Amankah Komunikasi dengan Seller Alibaba Melalui Whatsapp ?
in 1688.com

Amankah Komunikasi dengan Seller Alibaba Melalui Whatsapp ?

Ketika kita berkomunikasi dengan penjual di alibaba, seringkali mereka minta kita untuk berkomunikasi melalui metode komunikasi diluar platform Alibaba. Salah satunya adalah melalui Applikasi Whatsapp. Apakah komunikasi dengan seller Alibaba melalui whatsapp ini aman untuk dilakukan ?.

Salah satu alasan kenapa seller di Alibaba minta kita menghubungi mereka melalui appikasi Whatsapp adalah untuk alasan kepraktisan dalam berkomunikasi. Kebanyakan dari mereka sibuk dengan berbagai macam aktifitas online di China, sehingga akan lebih mudah jika komunikasi dilakukan melalui whatsapp. Banyak orang yang belum terbiasa dengan hal ini, merasa ini adalah sesuatu yang “aneh” dan membuat mereka bertanya, apakah cara ini aman dan legal untuk dilakukan ?. Banyak yang bahkan curiga bahwa permintaan seller untuk berkomunikasi melalui whatsapp ini bisa membuka praktek kea rah penipuan atau hal hal yang tidak di inginkan lainnya.

Menurut pengalaman saya selama ini, komunikasi dengan whatsapp langsung, memang sangat praktis, karena bisa dilakukan kapan saja, selama kita memegang ponsel. Setiap pesan yang kita terima bisa langsung dibaca dengan mudah. Tidak “serumit” jika kita harus melakukan komunikasi melalui chat atau fasilitas message di Alibaba. Demikian pula Ketika mengirimkan pesan, bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Dan dengan whatsapp, kita bisa membuat group dan menggunakannya untuk berkomunikasi dengan beberapa pihak terkait dengan rencana order kita. Misalnya kita ingin mengorganisir renca pengiriman barang, sehingga kita perlu membuat group whatsapp yang berisi kita, seller dan pihak jasa forwarder yang kita gunakan.

Dengan whatsapp juga, kita lebih mudah melakukan pengiriman foto, video bahkan melakukan Video call langsung ke seller, untuk mengecek barang yang kita pesan, dan lain lain.

Menurut saya, prinsip utama yang harus kita pegang adalah lakukan pembayaran dengan metode pembayaran yang paling aman, yaitu metode pembayaran yang menyediakan pihak ketiga sebagai penjamin keamanan transaksi. Yaitu melalui system trade assurance di Alibaba.

Jadi metode komunikasi apapun yang kita gunakan, akan tetap aman selama kita menggunakan metode pembayaran yang aman.

Dahulu, saya sering menyebutkan bahwa setidaknya ada dua metode pembayaran di Alibaba yang aman untuk kita gunakan, yaitu melalui Trade assurance alibaba (menggunakan Kartu kredit/debit serta transfer bank) dan metode pembayaran melalui Paypal di luar system Alibaba, alias transfer antar rekening paypal dimana paypal menjadi pihak penjamin transaksinya. Nah dengan system terbaru saat ini, Mulai bulan April 2021, kita sudah bisa melakukan pembayaran Alibaba menggunakan paypal di dalam system trade assurance Alibaba. Jadi Ketika kita masuk ke bagian pembayaran di trade assurance Alibaba, kita akan melihat setidaknya ada 3 pilihan metode pembayaran yang bisa kita pilih, yaitu menggunakan Kartu kredit/debit, Paypal serta transfer bank melalui teller (TT).

OK, jadi dengan uraian ini, saya ingin menyampaikan bahwa komunikasi dengan seller di Alibaba menggunakan Whatsapp akan tetap aman, selama kita melakukan pembayaran order melalui system trade assurance Alibaba. Namun demikian, saya yakin masih ada beberapa orang yang memilih untuk tetap berkomunikasi melalui chat atau message di Alibaba, dengan pertimbangan semua history komunikasi tersimpan di Alibaba. Disini, semua pilihan tergantung pada anda sendiri, mana yang paling mudah dan aman yang bisa anda gunakan. Semoga bermanfaat.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment