Amankah Menggunakan Kartu Kredit Untuk Transaksi Online ?
in Umum

Amankah Menggunakan Kartu Kredit Untuk Transaksi Online ?

 

Saat ini trend belanja secara online seperti tidak bisa ditahan lagi. Hampir semua kebutuhan kita sehari hari bisa didapatkan dengan mudah secara online. Baik itu transaksi yang melibatkan penjual dan ecommerce lokal dalam negeri, maupun dengan penjual dan ecommerce internasional di luar negeri.

Salah satu cara pembayaran yang praktis dalam bertransaksi online, adalah menggunakan kartu kredit. Dibilang praktis, karena kita tidak perlu beranjak dari posisi kita untuk melakukan pembayaran. Kita juga bisa melakukan transaksinya kapan saja dan dimana saja selama disitu tersedia koneksi internet yang memadai. Tinggal memasukkan data kartu kredit kita, maka transaksi pembelian bisa kita lakukan, dan dalam hitungan detik, pembelian terverifikasi dan sukses.

Nah, salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh orang, adalah apakah aman melakukan transaksi pembayaran online menggunakan kartu kredit ?. Banyak orang khawatir bahwa data kartu kredit yang mereka gunakan untuk transaksi online, dimanfaatkan oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab. Pertanyaan ini pulalah yang banyak disampaikan customer saya yang sedang belajar untuk belanja online internasional dengan tujuan untuk dijual kembali barangnya di Indonesia.

Menurut pengalaman saya selama ini, saya membagi jawaban menjadi dua bagian, sebagai berikut :

Yang pertama, adalah jika dilihat dari sisi merchant atau platform ecommerce yang bersangkutan. Menurut saya, mereka tentu sudah memiliki system yang aman untuk menjada keamanan data kartu kredit yang kita gunakan. Mereka juga akan melakukan enkripsi tertentu untuk menjamin bahwa data yang kita submit melalui platform mereka akan diproses dengan aman dan tidak jatuh ke tangan pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Jadi dari sisi merchant, samapi saat ini saya yakin bahwa pembayaran dengan kartu kredit sangat aman.

Yang kedua, adalah dari sisi kita sebagai pembeli. Menurut saya disisi inilah sisi paling penting dan krusialnya. Artinya untuk memaksimalkan fungsi keamanan yang telah dibuat oleh merchant atau platform ecommerce tempat kita mau berbelanja, maka kita juga harus menggunakan perangkat yang aman. Misalnya jika kita menggunakan laptop, maka pastikan bahwa laptop kita bersih dari virus, malware dll, dengan menggunakan antivirus yang up to date. Menurut beberapa web yang membahas tentang keamanan transaksi online, kita bisa membaca bahwa saat ini banyak hackers atau pencuri data melalukan pencurian data melalui malware yang secara tidak kita sadari telah masuk menyusup ke system laptop kita, dan siap mencuri data kapan saja. Virus dan malware ini masuk ke laptop kita tanpa kita sadari bersama dengan aktifitas kita berselancar di internet selama ini. Jadi intinya adalah kita harus memastikan bahwa kita menggunakan perangkat yang aman dan menggunakan jaringan internet yang aman. Jangan pernah melakukan transaksi onlie melalui koneksi internet gratis dari wifi terbuka yang banyak kita temukan di tempat tempat seperti mall, café, minimarket, dll.

Jika kita terpaksa menggunakan HP dalam bertransaksi menggunakan kartu kredit, maka pastikan bahwa anda menggunakan HP yang aman dari Virus dkk, serta Clean dari applikasi yang tidak aman. Saat ini di pasaran telah beredar antivirus yang bersifat bundling dan dijual dengan harga murah. Dengan membeli antivirus tersebut, kita bisa menggunakannya baik menggunakan laptop / PC sekaligus di HP kita. Dan sekali lagi gunakan koneksi internet yang aman.

Demikian pembahasan kita mengenai apakah aman bertransaksi online menggunakan kartu kredit ? semoga bermanfaat. Salam.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment