapat dikeluarkan, Dogecoin mungkin tetap terjangkau di masa mendatang karena tidak akan pernah ada kelangkaan. Itu juga bisa menjadi alasan untuk tidak berinvestasi dalam koin ini.
  • DogeKoin dapat ditambang tanpa batas. Oleh karena itu, mata uang tidak akan pernah bernilai sangat tinggi.
  • Selain itu, proyek ini cukup sensitif terhadap sentimen dan dapat menyebabkan volatilitas yang besar. Harga Dogecoin bisa sangat berfluktuasi.

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi di Dogecoin, ada baiknya anda mempelajari terlebih dahulu seluk beluk mengenai mata uang kripto ini. Gunakan uang yang memang “nganggur” yang Anda tak akan kecewa bila pun kehilangannya. Ingat investasi dalam bentuk apapun selalu mengandung risiko. Dan risiko berinvestasi di mata uang kripto cukup tinggi.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi