Amankah Import dari China Selama Pandemi Covid-19 ?

Seperti kita ketahui saat ini, pandemi Covid-19 masih belum berhasil di kuasai dengan baik di seluruh dunia. Wabah yang pada mulanya berasal dari Wuhan China ini kini telah menginfeksi jutaan orang di hampir seluruh dunia. Pertanyaan yang sering terdengar adalah apakah aman impor dari Alibaba atau marketplace China lainnya, ketika wabah masih seperti ini ?. Bukannya Virus ini berasal dari China ?.

Menyadur dari Mercurynews, Pejabat kesehatan dari Amerika Serikat menyatakan bahwa belum ada bukti yang mendukung bahwa penularan Virus corona menular melalui barang impor. Dr. Nancy Messioner Petinggi CDC (Pusat pengendalian penyakit) di Amerika, bagian Imunisasi dan penyakit pernafasan, mengatakan bahwa kemampuan bertahan hidup virus korona di permukaan tidak seperti yang diperkirakan sebelumnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa penularan Virus ini utamanya disebabkan oleh droplet atau percikan cairan yang keluar saat batuk dan bersin dari pasien. Sedangkan penularan melalui barang yang dikirim menggunakan paket ekspress belum mendapatkan bukti yang signifikan. Apalagi pengiriman paket yang makan waktu sampai berhari hari.

Akan tetapi beliau juga menegaskan bahwa pengiriman hewan atau produk hewan, harus dilakukan lebih ketat dengan prosedur sesuai protocol penanganan Covid-19.

Hingga posting artikel ini, saya mlihat bahwa arus pengiriman barang dari luar negeri, baik itu dari China atau dari negara lainnya, masih tetap banyak dan lancar masuk ke Indonesia. Hanya saja dalam beberapa kasu pengiriman ada yang mengalami keterlambatan masuk ke Indonesia. Misalnya pengiriman menggunakan skema forwarder udara yang biasanya dalam keadaan normal makan waktu 1-2 mingguan, saat ini bisa makan waktu hingga 3 mingguan. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya lalu lintas pesawat serta kargo pesawat yang beroperasi.

Sedangkan untuk pengiriman menggunakan skema forwarder laut masih berlangsung seperti biasa. Hal ini disebabkan volume perjalanan kapal cargo tidak banyak berubah, beda halnya dengan yang terjadi dengan pesawat udara.

Nah, terkait pertanyaan apakah aman belanja dari Alibaba ?. Jika dikaitkan dengan faktor resiko penularan virus, sepertinya sampai saat ini belum pernah ada release berita resmi tentang penularan virus ini dari paket yang berasal dari luar negeri. Apakah itu di Indonesia atau di negara lain.

Namun demikian, tetap saja bagi kita harus lebih berhati hati dan waspada, jika menerima paket kiriman, apakah itu dari luar negeri atau dari dalam negeri. Terapkan prosedur yang benar, yaitu bersihkan paket dengan disinfektan, cuci tangan dengan bersih setelah memegang paket, gunakan masker saat menerima atau membuka paket, dan lain lain.

Demikianlah bahasan kita tentang apakah aman belanja dari Alibaba ditengah pandemic covid-19 saat ini. Terima kasih sudah berkunjung, dan semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kesuksesan, aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *